Minggu, 18 Februari 2018

Day4#Level12#AppAMAL HARIAN

MENJAGA AMAL KEBAIKAN

Puji syukur atas nikmat yang Allah berikan berupa Islam dan keimanan yang masih menancap dalam hati. Bahwa hidayah yang telah Allah hadirkan menjadi amanah besar bagi kita untuk terus menjaganya dengan keistiqomahan. Dan tentunya istiqomah ini sangatlah tidak mudah, apalagi godaan untuk melakukan kemaksiatan lebih nmudah dilakukan dan diikuti daripada bertahan dalam kebaikan. Oleh karenanya di hari ke 4 ini sangat ingin memotivasi diri untuk menjaga amal ibadah kebaikan sebagi upaya menjaga keimanan dan keistiqomahan. Sebelumnya seperti biasanya saya selalu mencatat di form amal yaumiyah yang sudah saya buat dan saya gandakan untuk evaluasi tiap bulannya. Alhamdulillah dengan mengunduh aplikasi pencatatan amal yaumi setidaknya bisa memotivasi saya untuk terus memperbaiki ibadah harian.

Seperti biasanya, yang saya tekankan pada diri pribadi bahwa tidak ada perangkat yang sepenuhnya sempurna untuk memenuhi kebutuhan kita. Maka selain memanfaatkan aplikasi Amal Yaumiyah Muslimah, saya juga tetap menempel dan mengisi form amal yaumi di dinding kamar. Sehingga sewaktu-waktu ibadah sudah dilakukan tinggal centang saja. Tentunya meluruskan niat dalam ibadah tetap menjadi hal utama karena ini sebagai syarat diterimanya sebuah ibadah, maka catatan ini untuk mempermudah mengevaluasi ibadah diri pribadi dan bukan bermaksud untuk riya’ atau memamerkannya pada orang lain yang berakibat ibadah ini menjadi sia-sia. Naudzubillah…

Konten amal harian yang ada di aplikasipun saya sesuaikan dengan konten dari form yang sudah saya buat sebelumnya. Sehingga bisa saling melengkapi… Konten diantaranya untuk mencatat ibadah seperti sholat awal waktu, tilawah, dzikir pagi-petang, sholat rawatib, dhuha, tahajud, membaca buku, olahraga, puasa sunnah, mengikuti kajian dll… dengan target yang dibuat harian, pekanan atau bulanan. Semoga dengan pencatatatn ini bisa menjadi bahan untuk muhasabah diri, terutama kualitas keimanan kepada Allah. Sebagai cara untuk bertaubat jika ternyata ibadah kita menunjukkan lemahnya keimanan kita. Hisablah dirimu sebelum dihisab oleh Allah…



Solichati, 19/2/2018

#LatePost
#Day4
#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar