Minggu, 18 Februari 2018

Day3#Level12#AppKEUANGAN

PENCATATAN KEUANGAN

Masih berkutat dengan aplikasi teknologi untuk meningkatkan kebermanfaatan dalam rumah tangga dan sesame. Di hari ketiga ini mencoba untuk keluar dari zona nyaman tentang pencatatan keuangan bulanan. Meskipun sudah mulai membiasakan untuk rajin mencatat setiap pengeluaran selama 3 bulan terakhir ini, tetapi masih tetap butuh support untuk rapi. Apalagi jika pengeluaran keuangan terjadi untuk beberapa waktu yang lama sampai akhirnya tiba di rumah dan menyalinnya di note keuangan yang sudah disiapkan dirumah.

Masih tetap seperti pola saya yang enggan banyak terlibat dengan teknologi atau aplikasi. Disamping terkadang HP jadi sering eror karena memori berlebih, di satu sisi saya lebih suka corat coret langsung di kertas. Meski masing2 ada kurang lebihnya ya. Karena mau cari yang sempurna juga gak ada ya. Alhamdulillah setelah mengunduh aplikasi pencatatan keuangan, setidaknya sedikit membantu untuk segera mencatat pengeluaran saat posisi masih diluar rumah. Biar tidak kelupaan dan mencari2 entah kemana perginya uang…heeee. Tapi tetap saya lebih suka menulis di selembar atau note khusus keuangan bulanan. Saya anggap ini saling melengkapi saja. Alhamdulillah cukup terbantu. Sebenarnya poin terpenting mengapa tidak terlalu bergantung dengan aplikasi atau teknologi adalah karena menempa diri untuk sederhana dan siap dengan segala kemungkinan terburuk. Heeee alasan saja ini yaaa…


Dengan aplikasi ini saya bisa mencatat pengeluaran dengan beberapa kategori yang sudah saya sesuaikan dengan pos-pos pengeluaran saya : Belanja Harian (makanan), Belanja Bahan pokok, Arisan, transportasi, tagihan listrik, pengeluaran tak terduga dan lain sebagainya. Dengan pencatatan seperti ini juga bisa dilihat pola atau evaluasi pengeluaran dalam sebulan focus pada kategori apa. Sehingga bisa dievaluasi untuk rencana anggaran bulan berikutnya.
Belajar hidup sederhana dan hemat adalah sebuah kebutuhan. Bismillah semoga Allah membarokahkan rezeki.

Solichati, 19/2/2018

#LatePost
#Day3
#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar