Senin, 25 September 2017

Day11#FAMILY TIME

FAMILY TIME
TAMAN SAFARI PRIGEN PASURUAN



Hari Ahad kemarin… Allah memberikan kesempatan pada kami keluarga besar untuk berkumpul bersama menikmati waktu2 kebersamaan bersama keluarga, berkumpul dan bersyukur bersama atas rezeki yang Allah titipkan. Agenda ini sebenarnya sudah jauh2 hari diagendakan, tapi karena satu dan lain hal akhirnya baru bisa tertunaikan kemarin… Setidaknya kami ber 12 menaiki 1 mobil (bisa bayangkan ya berjubel kayak apa), heeee tapi yang terasa adalah kebahagiaan.

Selama perjalanan anak2 sangat senang menikmati perjalanan, melihat sekeliling jalan raya, aneka alat transportasi darat yang sudah banyak mereka pelajari dalam buku, peraturan lalu lintas, maka sepanjang perjalanan pun menjadi sarana dan media pembelajaran yang menyenangkan. Meski beberapa saat menjelang sampai di lokasi kakak Zaidan sempat muntah2, Alhamdulillah ananda mampu beradaptasi. Stelah sampai di lokasi kami melalui rute yang sudah di tentukan, mulai dari membeli dan membayar tiket masuk, memasuki gerbang kawasan hewan amerika-Eropa, Afrika, Asia dan yang lainnya. Berbagai binatang yang selama ini hanya kami diskusikan melalui buku atau video edukasi, pada kesempatan kali ini anak2 melihat secara langsung. Singa,harimau,beruang,kera,rusa.unta,jerapah,buaya,badak,gajah,dan masih banyak lagi binatang yang tidak bisa disebutkan satu2. SEtelah puas mengelilingi hutan sebagai tempat tinggal binatang2 tersebut, tibalah saatnya kami akan menikmati wahana rekreasi dan permainan. Kami makan siang dan sholat dhuhur terlebih dahulu. Makan siang kali ini pun kami memilih untuk membawa bekal sebanyak2nya dari rumah, lebih hemat dan harga murah dibandingkan jika harus membeli makanan di lokasi. Lalu kami melihat pertunjukkan atraksi Ikan lumba2, gajah, satwa hutan yang lainnya. Saat pertunjukkan atraksi gajah, kakak sempat memberanikan diri untuk menyumbang dana konservasi dan mendapatkan kaos hasil lukisan gajah sebagai gantinya, heeee meski harus merogoh saku lagi tapi abi memfasilitasi karena ananda sudah menunjukkan keberaniannya. Keberanian itu memang harus dibayar mahal ya. Alhamdulillah kami menikmati semuanya, meski cuaca saat itu kurang mendukung, hujan cukup deras yang mengguyur taman safari beberapa menit. Sesaat sebelum pulang ananda dan saudara2 yang lain menikmati wahan permainan anak2, karena harus membayar tiket tersendiri untuk memainkannya, ananda hanya memilih 2 jenis permainan kereta dan mobil. Ketika hendak menuju gerbang keluar kakak Ihan melirik toko yang menjual oleh2 seperti boneka, gantungan kunci, topi, kaos dll. Dikarenakan sudah banyak uang yang kami keluarkan, maka ananda pun dikondisikan untuk bersabar dulu, dan membelinya lain kali. Alhamdulillah ananda pun kooperatif.

Pembelajaran finansial yang bisa kami lakukan selama perjalanan rekreasi kemarin adalah, menghemat biaya dengan membawa bekal, bermain di wahana sesuai dengan uang yang ada tanpa berlebihan. Karena kami ingin anak2 memahami bahwa tidak semua yang diinginkan akan dipenuhi saat itu juga. Meskipun jika dibilang sudah menghabiskan biaya banyak, tapi bagi kami untuk saat ini momen meluangkan waktu keluarga besar dan memenuhi janji pada anak2 lebih penting. Memang benar harta yang paling berharga adalah keluarga. Dan inilah yang akan kami tanamkan pada anak2 tentang pentingnya keluarga. Semoga Allah membarokahkan rezeki, menerima niatan baik dan menjaga keluarga kami dalam iman, islam dan kesehatan serta kebermanfaatan bagi sesame. Aamiin.

Solichati 25/9/2017

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial


Tidak ada komentar:

Posting Komentar