Sabtu, 02 Juni 2018

RBI2#PERTEMUAN KEDUA#Day22


RUMAH BACA CERITA AN-NAHL


Alhamdulillah… segala puji hanya bagi Allah dengan segala nikmat dan kemudahan yang diberikan, masih diberikan kesempatan untuk bermanfaat bagi sekitar. Kegiatan kedua di Rumah Baca Cerita An Nahl yang melibatkan anak-anak tetangga sekitar rumah. Memanfaatkan hari libur sekolah dengan kegaiatan yang bermanfaat salah satunya dengan membaca dan berbagi cerita dengan teman. Kali ini peserta yang hadir sekitar 12 orang, dengan 3 peserta laki-laki adalah peserta baru yang belum hadir pada pertemuan pertama. Alhamdulillah…

Seperti halnya kegiatan di pertemuan pertama, kita mulai dengan mengucapkan basmalah, mengisi daftar hadir, dan membacakan aturan selama di rumah baca sebagai pengingatan terutama bagi peserta yang baru. Setelah itu semua peseta antri mengambil 1 buku untuk dibaca. Umtuk peserta laki-laki yang hampir semuanya usia setara TK masih membutuhkan banyak pendampingan selama membaca buku. Karena sesuai fitrahnya anak laki-laki cenderung lebih banyak aktivitas motoric kasar dibandingkan berlama=lama duduk membaca buku. Lain halnya dengan peserta perempuan yang sudah tampak mulai mandiri berkegiatan. Bahkan selama proses sesekali peserta perempuan menjadi tutor sebaya dan membantu mendokumentasikan kegiatan. Waaa sepertinya kedepan bisa dijadikan asisten nih.

Beberapa buku yang sempat dibaca bersama-sama adalah buku tentang cuaca dan serangga. Selebihnya mereka  memilih sendiri dan membaca sesuka hati atau bahkan hanya sekedar melihat gambar yang tertera. Sesekali mereka bermain tebak-tebakkan dari buku yang dibaca. Alhamdulillah belajar, membaca dan bercertita bersama teman memang terkadang jauh lebih menyenangkan. Setelah kegiatan memmbaca dan bercerita, peserta laki-laki memanfaatkan waktu sisa dengan menggambar. Sedangkan peserta perempuan menuliskan aliran rasa tentang perasaan mereka setelah mengikuti rumah baca dan selama berkegiatan di rumah baca. Aliran rasa yang sudah mereka tulis ditempelkan pada papan aliran rasa.

Di akhir sesi kegiatan meminta masukan dari peserta tentang ragam kegiatan yang ingin mereka lakukan di rumah baca, dan menyepakati waktu untuk peertemuan selanjutnya. Sebagian besar mereka ingin dilakukan setiap hari selama liburan. Setidaknya satu kali dalam seminggu di hari Sabtu atau Ahad. Mengingat agenda saya dan amanah yang lain yang juga harus ditunaikan.
Menambah jam terbang sesuai dengan minat bakat ini masyaAllah rasanya, bercerita, mendongeng mendidik dan memotivasi, membuat saya merasa lebih bermanfaat untuk sekitar terlebih untuk kedua putra saya. Terus berkarya sesuai unik diri… semoga senantiasa bisa menebarkan cinta dan manfaat.
Bismillah

Solichati,2Juni2018

#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Proyek2:RumahBacaCerita
#Day22




Tidak ada komentar:

Posting Komentar