Senin, 14 Mei 2018

RBI2#PoCaRi#Day3


POJOK BACA DAN CERITA (PoCaRi)


Alhamdulillah… Puji syukur atas nikmat waktu yang diberikan allah untuk banyak melakukan kebaikan dan ibadah. Dengan segala keterbatasan yang ada saat suami sedang keluar kota, menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk membersamai 3 jagoan imut dan berbenah urusan rumah. Atas ijin Allah hari ini banyak waktu luang untuk aktivitas yang produktif. Alhamdulillah…

Berangkat dari Hobi koleksi buku dan baca buku, selalu suka lapar mata ketika melihat buku heee… berbuah koleksi buku yang semakin bertambah banyak. Alhamdulillah ini adalah nikmat yang tak tergantikan. Sebagai wujud rasa syukur atas nikmat ini adalah memanfaatkan buku yang ada untuk dibaca dan dikhatamkan bersama anak-anak dan anggota keluarga. Setelahnya semoga bisa bermanfaat untuk orang sekitar. Menghidupkan semangat literasi dimulai dari koleksi buku, membaca buku. Setelahnya berharap semoga bisa menulis dan menerbitkan buku. Aamiin.

Selepas 2 kakak jagoan pulang sekolah, kami bertiga menyempatkan diri untuk bersama-sama berberes rak buku, menata ulang buku yang ada sesuai klasifikasi jenis buku. Khusus rak kecil yang awalnya dipakai untuk buku umik juga, sekarang menjadi space khusus untuk buku anak-anak.  Alhamdulillah dengan pemisahan buku ini, semoga anak2 semakin semangat berinteraksi dengan buku. Meski belum sepenuhnya ruangan siap untuk digunakan, sedikit yang bisa kami lakukan hari ini semoga bisa menjadi motivasi untuk bergerak lebih cepat hari berikutnya. Heee bertahap menyesuaikan kekuatan diri… Maklum factor usia dan anak2 menjadi pertimbangan tersendiri.

MENGAPA POJOK BACA CERITA (PoCaRi)??
Karena kami memanfaatkan pojok atau sudut ruangan tengah di lantai 2 rumah kami. Sebenarnya sudah sejak lama rak buku ini berada disini, hanya saja belum teroptimalisasi dengan baik. Seringkali kami membaca dan cerita dimanapun tanpa disiapkan terlebih dahulu. Sehingga dipandang sangat perlu mengkondisikan salah satu sudut ruangan untuk menjadi tempat baca yang nyaman dan menyenangkan. Semoga dengan tempat dan suasana yang menyenangkan bisa betah baca buku. Setidaknya berusaha merutinkan membaca sehari minimal 15 menit. Untuk kondisi saat ini masih menyesuaikan dengan energy yang ada dan membersamai aktivitas anak2.

NEXT STEP :
1.       Labeling buku
2.       Menghiasi PoCaRi dengan pernak pernik yang dibutuhkan
3.       Membuat rencana jadwal kegiatan rumah baca
4.       Mengumumkan di PKK insyaAllah tanggal 27 Mei
5.       Sesegera mungkin bisa launching Rumah Baca untuk kebermanfaatan bagi sesama

Semoga Allah memudahkan langkah untuk melakukan kebaikan dan kebermanfaatan. Aamiin


Solichati,14Mei2018

#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#RumahBacaCerita
#Day3



Tidak ada komentar:

Posting Komentar