Sabtu, 12 Mei 2018

Day89#GPA1#BELAJAR BERSAMA ALAM


BELAJAR DARI ALAM DAN KEHIDUPAN


Alam dan kehidupan adalah ciptaan Allah yang dijadikan pelajaran bagi manusia yang mau mengambil hikmah di dalamnya. Alam dan kehidupan adalah Media pembelajaran paling sempurna yang diberikan oleh Allah untuk digunakan dengan sebaik-baiknya. Belajar bersama ananda melalui alam lebih menyenangkan dan mereka bisa mengeksplorasi tanpa batas. Hari ini menguatkan kembali tentang INSIDE OUT yang akan lebih optimal saat belajar dengan ananda jika dibandingkan dengan OUTSIDE IN ( menjejalkan banyak hal ).

Dimulai sejak pagi rentetan pertanyaan dari kakak Ihan dan Zaidan menjadi ide pembelajaran hari ini. Meski belum optimal karena aktivitas umi yang belum sepenuhnya bisa memebersamai ananda sejak kelahiran adek Haikal. Tetapi ananda masih sangat senang bersama dengan umiknya. Aktivitas kecil dan sepele terkadang menjadi hal yang sangat besar dan menyenangkan.
Pagi hari saat keluar rumah kakak Ihan dan Zaidan sudah belejar tentang Matahari. Rentetan pertanyaan : Bagaimana matahari bisa bergerak, ketika pagi kenapa sinar matahari tidak terasa panas. Umi pun menjawab sebisa umi tentang sudut dan posisi matahari yang mempengaruhi terik tidaknya sinar matahari. Dan tentu saja senjata utamanya, kita akan belajar bersama. Setelahnya umi mengajak duo kakak jagoan bereksplorasi dengan air. Merupakan salah satu aktivitas yang paling disukai anak-anak. Menyiram rumput, lantai dan membersihkan lantai teras rumah, belajar membedakan jenis daun dan rumput (gulma) yang dicabut umik dan masih banyak lagi. Kakak Ihan dengan energy fisiknya yang luar biasa tidak mengenal rasa lelah dan capek. Bahkan sangat senang membantu umik hingga usai. Mencoba berbagai alat yang dibutuhkan, selang air, kran, dan sekrop air membuat ananda belajar mencari solusi jika alat yang digunakan terdapat masalah.

MasyaAllah dari waktu yang sependek inipun kami belajar banyak hal tentang alam, kemandirian dan kepedulian terhadap sekitar. Mungkin bagi mereka ini hanya permainan bersama air, tetapi umik berdoa dengan melibatkan ananda dengan aktivitas dirumah menjadikan ananda mandiri dan peduli. Kelak jika meraka dewasa mereka akan terbiasa untuk mendiri dan meringankan urusan orang lain. Berharap saat mereka berumahtangga akan menjadi suami yang bertanggung jawab dan tidak segan membantu meringankan beban istrinya. Ya Allah ijabah harapan2 kami. Aamiin.

Solichati, 12 Mei 2018

#Day89
#12Mei2018
#KotaBatu
#6y11m, 4y5m, 59d
#FitrahBelajar
#KelasPortofolioAnakbyGPA
#GriyaPortofolioAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar