Selasa, 08 Mei 2018

Day85#GPA1#TADABUR ALAM


TADABUR ALAM


Berinteraksi dengan alam adalah salah satu kegiatan yang paling disukai anak2 dan menjadi metode belajar yang sangat disarankan. Secara fitrah semua manusia pasti akan sangat senang berinteraksi dengan alam, mensyukuri akan sebuah penciptaan dan ketundukkan pada Sang Pencipta alam raya. Hari ini pula yang kami lakukan bersama-sama, tak hanya bersenang-senang tetapi lebih pada mentadaburi ayat2 Allah dalam sebuah penciptaan alam semesta.

Hari ini kegiatan ananda lebih banyak dirumah bersama dengan umi. Kami memutuskan hari ini tidak masuk sekolah dikarenakan satu dan lain hal. Maka kegiatan pembelajaran lebih banyak di dalam rumah. Bukankah membangkitkan fitrah belajar ini tak berbatas ruang dan waktu. Alhamdulillah duo kakak sangat menyukainya. Pagi hari kami berempat (umi-duo kakak-adek Haikal) jalan pagi dan belajar di hutan kota dekat rumah kami. Memberikan kebebasan tentang pilihan mainan yang akan dibawa dan memberikan ruang eksplorasi pada anak2 ternyata lebih memunculkan ide dan imajinasi permainan pada anak2. Bermain pasir, lompat, bercerita, memilah aneka warna daun dan tanaman serta menikmati pemandangan langit dan gunung sebagai rasa syukur pada allah atas penciptaan alam. Banyak hal yang didiskusikan dan dipelajari anak2 dari setiap apapun yang diamati dan didengar. Belajar tentang benda2 ciptaan Allah, belajar tentang warna asli ciptaan Allah dan masih banyak lagi.

Bahkan pembelajaran hari ini pun menjadi sebuah project bagi kakak Ihan untuk menjadi pemimpin sebuah perjalanan. Bagaimana belajar bekerjasama dengan adek dan menggunakan kalimat produktif saat memimpin perjalanan. Kakak Ihan masih banyak belajar tentang komunikasi yang produktif karena kakak masih sangat dominan memerintah dan mengatur tanpa memberi kesempatan kakak Zaidan untuk berkreasi. Kita belajar sama-sama ya nak… Semoga Allah membarokahkan aktivitas belajar kami hari ini.

Solichati, 8 Mei 2018

#Day85
#8Mei2018
#KotaBatu
#6,9y, 4y3m, 20d
#FitrahBelajar
#KelasPortofolioAnakbyGPA
#GriyaPortofolioAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar