Minggu, 20 Mei 2018

RBI2#INTERAKSI BUKU#Day9


SATU JAM LEBIH DEKAT

Alhamdulillah…Segala puji hanya bagi Allah yang telah melimpahkan nikmat untuk bertemu dengan bulan mulia, Ramadan. Awal Ramadan menjadi tantangan tersendiri untuk melatih dan mencintakan anak dengan ibadah istimewa yaitu puasa. Belajar untuk menahan lapar dan haus bukanlah perkara yang mudah. Sehingga banyak menyita waktu untuk membersamai anak-anak belajar puasa dengan menyenangkan. Meski sempat terlewatkan untuk konsisten menuliskan aksi dalam menjalankan proyek, semoga ini tidak mengalahkan semangat kami untuk menjalankan proyek-proyek yang sudah kami rencanakan sebelumnya.

Setelah berlalu 1 pekan di timeline yang kami buat, target labeling buku masih belum banyak mengalami kemajuan karena waktu terbatas untuk berkutat dengan pernak-pernik labeling. Keputusan nama dan logo pun masih setengah hati, belum menemukan kesepakatan yang berarti. Saya pun berpikir, program ini pun akan tetap berjalan meski nama dan logo belum kami putuskan. Setidaknya dengan berjalannya waktu akan kami temukan nama yang cocok berikut logo rumah baca kami. Jadi untuk sementara pustaka dalam labeling tetap PUSTAKA RAUDHAH, sedangkan rumah baca kami masih tetap bernama AnNahl. Semoga tidak menyurutkan langkah meski belum ada kemajuan berarti.

Maka beberapa hari ini, di awal Ramadhan. Memalui project ini kami berupaya membentuk kebiasaan berinteraksi yang menyenangkan dengan buku. Mencoba belajar untuk konsisten memanfaatkan Pojok Baca dan Cerita dengan aktivitas SATU JAM LEBIH DEKAT DENGAN BUKU. Membiasakan 60 menit membaca dengan tenang, ternyata tidak mudah. Apalagi dengan tingkah polah duo jagoan dan gaya belajar kinestetik. Tetapi sangat penting untuk membentuk kebiasaan berinteraksi dengan buku bersama keluarga setidaknya 60 menit,meski dalam pelaksanaannya banyak terdistraksi dengan pola belajar dan bermain mereka. Alhamdulillah dengan mencoba mengawali membentuk kebiasaan ini, berharap akan membentuk komitmen kami sekeluarga untuk merutinkan membaca buku dan menceritakan manfaat isi buku. Anak-anak pun sangat senang saat banyak waktu orang tua untuk membacakan buku bersama mereka. Semoga kami bisa konsisten berinteraksi dengan buku. Hal ini pun menjadi PR besar bagi kami orang tua untuk disiplin memanfaatkan waktu yang ada untuk membaca buku.

Kedepannya untuk mengaktifkan kegiatan membaca bersama tetangga sekitar, baru mendiskusikan hari yang tepat yaitu hari Sabtu atau Ahad. Selama 1 jam pula yang akan kami terapkan. Meski duo kakak jagoan seperti sudah tidak sabar ingin segera mengajak teman-temannya kerumah mmebaca buku bersama. Kami mencoba untuk membuat daftar nama teman yang setidaknya seusia dengan anak-anak. Alahmdulillah menemukan sekitar 5-10 nama yang akan kami undang kerumah. Bismillah semoga berawal dari langkah ini, kedepan kebermanfaatan untuk sekitar lebih terasa. Dan membentuk interaksi serta kebiasaan baik dengan teman dan tetangga terdekat bisa terwujud. Mengingat bahwa dalam mendidik anak membutuhkan orang sekampung, semoga ini menjadi bagian untuk membentuk komunitas anak-anak yang baik. Bismillah…

Semoga Allah memudahkan dan menguatkan langkah untuk menggapai kesuksesan dunia akhirat menurut jalan sukses yang telah digariskan Allah dengan potensi yang ada pada keluarga kami. Aamiin

Solichati,20Mei2018

#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#RumahBacaCerita
#Day9


Tidak ada komentar:

Posting Komentar