Rabu, 30 Mei 2018

RBI2#LAUNCHING RUMAH BACA#Day19


LAUNCHING RUMAH BACA CERITA


Alhamdulillah atas ijin Allah, acara yang direncanakan sejak lama akhirnya terlaksana. Memang benar ya mimpi tetaplah akan menjadi mimpi jika tidak ada aksi untuk mewujudkannya. Meski belum optimal setidaknya sekecil apapun proses dan persiapan yang melibatkan semua anggota keluarga patut diacungi jempol. Sejak hari Senin malam kita sudah bersiap-siap, mendiskusikan tentang bentuk acara, membuat undangan tertulis melalui WAG, abi yang membelikan susu sebagai takjil peserta yang hadir dan masih banyak lagi. Esok harinya setelah sahur, sebelum abi berangkat kerja membantu umi menata karpet, duo jagoan merapikan buku, semua persiapan kami lakukan dengan hati.

Setelah umi pulang dari mengaji, persiapan dilanjutkan dengan membersihkan lantai ruang baca. Kerjasama yang menyenangkan menjadikan persiapan ruangan dapat dilakukan dalam waktu singkat. Jam 09.30 satu persatu peserta datang dan disambut dengan senang. Mengisi daftar hadir dan bercengkrama satu sama lain. Sebelum kegaiatan membaca dan cerita dimulai, kami membuat aturan yang disepakati bersama. Bagaimana agar selama membaca dan cerita dirumah baca bisa berjalan lancer. Salah satu aturan yang disepakati adalah adab-adab belajar, mengambil dan mengembalikan buku setelah dibaca, bertanggung jawab menjaga buku dan tidak diperkenankan membawa buku keluar area baca. Alahmdulillah semua peserta sepakat.

Sekitar 10 orang yang hadir dalam kegiatan ini, meski tidak terlalu banyak tapi anak-anak antusias mengikuti kegiatan. Sesekali kami membaca satu buku bersama-sama, bercerita dan berimajinasi dengan gaya belajar masing-masing. Berbagi ilmu tentang dunia hewan , cuaca, ekologi, dinosaurus dan buku yang sudah dipilih peserta. Mereka sangat menikmati kegiatan. Sesekali bermain dan menggambar untuk mengalihkan kejenuhan selama kurang lebih 1 jam berinteraksi dengan buku. Di sesi akhir setelah kegaiatn usai, kami menutup acara bersama-sama dan membagi takjil susu dan kue, langsung dimakan bagi yang berpuasa setengah hari atau dibawa pulang. Alhamdulillah kegiatan lancar dan smoga membawa keberkahan.

Berkarya sesuai dengan minat ini memang menyenangkan. Lelah dan peluh yang dialami pun seperti tak terasa, karena semua dilalui dengan bahagia. Termasuk anak-anak, duo kakak yang sangat senang mengajak teman kerumah dan bukunya bermanfaat. Jika merujuk pada 4E Easy-Enjoy-Excellent-Earn, maka Earn tak selamanya berupa uang atau bentuk fisik yang lainnya, karena kebahagiaan dan kebermanfaatan adalah gaji yang paling berharga yang saya dapatkan. Semoga proyek ini berjalan lancar dan istiqomah memberikan kebermanfaatan.

Solichati,30Mei2018

#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Proyek2:RumahBacaCerita
#Day19




Tidak ada komentar:

Posting Komentar