Jumat, 01 Desember 2017

Day2#Level10#PENCIPTAAN DAN TUJUANNYA

ALLAH MAHA PENCIPTA (AL-Khaliq)


Kegiatan mendongeng kali ini umi sebagai fasilitator utama masih juga kebingungan bagaimana metode yang pas dengan kondisi anak2. Baru malam hari selepas maghrib umi bisa meluangkan waktu membersamai anak2 untuk menyiapkan alat peraga dan cerita yang pas untuk anak2. Untuk tema pertama kali umi ambil topic ASMAUL HUSNA Al Khaliq. Sekali lagi berusaha menyesuaikan dengan kerangka konsep yang sudah dibuat kemarin. Dalam membentuk

karakter anak melalui mendongeng sebisa mungkin umi menghindari cerita fiktif, lebih baik langsung mengkaitkan dengan kisah nyata atau kisah Nabi dan Rasul. Penekanan utama tetap pada konsep Aqidah, keimanan. Semoga dengan ini karakter anak2 terbentuk dengan baik.

Umi memulai cerita dengan menggambar aneka ciptaan Allah, menuliskan lafal Allah dan Muhammad pada selembar kertas. Umi memancing daya berpikir anak2 dengan membuat dialog pada gambar yang dibuat
“Anak2 tahukah kamu siapa Allah??
Allah adalah Dzat yang menciptakan alam semesta dan semua isinya (langit,matahari,planet,gunung2, tumbuhan dan hewan, manusia, malaikat dan Jin.
“Yahukah kamu apa tujuan Allah menciptakan semua makhluknya?
Allah menciptakan dengan tujuan untuk beribadah kpd Allah. Hannya Allah yang berhak kita sembah. (QS 51:56)

Diskusi pertama ini anak2 tampak semangat dan menikmati. Bahkan mencoba mencerna gambar yang sdh umi buat. Heee gambar jin yang umi buat kata anak2 lebih menyerupai kucing/tikus. Hahahaha memang umik ini gak ahli  banget menggambar. Tapi sisi kreatifitas ini tetap harus diasah. Tak apalah… yang penting anak2 senang.
Kemudian umi melanjutkan dengan cerita tentang bagaimana cara kita beribadah atau menyembah Allah? Kakak Ihan pun spontan menjawab dengan berbuat baik, sholat dll. Disinilah poin umi menyampaikan tentang keteladanan pada Nabi Muhammad.
Agama kita apa anak2? Islam. Ya maka kita adalah seorang muslim. Maka ibadah yang disukai Allah adalah ketika kita mencontoh apa2 yang dilakukan nabi Muhammad. Nabi Muhammad adalah teladan kita. Mencontoh bagaimana Rasulullah berbuat baik, syahadat, sholat, puasa, zakat dan Haji. Serta masih banyak lagi yang lainnya. Beribadah dan berbuat baik inilah yang nantinya akan mendapatkan surga Allah.

Seketika itupula umik menanyakan pad anak2 siapa yang ingin masuk surga??? Maka kami semua mengangkat jari tanda ingin masuk surga. Aamin semoga Allah mengabulkan doa2 kami.
Dari sekelumit cerita ini, hikmah yang bisa kami ambil adalah mengajarkan tentang bahwa Allah menciptakan kita pasti punya maksud dan tujuan, memotivasi untuk terus berbuat baik karena allah menyayangi orang2 yang berbuat baik, meneladani nabi Muhammad dalam setiap ibadah. Semoga anak2 paham dengan maksud umi bercerita malam ini. Ya Rabb saksikanlah bahwa kami senantiasa berusaha untuk terus menjadi baik… Aamiin.
 
Usai kegiatan mendongeng anak2 termotivasi untuk menggambar dan ingin membuat komik. Heeee suka meniru inilah salah satu sifat umik anak2. Semoga abi dan umi mampu mencontohkan hal2 baik untuk bisa ditiru.

Solichati, 1/12/2017

#MendongengDay2
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination





Tidak ada komentar:

Posting Komentar