Kamis, 30 November 2017

Day1#Level10#KONSEP&MEDIA DONGENG

MEMASUKI DUNIA MENDONGENG



Deg-deg an saat memasuki tantangan level 10 mulai muncul ketika diskusi materi dan tantangan dimulai. Hmmm semangat menggebu saat awal masuk level 10 perlahan diminta bukti oleh Allah lewat kesungguhan mengerahkan tenaga, pikiran dan potensi yang dimiliki untuk menuntaskan level 10 lebih baik dari level sebelumnya. Persaan ini muncul karena tantangan yang luar biasa, keluar dari zona nyaman saat berinteraksi dengan anak2. Sebenarnya membacakan cerita dengan gaya bahasa yang disukai anak2 sudah sering umik lakukan dan keahlian ini yang tidak bias dilakukan abi. Maka bercerita, mendongeng lebih sering dilakukan umi. Bedanya tantangan kali ini tak sekedar membacakan buku cerita, tapi umi harus berkreasi membuat cerita sendiri dengan berbagai media yang ada dan belajar lebih untuk menggunakan gaya bahasa mendongeng. Hmmm jujur tidak mudah… Tapi tidak ada tantangan yang boleh disia2kan, action saja pasti nanti akan menemukan ritme dan pola yang pas saat membersamai anak2.

Hari pertama kali ini, mencoba untuk mengurai konsep yang ada di otak, mencoba membuat alur atau kerangka berpikir tentang mendongeng yang akan dilakukan pada anak2. Setidaknya  kerangka konsep ini akan membantu umi untuk menyusun rangkaian dongeng yang akan dibuat. Mencoba membuat kerangka dongeng sesuai konsep Fitrah dan tumbuh kembanga anak. Sehingga dongeng yang disampaikan nantinya tearah dan mempunyai pesan positif dalam rangka menumbuhkan fitrah dan menstimulasi tumbuh kembang ananda sesuai dengan tugas perkembngan yang harus dituntaskan sesuai usianya. Meski saya yakin ini sangat jauh dari sempurna, setidakny akan sedikit membantu untuk memunculkan ide, sehingga waktu yang ada bisa digunakan dengan optimal.

Selain membuat kerangka konsep untuk membantu menuntut ide saat mendogeng, umik pun mencoba menyiapkan berbagai media yang bisa digunakan untuk mendongeng. Mencari boneka tangan dan boneka jari yang dimiliki, mencoba mengumpulkannya lagi d antara kotak2 mainan ananda. Alhamdulillah menemukan boneka tangan Sali-saliha-mio dan beberapa boneka jari tentang profesi dan hewan. Alhamdulillah setidaknya media yang sudah ada bisa digunakan untuk mendongeng sesuai konsep fitrah dan tumbuh kembang anak. Selain itu karena umi ingin focus mengarahkan muatan dongeng pada konsep keimanan Allah dan Rasul, maka umi juga mencari beberapa gambar terkait di internet untuk dieksekusi mejadi semacam wayang kertas. Heeee sebenarnya media2 yang sudah ada dan sedang dicari dalam rangka mensiasati kelemahan umi dalam menggambar. Bener2 gak ahli deh, daripada stress harus menggambar lebih baik optimis meggunakan media gambar yang ada di internet.

Alhamdulillah… meski belum beraksi untuk mendongeng hari ini, saya lebih focus untuk prepare dulu. Semoga besok bisa mendongeng dengan optimal menggunakan media yg ada. Semoga Allah memudahkan segala urusan saat membersamai buah hati.

Solichati, 30/11/2017

#MendongengDay1
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP

#GrabYourImagination

Tidak ada komentar:

Posting Komentar