Kamis, 09 November 2017

Day8#Level9#KEUANGAN RUMAH TANGGA



CATATAN KEUANGAN

Memasuki bulan baru atau awal bulan biasanya menjadi stressor tersendiri bagi pasangan suami istri atau lebih tepatnya emak2 yang kadang gak rapim soal pengeluaran. Heee atau mungkin Cuma saya saja yaaa… Tantangan kreatif kali ini bagi saya tentang perencanaan keuangan dalam satu bulan. Awalnya hanya diskusi ringan dengan suami tentang pengeluaran dan pemasukan yang ada selama 1 bulan. Karena suami sedang proses merapikan, memisahkan keuangan antara kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan kantor/pekerjaan, maka menuntut saya untuk membantu memudahkan suami merapikan proses pencatatan keuangan dengan baik. Setidaknya focus saya adalah pada amanah keuangan rumah tangga. Hmmm sudah sejak dulu sebenarnya kami berdua tipikal yang rapi soal keuangan, hanya saja karena satu dan lain hal kebiasaan ini menjadi tidak konsisten lagi. Hmmm

Maka bulan November ini, kami sudah menyepakati berapa alokasi keuangan sebulan dan pos2 pengeluarannya. Saya membuat catatan dan note yang mudah diingat. Memasuki hari ke 9 ini, Alhamdulillah saya sdh mulai konsisten untuk mencatat meski hanya di lembaran kertas reuse. Awalnya saya tipikal yang perfect dalam hasil sebuah pekerjaan, setidaknya yang saya lakukan dulu adalah dengan menggunaka buku neraca keuangan. Hmmm tapi karena akhir2 ini agak kesusahan dengan kondisi ideal sehingga terkadang lebih memilih untuk tidak mencatatnya. Alhasil di akhir bulan uang habis tanpa tau kemana larinya si uang ini… heeee.

Mengingat bahwa salah satu kreativitas yang bisa dilakukan adalah melakukan sesuatu diluar kebiasaan, memilih cara yang lebih mudah dan sesuai kondisi maka yang saya lakukan saat ini adalah : 1) Membuat pos2 pengeluaran sesuai hasil diskusi dengan suami. Dengan membuat pos2 pengeluaran ini harapannya uang keluar sesuai dg posnya, tidak membengkak. 2) menggunakan kertas reuse untuk mencatat sebisa mungkin setiap kali melakukan transaksi 3) menyendirikan uang rumah tangga dan uang bisnis 4) mencatat setiap pengeluaran saat itu juga atau jika tidak sempat, setidaknya sekitar 2 hari sekali mencegah lupa menyapa sehingga tidak tercatat. Heee… 5) Saat belanja membawa uang secukupnya sesuai kebutuhan, mencegah lapar mata membeli banyak hal yang tidak sesuai kebutuhan.

Bismillah setidaknya dengan ikhtiyar ini, mencoba untuk menjadi lebih bijak dalam mensyukuri dan memanfaatkan rezeki yang sudah dititipkan Allah. Semoga Allah menguatkan komitmen…
Kesepakatan2 tentang penataan keuangan ini adalah hasil dari seringnya “Couple Time” , belajar bareng dengan pasangan untuk lebih bijak memaknai rejeki.

Solichati, 9November2017

#Day8
#Tantangan10Hari
#Level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative



Tidak ada komentar:

Posting Komentar