LABELING BENDA
Usia kakak Ihan sudah hampir memasuki usia
kelas 1 SD. Beberapa bulan lagi ananda akan memasuki sekolah baru. Meski tidak
ada target dari sekolah tentang kemampuan baca ananda tetap saja hal ini
menjadi perhatian bagi kami untuk tetap menstimulasi ananda bisa membaca. Meski
menggugah semangat suka buku dan suka baca, maka kemampuan bisa baca pun tetap
harus di stimulasi dengan sangat baik tanpa harus membebani ananda. Disamping
itu ananda juga sudah mulai menunjukkan ketertarikan mengenal banyak huruf dan
menanyakan ejaan dan bacaan dari deretan huruf yang membentuk kata atau
kosakata.
Inside out… lebih tepatnya ini yang sedang
kami kondisikan. Tidak banyak menjejalkan tapi memenuhi keinginan dan motivasi
ananda dari dalam dirinya untuk mengenal banyak hal, termasuk salah satunya
adalah mengenal huruf. Berkali-kali proses pembelajaran mengenalka mas Ihan
pada alphabet tak cukup sekali dua kali hingga kakak harus paham. Hmmm kadang
gemes juga jika diajari berkali2 tetapi masih juga belum paham. Hal ini pun
menuntut umik untuk berkreasi dengan cara lain, salah satunya dengan membuat
label pada benda2 yang ada dirumah. Harapannya ananda akan terstimulasi secara
visual dengan huruf dan ejaan dari benda2 di sekitarnya. Tidak muluk2
mengenalkan benda dan ejaannya. Semoga dengan cara ini mempermudah ananda untuk
mengenal ejaan kata atau benda. Salah satu metode vonic yang diterapkan
disekolah kadang membuat saya juga agak pusing mengajarkan ananda ttg bunyi
huruf. Hmmm sebisa saya sajalah berkreasi dengan cara yang menurut saya lebih
mudah tanpa membebani ananda. Alhamdulillah ananda senang menempel dan mengeja
label benda yang sudah dibuat dan ditempelkan umi.
Solichati, 16November2017
#Day14
#Tantangan10Hari
#Level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative
Tidak ada komentar:
Posting Komentar