Sabtu, 04 November 2017

Day3#Level9#KREASI JAM AKTIVITAS

JAM AKTIVITAS ANAK SHOLEH

Malam ini, selepas aktivitas seharian bersama umik dan kesibukan yang lainnya di amanah yang lain, umik dan anak2 menyempatkan waktu untuk bersama2 belajar. Meluangkan sedikit waktu dengan kebersamaan seutuhnya menjadi suatu hal yang sangat penting. Sesungguhnya anak2 hanya membutuhkan kebersamaan bersama kedua orang tuanya, kebersamaan dengan tulus. Quality time… yang terkadang tanpa kita sadari berkualitasnya waktu juga membutuhkan kuantitas. Karena dengan kuantitas kebersamaan itulah kita akan menemukan momen2 yang berkualitas. Dan inilah yang kami lakukan bertiga, bersama2 membuat jam aktivitas.

Beberapa waktu sebelumnya, umik sudah pernah membuatkan agenda harian untuk anak2 terutama untuk kakak Ihan. Mengingat tipikal kakak Ihan yang sangat menyukai keteraturan, maka keberadaan jadwal menjadi hal yang sangat membantu kakak Ihan untuk menuntaskan beberapa kegiatan. Apalagi kakak Ihan saat ini juga sedang semangat belajar tentang angka, maka membuat jam dan jadwal harian setidaknya membantu kakak Ihan untuk stimulasi tumbuhkembang kemandirian dan tingkat kognitifnya. Begitu pula dengan kakak Zaidan yang sering membedakan waktu dari gelap terang, pagi siang, setidak jam aktivtas yang kami buat akan membantu menstimulasi kakak Zaidan untuk mengenal angka pada jam. Meskipun semua ini hanya sebagai media pembelajaran, ternyata penampilan yang menarik dan bagus sangat mempengaruhi semangat anak2. Menggunting bentuk geometri jam, memberikan jarum penunjuk angka jam berikut rangkaian aktivitas apa saja yang dilakukan pada jam tersebut akan sedikit membantu ananda, memudahkan mengenali aktivitas apa saja yang akan kami lakukan. Sekaligus membentuk kebiasaan dan kedisiplinan pada anak2.

Disinilah kreativitas umik diuji lagi saat biasanya umik lebih suka dengan bentuk table, maka khusus untuk jadwal aktivitas anak2 umik berkreasi dengan bentuk yang lain. Gambar jam ternyata cukup membuat anak2 senang melihatnya. Bahkan untuk mempercantik kakak Ihan meminta tulisan dan jarum jam dibuat warna warni dengan spidol. Kegiatan belajar dan berkreasi kami malam ini seputar menggunting dan menempel jam aktivitas. Tantangan selanjutnya adalah belajar untuk konsisten dan komitmen dengan jadwal yang sudah dibuat, dan nampaknya untuk menerapkan jadwal ini pun membutuhkan kreativitas dalam membiasakannya pada anak2. Semoga Allah memudahkan…

Solichati, 4November2017

#Day3
#Tantangan10Hari
#Level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative


Tidak ada komentar:

Posting Komentar