Rabu, 08 November 2017

Day7#Level9#MEMBIASAKAN POLA BARU



POLA TIDUR SIANG


Waktu siang hari biasanya adalah waktu klimaks dimana anak2 sering rewel meminta ini itu sepulang sekolah. Permintaan yang sering umi tawar hingga berujung pada tidak dipenuhi oleh umi adalah bermain diluar rumah. Biasanya anak2 meminta untuk bermain diluar rumah, bermain sepeda atau hanya sekedar bermain petak umpet dan permainan sederhana lainnya. Terkadang yang membuat tidak sederhana adalah suara anak2 yang berisik saat bermain sehingga mengganggu istirahat tidur siang tetangga. Ini yang membuat umik memutar otak mencari cara bagaimana anak2 meruitnkan jadwal tidur siang dengan hati senang.

Drama tidur siang, menangis menolak tidur siang, meminta ditemani bermain selalu dilakukan anak2 dan terkadang tidur siang pun berakhir dengan pengantar tidur yang tidak baik. Selain bercerita sebagai pengantar tidur agar tidur menjadi menyenangkan maka harus dicari alternative yang lain. Karena terkadang aktivitas sepulang sekolah menghambat anak2 untuk tidur siang dengan segera, dan ketika tidur siang dimulai waktu sudah menjelang sore, sehingga bangun dari tidur siang pun sudah menjelang maghrib. Pada siang hari ini, umik berinisiatif untuk memulai tidur siang lebih awal. Sepulang sekolah dan menunaikan sholat dhuhur, umik mengajak anak2 tidur siang sejenak. Alhamdulillah karena sudah kelelahan bermain di sekolah, dan diarahkan umik untuk tidur siang, anak langsung tertidur. Tentunya semua atas ijin Allah.

Meminimalkan aktivitas setelah pulang sekolah. Tidak menghidupkan televise atau menyediakan mainan yang lain, membuat anak2 lebih mudah diarahkan untuk tidur siang. Ketika tidur siang dimulai lebih awal, bangun tidur pun tidak terlalu sore dan anak2 masih bisa melakukan banyak aktivitas tanpa rewel. Hari ini pun setelah tidur siang2 anak2 bisa main kerumah eyangnya dengan leluasa dan mengantarkan umik periksa dengan senang hati. Bahkan saat di klinik tempat umik periksa anak2 pun kreatif untuk memulai bermain tanpa rasa bosan, mengajak teman baru berkenalan dan bermain bersama. Ketika rasa bosan melanda saat menunggu antrian anak2 pun mengeluarkan satu demi satu bekal mainan yang dibawanya. Dan yang paling disukai adalah buku baru tentang alphabet, boardbook fullcolor, yang dari 1 gambar bisa menceritakan banyak hal. Alhamdulillah… berani mencoba sesuatu yang baru, membiasakan pola yang baru setidaknya menjadi bagian dari ide kreatif untuk membentuk kebiasaan positif pada anak2 dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Solichati, 8November2017

#Day7
#Tantangan10Hari
#Level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative


Tidak ada komentar:

Posting Komentar