Senin, 06 November 2017

Day5#Level9#SOLUSI KREATIV



FOKUSLAH PADA SOLUSI

Menyelesaikan tantangan kali ini agak berbeda dengan sebelumnya. Mungkin sesi kali ini lebih focus pada perbaikan diri saya pribadi dan meningkatkan komunikasi intens dengan pasangan.
Beberapa hari ini saya sering dihadapkan pada beberapa permasalahan dimana saya sebagai ketua panitai sebuah acara yang cukup besar. Tepatnya hari Minggu pekan ini acara Talkshow Keluarga Sakinah akan diselenggarakan di kota Batu. Semoga Allah memberikan kelancaran selama proses dan pada saat hari H.

Dua hari ini bagi saya adalah hari yang sangat menegangkan…banyak hal yang diluar prediksi, kejutan2 yang tidak bisa ditebak sebagai dari proses persiapan talkshow. Dag dig dug di hati ini senantiasa mengiringi perasaan. Tentang kepastian tempat, jumlah peserta dan masih banyak lagi yang mendekati H-5 pelaksanaan masih banyak interupsi dan perubahan rencana. Tempat curhat utama adalah Allah, dan suami sebagai teman setia yang senantiasa membantu untuk menguatkan dan memberikan alternatif solusi atas permasalahan yang ada. Seperti biasa kuatnya pengaruh perasaan ketika menyelesaikan masalah menjadi ciri khas kebanyakan kaum wanita, meski tentunya tidak semua demikian. Nah saya termasuk yang kadang masih dominan perasaan. Hingga kadang tidak terasa ketika suami menasehati atau sedang bercrita tanpa disadari air mata ini mengalir dengan sendirinya, gak bisa tahan. Hmmmm termasuk kemarin malam dan hari ini… Air mata ini mengalir mengikuti rasa yang tidak pasti, memperbanyak istigfar dan doa sebagai penguat hati sudah terus dilakukan. Hingga ketika suami merasa keheranan, akhirnya suami mengajak saya diskusi permasalahan apa yang saya hadapi dan bagaimana membuat solusi atas permasalahan yang ada. Mencoba untuk belajar kreatif menciptakan solusi. Suami dengan penyelesaian yang rasional mengajak saya untuk berpikir dingin menghadapi permsalahan dan logis menyelesaikannya… Plan A,B dan C dipaparkan oleh suami yang semakin memantapkan rencana yang sudah saya buat sebelumnya. Fokuslah pada solusi, hingga tiap masalah yang ada akan terselesaikan dengan baik. Jangan focus pada masalah yang akan semakin memperkeruh suasana. Sama seperti halnya kita diminta focus pada cahaya anak2 kita saat menstimulasi mereka, sehingga kegelapan atau kekurangan mereka menjadi sangat tidak berarti. Bahkan Allah pun telah berjanji bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan, dan menegaskan ini setidaknya 2 kali dalan surat Al Insyrah. Maka fokuslah pada solusi, ikhtiarkan secara optimal. Selebihnya serahkan pada kekuasaan Allah untuk memberikan hasil yang terbaik. Kewajiban manusia hanya sebatas pada proses yang optimal, hasil adalah kekuasaan Allah.

Sangat bersyukur dipasangan dengan suami yang sangat mengerti dan memahami.
Inilah salah satu hikmah dibalik ketentuan Allah memasangkan antara laki2 dan perempuan. Diciptakan untuk saling melengkapi, diciptakan untuk saling menguatkan. Semoga demikian adanya pada semua pasangan yang ada. Terkadang jika ada yang merasa tidak demikian bersama pasangannya, itu dikarenakan kebanyakan kita hanya focus melihat masalah yang ada, sehingga solusi ini menjadi makin menjauhi kita. Setidaknya hikmah dari setiap ketentuan yang Allah buat adalah Allah ingin kita kuat dengan semua ujiannya, perbaikan dalam proses, FOKUS PADA SOLUSI untuk memcahkan masalah dan semakin mendekat pada Allah Yang Maha Mengatur segalanya…
Ya Rabb jadikan kami hamba yang senantiasa menjadikan sabar dan syukur sebagai kendaraaan dalam hidup kami setiap menjalani ujian.

Dan hari ini pun Allah telah menunjukkan pada kami betapa banyak kekuasaanNYa yang tak terbatas untuk mengatur segala urusan. Banyak hal yang diluar dugaan dan menjadi bagian dari scenario terindah. Semoga ini adalah keputusan yang terbaik atas campur tangan Allah. Sekali lagi dari setiap ujian Allah hanya ingin melihat seberapa besar keimanan kita dan optimalnya ikhtiyar kita. Ya Rabb kuatkan…

Solichati, 6November2017

#Day5
#Tantangan10Hari
#Level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative

Tidak ada komentar:

Posting Komentar