Senin, 04 Desember 2017

Day5#Level10#AYO LAWAN KUMAN

KUMAN BERSARANG DALAM TUBUHKU


Dua hari ini kondisi kami sekeluarga sedang sakit, terutama kakak Zaidan yang lemas karena sulit makan dan minum. Maka umi pun berinisiatif untuk bercerita tentang makhluk ciptaan Allah yang sangat kecil yang harus dilihat menggunakan kaca pembesar. Ya dialah kuman…
Cerita kali ini umipun sedang mengingatkan kakak Ihan yang sering kelupaan cuci tangan sebelum makan sepualng sekolah dan terkadang memasukkan mainan kedalam mulut tanpa disadari…

“Suatu hari sepulang sekolah Azzam merasakan lapar yang sangat. Sesampainya dirumah Azam langsung bergegas melepas sepatu dan seragamnya dan menuju ke dapur.
Karena merasa lapar Azzam langsung memakan kue yang ada di meja dapur dan bermain diruang tengah. Sesekali saat bermain kue diletakkan di lantai dan terkadang tidak sengaja memasukkan mainan ke dalam mulut. Hingga ayah/bunda mengingatkannya.
Malan harinya menjelang tidur Azzam lupa tidak cuci tangan, kaki dan gosok gigi. Mungkin karena kelelahan bermain sharian.

Esok harinya, Azzam sakit, demam dan diare. Tubuhnya lemah hingga enggan untuk makan dan minum. Bundapun bercerita tentang pentingnya cuci tangan, gosok gigi dan menjaga kebersihan. Kuman telah masuk ke dalam tubuh orang yang tidak menjaga kebersihan. Kumanlah yang telah menyebabkan sakit.

Kuman akan tumbuh menjadi besar dan banyak jika kita tidak melawannnya.
“Hahahaha aku suka kotor, ayoo lawanlah aku jika kamu bisa!!!” begitu kata kuman.
Bagaimana cara mengalahkan kuman penyakit??
Banyaklah makan, minum, jaga kebersihan dan minum obat jika perlu.
Ahhh…aku akan mati jika kamu menjaga kebersihan dan makanan yang sehat!!” Toooloooong… begitu teriak kuman ketika mampu mengalahkan kuman.

Alhamdulillah atas ijin Allah, Azzam diberikan kesembuhan…

Setidaknya begitu lah umi mendongeng pada kakak Zaidan ketika enggan makan saat sakit beberapa hari ini, hingga Zaidan menjadi semangat makan sedikit tapi sering dan banyak minum serta minum obat. Kakak Ihan pun demikian umi mengingatkan untuk senantiasa menjaga kebersihan. Agar kuman tidak masuk dalam tubuh kita dan kita terhindar dari sakit.
Hal ini pun dicontohkan oleh abi dan umi yang juga sedang dalam kondisi drop. Tetap mejaga kebersihan dan berusaha makan dan minum yang banyak agar mampu mengalahkan kuman.
Dan hikmah yang lain adalah tidak melupakan kekuatan doa memohon pada Aallah agar diberikan kesembuhan. Karena Allah lah Yang Maha Melindungi dan memberikan kesembuhan.
Dan ini pula yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad untuk terhindar dari sakit.

Alhamdulillah dengan cerita yang menyenangkan tanpa menakut-nakuti, anak2 lebih kooperatif untuk mengikuti nasehat. Luar biasanya kekuatan dongeng yaaa…
Semoga esok kami sekeluarga dalam kondisi kesehatan yang lebih baik. Aamiin…


Solichati, 4/12/2017

#MendongengDay5
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination


Tidak ada komentar:

Posting Komentar