Sabtu, 16 Desember 2017

Day15#Level10#MAWAR DAN KAKTUS

APAKAH AKU SUKA MENGEJEK ??

Beginilah salah tingkah duo jagoan saya ketika mereka saling berkompetisi menjadi yang terbaik atau setidaknya selalu merasa bahwa dirinya yang tebaik. Hingga akhirnya berujung pada pertengkaran… bahkan hanya untuk urusan atau hal-hal yang sepele. Hmmm kadang abi , kompetisi ini sangat penting, tetapi disisi lain bagaimana mengajari anak berkompetisi dengan cara yang suportif tanpa harus menyakiti atau menyingkirkan orang lain dengan cara yang tidak baik. Karena menjadi baik atau sukses itu tidak harus dengan menyingkirkan orang lain… Bismillah kita belajar bersama ya nak… Karena abi dan umi pun selalu diuji Allah dengan hal-hal seperti ini saat berinteraksi dengan orang lain.

Setangkai mawar yang baru saja tampak begitu indah. Ia sangat bangga terhadap dirinya yang cantik dan mampu menghibur orang yang melihatnya. Hingga suatu hari ia memandang remeh tanaman kakatus yang ada disebelahnya. Tanaman kaktus ini sengaja di letakkan di tempat yang panas, bentuknya jelek dan tidak menarik sama sekali. Mawar lalu bertanya pada pohon manga yang menaunginya dari panas matahari, kenapa kaktus begitu jelek, berduri dan hampir tidak ada manfaatnya. Pohon manga tersebut sangat sedih melihat kesombongan pohon mawar tersebut. Pohon manga pun menjawab bahwa memang kaktus diberi bentuk seperti itu oleh Allah.
Sesaat kemudian seekor burung hinggap di atas pohon kaktus. Burung itu tampak kelelahan karena hari itu memang sangat panas. Kemudian burung itu menancapkan paruhnya pada badan kaktus. Setelah beberapa saat, burung itu terbang ddengan wajah yang lebuh segar dan bertenaga. Nah itulah jawabannya. Mawar pun menyadari kesombongannya ternyata di balik buruknya rupa kaktus, ia mampu menyediakan minuman bagi makhluk lain.

Inilah sekelumit cerita malam menjelang tidur. Bahwa apapun yang diciptakan Allah tidak ada yang sia-sia. Belajar untuk menghargai orang lain atau sesuatu di sekitar kita karena Allah menciptakannya dengan tidak sia. Perbedaan itu pasti ada, maka yuk sama2 saling menghargai kekurangan dan kelebihan masing2. Semoga cerita ini bermanfaat ya nak…

Solichati, 14/12/2017

#MendongengDay15
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination


Tidak ada komentar:

Posting Komentar