Selasa, 12 Desember 2017

Day13#Level10#RAJIN SHOLAT

RAJIN SHOLAT YUK

Tidak terasa usia kakak Ihan sudah mendekati masa mumayis, sudah hamper 7 tahun dimana sholat sudah harus dijalankan. Setidaknya sejak usia balita kakak Ihan sudah terbiasa semangat pergi menunaikan sholat di mushola terdekat. Meski sesekali ketika rasa capek dan malas menghampiri, kakak Ihan selalu mencari alas an untuk menunda menunaikan sholat. Berusaha untuk menumbuhkan imajinasi positif tentang keimanan dan ibadah tanpa harus memaksa dan menyakiti perasaan anak. Hmmm ternyata tidak mudah yaaaa…

Apalagi imajinasi anak cerdas ini selalu bertanya banyak hal, kenapa sehari harus sholat berkali-kali?? Kenapa laki2 harus sholat di mushola?? Dan masih banyak pertanyaan kenapa2 yang lain yang terkadang tidak jarang memnuat umik kelimpungan harus menjelaskan. Selama ini yang saya lakukan sebatas menguatkan bahwa Allah sangat menyayangi anak atau makhluk ciptaanNYa yang rajin beribadah. Maka menceritakan tentang semua binatang ciptaan Allah un ketika mendengarkan panggilan untuk sholat mereka juga bergegas menunaikan ibadah sesuai cara mereka sendiri, termasuk manusia yang harus menunaikan sholat… Selain itu kenapa harus sehari 5 kali, yang terkadang ananda berat menunaikannya saat kelelahan, maka umik pun meyakinkan bahwa teladan utama kita adalah Rasulullah. Rasulullah pun menunaika sholat 5 waktu dengan semangat dan ikhlas. Belum lagi pertanyaan kenapa harus di mushola?? Umi menyampaikan bahwa tempat terbaik untuk laki2 sholat adalah di mushola atau masjid terdekat. Alhamdulilah bersyukur tempat ibadah tak jauh dari rumah kami.

Maka ketika adzan berkumandang, menjadi tantangan tersendiri untuk menyiapkan jawaan atas banyaknya pertanyaan. Memuaskan rasa ingin tahu mereka, mendampingi mereka berangkat ke tempat ibadah menjadi sesuatu yang sangat penting dalam membangun imajinasi positif tentang keimanan dan ibadah. Berbeda dengan ketika hanya memerintah tanpa memberikan dukungan/support. Seketika setelah pulang dari menunaikan sholat, peluk dan cium saying serta doa untuk mereka menjadi rutinitas yang harus dilakukan sebagai penguatan membangun imaji positif.

Ya Rabb jadikanlah hamba dan anak keturunan hamba senantiasa menegakkan sholat… aamiin.

Solichati, 12/12/2017

#MendongengDay13
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination



Tidak ada komentar:

Posting Komentar