Jumat, 08 Desember 2017

Day9#Level10#TIDAK MENCELA MAKANAN

AKU TIDAK SUKA MAKANAN INI…

Masih dalam masa pemulihan kesehatan badan, Alhamdulillah tiap hari kondisi masing2 anggota berangsur membaik. Heeee saatnya giliran umi yang mulai menunjukkan tanda2 gejala flu. Umikpun segera memperbanyak makan dan minum untuk meningkatkan imunitas, harap maklum karena umik sedang menghindari mengkonsumsi obat. Bismillah, Allah-lah Yang Maha Menyembuhkan, semoga segera berolah kesembuhan pula.

Duo jagoan umik pun sesekali harus dikondisikan untuk lebih banyak makan daripada biasanya. Zaidan seringkali menolak makan karena sering merasa makanannya tidak enak. Hmmm mungkin karena demam sehingga mempengaruhi indera perasanya. Kakak Ihan sesekali juga enggan makan jika menu yang ada tidak sesuai selera, tidak enak katanya…
Berawal dari sinilah umi sedikit berbagi cerita tentang anak kecil yang sering mencela makanan.

“Suatu hari si elmo tiba-tiba berteriak “Ibu makanan ini tidak enak”!! sambil mengeluarkan makanan dari dalam mulutnya. Ibunya terlihat diam dan tampak sedih melihat sikap ananda terhadap makanan. Ayahnya yang melihat kejadian itu langusng menghampiri Elmo dan mengajak bercerita bahwa makanan adalah rezeki dari Allah. Jika menghina makanan berarti telah menghina rezeki dari Allah. Begitu kata ayah pada Elmo.
“Tapi ayah aku tidak suka makanan ini, kata Elmo dengan muka cemberut. Maka ayah pun mengingatkan bahwa Rasulullah tidak pernah mencela makanan, jika memang tidak menyukainya, sebaiknya tinggalkan makanan itu tanpa menghinanya. Selain telah menghina rezeki dari Allah juga telah menyakiti orang yang telah lelah memasak makanan tersebut.
Alahmdulillah setelah mendengarkan cerita ayahnya, Elmo seketika meminta maaf pada ibu karena tadi telah mengejek dan menghina makanan, dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

Begitulah sekelumit cerita tentang pengingatan pada ananda untuk tidak menghina makanan. Rasulullah lah sebaik-baik teladan, termasuk teladan dalam bersikap terhadap makanan. Masyaallah setelah mendengar cerita hari ini, kakak Ihan lebih memilih untuk mengambil makanan yang disukai tanpa menghina makanan yang tidak disukai, begitupula dengan kakak zaidan, meski rasa makanan dimulutnya tidak enak, tetapi terus berusaha menghabiskan makanan yang disajikan umik. Semoga lekas sembuh ya nak…

Solichati, 8/12/2017

#MendongengDay9
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP

#GrabYourImagination

Tidak ada komentar:

Posting Komentar