Senin, 30 April 2018

Day78#GPA1#FAMILY TIME


FAMILY TIME


Sebenarnya seberapa penting sih Family Time perlu digagas dan dijalankan dalam kehidupan berumah tangga kita?? Tentunya bagi keluarga yang meyakini bahwa kebersamaan dengan anggota keluarga adalah momen penting dalam melanggengkan keharmonisan keluarga pasti akan menjawab SANGAT PENTING. Tapi bagi mereka yang tidak memikirkan hal ini pasti tidak akan kebingungan mengalokasikan waktu untuk kebersamaan. Ya masing-masing keluarga itu unik tentunya bentuk dan ragam family time  pun pasti berbeda antara satu dengan yang lainnya. Bagi keluarga kami KELUARGA CINTA MANFAAT (Home Team) family time  menjadi hal yang sangat penting untuk membangun keharmonisan antara saya dan suami berikut dengan anak-anak. Meskipun kegiatan yang kami lakukan untuk mengisi waktu kebersamaan dalam bentuk yang sangat sederhana. Mungkin hanya sekedar makan bersama itupun di rumah, jalan-jalan ke hutan kota dekat rumah atau hanya sekedar jalan-jalan di sekitar komplek rumah. Bahkan terkadang bersama-sama berbenah isi rumah, berberes juga menjadi bagian family time kami. Yang penting adalah kebersamaan dan perhatian di antara anggota keluarga.

Seperti halnya yang kami lalui selama dua hari Sabtu dan Ahad kemarin. Sengaja meluangkan waktu untuk pulang kampung menghadiri acara keluarga besar adalah salah satu bentuk family time. Alhamdulillah selama pulang kampung Allah memberikan banyak kemudahan terutama dengan baby Haikal, perjalanan jauh pertama yang harus ditempuhnya untuk keluar rumah. Sabtu kami semua focus membantu di acara hajatan keluarga besar, jadi aktivitas anak2 dan kami orang tua lebih banyak berkumpul dengan keluarga besar. Duo kakak masih butuh banyak jam terbang untuk bisa langusng dekat dengan semua saudara dai keluarga besar suami, karena sangat jarang bertemu. Alhamdulillah meski dengan banyak adegan rewel, mereka mampu beradaptasi sesuai kemampuan mereka masing-masing.

Hari Ahad kemarin menjadi salah satu hari istimewa bagi kami. Alhamdulillah diberikan oleh nikmat waktu dan kesempatan untuk bisa jalan-jalan dengan anak-anak. Kakak Ihan bilang hari ini kita jalan-jalannya banyak. Pertama-tama setelah pamit dengan keluarga di Jombang kami mampir sejenak di Museum Kerajaan Majapahit. Meski cuaca dan udara sangat panas, tetapi anak2 tetap semangat belajar. Mempelajari tentang barang-barang peninggalan kerajaan Majapahit. Entah memahami atau tidak penjelasan kami tetapi anak-anak selalu bertanya tentang apapun yang mereka dengar dan lihat. Inilah yang kami sebut belajar dimanapun dan kapanpun serta dalam situasi apapun. Bahkan duo kakak sudah bisa mengikuti aturan dan konsekuensi selama belajar di museum seperti tidak mengambil gambar dengan kamera, tidak menyentuh barang-barang dan masih banyak lagi. Kakak Ihan termasuk yang sering mengingatkan jika abi dan uminya lalai dengan aturan yang ada. Sedangkan kakak Zaidan selalu ingin tahu banyak hal sehingga terkadang rasa ingin taunya membuat dia ingin melanggar aturan, tetapi masih dalam batas yang bisa diingatkan. Alhamdulillah setelah puas melihat-lihat aneka barang peninggalan kerajaan Majapahit kami melangsungkan perjalanan ke candi tikus meski hanya sebentar dikarenakan ananda sudah sangat kelelahan.
(Learner, Disiplin, Responsibility, Communicator)

Selama perjalanan pulang kami semua tertidur di dalam mobil, karena kelelahan aktivitas seharian. Setelah sampai di kota Batu, abi memberikan kejutan pada kami dengan mengajak makan dan bermain di salah satu warung makan lesehan yang sangat bagus tempatnya. Menjadi bagian dari refreshing kami bersama. Memesan makanan, mengikuti kesepakatan yang kami buat dan sholat ashar menjadi kegaiatan awal yang kami lakukan setelah sampai di warung makan. Sambil menunggu menu makanan yang kami pesan selesai, duo kakak sangat asyik menikmati memberi makan ikan. Berani membeli pakan ikan sendiri, menjelajah semua lokasi tanpa ditemani, berinteraksi dengan orang sekitar… Alhamdulillah banyak kemajuan tumbuh kembang. Belajar memaknai setiap momen untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Belajar dimanapun dan kapanpun.
(adaptability,achiever,command,communicator,harmony,belief)

Solichati, 30 April 2018

#Day78
#30April2018
#KotaBatu
#Raihan(6y10m).Zaidan (4y4m)
#MendampingiAnakMenemukanUnikDirinya
#KelasPortofolioAnakbyGPA
#GriyaPortofolioAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta
#PekaAkanUnikAnak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar