Minggu, 15 April 2018

Day63#GPA1#SAUDARAKU


MEMULIAKAN TAMU

Membangkitkan kembali fitrah keimanan dengan menunaikan sunnah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad. Hari ini renacanya duo kakak jagoan akan diajak abi ke Coban Rondo untuk melihat satu acara dan membantu teman abi. Tetapi Allah berkehendak lain, tiba-tiba saja ada telp dari saudara di Sidoarjo dan Gresik kalau mau maen kerumah. Kebetulan di antara tamu yang akan datang ada yang usianya sama dengan kakak Ihan dan kakak Zaidan. Mas Faris dan mas Rafa namanya. Duo kakak sholeh sudah pernah mengenal sebelumnya. Dan kami sekeluarga pernah berkunjung kerumahnya di Gresik. Karena kedatangan saudara, maka agemda abi dan anak2 ke Coban Rondo terpaksa dibatalkan. Semoga lain waktu ada kesempatan. Meski ananda tampak kecewa, tapi abi dan umi berhasil meyakinkan dengan iming-iming kasih sayang Allah jika kita mampu memuliakan tamu.

Sesaat sebelum tamu datang, ananda membantu memebereskan ruang tamu dan menata kue serta air minum untuk disajikan di meja ruang tamu. Apalagi kakak Ihan yang selalu suka dengan mobilitas bekerja keras membantu umi berbenah. Selama kurang lebih 2 jam kgedatangan saudara dirumah, hanya sekitar 30 menit terakhir menjelang tamu pulang, duo kakak sholeh mau bermain bersama dengan saudaranya. Selebihnya mereka memilih bermain sendiri dan beradaptasi dengan banyak tamu yang datang.

Kakak Raihan : masih tampak proses adaptasi yang lama dengan orang, meski ini adalah saudara yang sudah pernah dikenalnya. Mengijinkan semua maianannya dipinjam saudara tetapi masih enggan bermain bersama. Tampaknya dikarenakan kesempatan kakak Ihan untuk mengkomando jenis permainan terhambat karena dua saudaranya sedang bereksplorasi sesuka hati mereka dan dua saudaranya bermain dengan duduk tenang. Di 30 menit terakhir, tiba-tiba kakak Ihan memecah suasana dengan berlari mengejar saudaranya, sembunyi dan berpura-pura ingin menangkap. Saudaranya pun mengikuti kemauan kakak Ihan. Dari sinilah kedekatan mulai terjalin. Tampaknya kakak Ihan memang masih dominan kinestetik dan mempengaruhi orang untuk mengikuti kemauannya. (deliberative, activator, command)

Kakak Zaidan : lain halnya dengan kakak Zaidan yang lebih menikmati kehadiran saudaranya dengan ikut makan camilan yang disediakan, sesekali menatap dan mau diajak ngobrol dengan om dan tante. Lebih ceria dan senang berbagi mainan dengan saudaranya. (communicator, harmony, includer)

Ketika saudaranya hendak pulang ananda pun sudah mau bersalaman dengan semua saudara dan menghantarkan hingga depan rumah. Lambaian tangan tanda perpisahan pun dilakukan dengan senang hati. Alhamdulillah… Barokalloh…

Solichati, 15 April 2018

#Day63
#15April2018
#KotaBatu
#Raihan(6y9m),Zaidan(4y3m),Haikal( 32d)
#MendampingiAnakMenemukanUnikDirinya
#KelasPortofolioAnakbyGPA
#GriyaPortofolioAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta
#PekaAkanUnikAnak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar