Selasa, 10 April 2018

Day52-60#GPA1#TEMUKAN UNIK DIRI MEMANDU ANAK KEMUDIAN


KENALI UNIK DIRI DULU… BERSAMAI ANANDA TEMUKAN UNIK DIRINYA

Untuk kesekian kalinya menuliskan tentang menemukan unik diri, bakat yang sudah Allah titipkan pada diri untuk optimal menjadi hamba terbaik. Bukankah Allah menciptakan mati dan hidup tidak lain adalah untuk menguji siapa di antara kamu yang paling baik amalnya. Hal ini tertera di surat Al Mulk ayat 2. Menjadi yang terbaik tentunya menurut ukuran diri kita karena kita tidak bisa disamakan dengan orang lain. Allah mrnciptakan masing-masing diri kita unik yang tentunya berbeda dengan orang lain. Karenanya untuk menjadi yang terbaik adalah dengan optimal memanfaatkan potensi yang sudah diberikan Allah. Potensi diri seperti apa? Temukan unik dirimu. Ya dengan menemukan unik diri akan membantu kita menemukan unik diri ananda. Memebersamai ananda menemukan unik dirinya.

Mungkin Allah ingin meyakinkan diri saya dengan unik diri yang telah ditemukan… dan menuliskannya berkali2 untuk pemenuhan tugas di beberapa grup belajar. Ya berkali-kali, Allah ingin meyakinkan saya, bahwa memang itulah unik diri saya. Dan saat ini semoga tidak hanya menemukan unik diri tetapi berusaha menciptakan dan menjalankan ruang berkarya untuk unik diri. Dan yang lebih penting lagi menciptakan ruang berkarya dalam membersamai suami dan anak2. Saya sangat tertohok saat ada yang mengingatkan bahwa customer utama kita adalah keluarga, apakah keluarga kita sudah puas dengan pelayanan kita?? Membuat saya berpikir ulang bahwa berkarya tak harus melulu di ranah public. Ranah domestic tetaplah yang menjadi prioritas.

BAKAT PANCAINDRA… Setelah mengkaji ulang 15 bakat pancaindera, saya termasuk orang yang dititipkan oleh Allah keahlian dalam bidang menyanyi atau tarik suara. Jadi mengingat ketika saya SMP dan SMA mengikuti ekstrakurikuler bina vokalia menjadi media meningkatkan rasa percaya diri saya. Meski stelah hijrah aliran music berubah arah dan tidak tampil di depan public yang bukan mahram. Heee ketika dirumah sering pula bernyanyi lagu islami yang bisa mengedukasi dan memotivasi ananda. Heeee merdu sedikitlah suara saya…

IDENTIFIKASI BAKAT PERAN DOMINAN (Asessment ST30)
1.       ADMINISTRATOR : rapi secara administrasi dan berkas dan urusan
2.       ARRANGER : menngatur dan mengendalikan orang dalam organisasi/kepanitiaan
3.       CARE TAKER : senang melayani orang, mendahulukan kepentingan orang lain, merawat orang lain
4.       COMMUNICATOR : senang berkomunikasi dengan orang lain
5.       EDUCATOR : memiliki kompetensi sebagai pendidik, suka dengan kegiatan mendidik dan merencanakan konsep mendidik anak
6.       MOTIVATOR : Senang menyemangati dan memotivasi orang lain untuk berubah menjadi lebih baik

        Mencoba meyakinkan diri dengan bakat dominan yang tertera dari hasil berselancar di www.temubakat.com . Karena dari sekian waktu dunia ini pula yang menjadi peran saya, merasa percaya diri ketika berkecimpung dalam ruang berkarya untuk mengembangkan bakat tersebut. Itu dulu ketika saya masih memiliki amanah di ranah public. Sekarang saatnya mengembangkannya untuk optimal diranah domestic. Karena customer utama kita adalah suami dan anak-anak.

        RUANG AKTUALISASI… untuk meningkatkan jam terbang membutuhkan ruang aktualisasi atau ruang berkarya sebagai pengembangan bakat tersebut dengan keluarag sebagai prioritasnya…
NO
6 PERAN DOMINAN
RUANG BERKARYA/AKTUALISASI
1
ADMINISTRATOR
*Manager kuangan rumah tangga (pencatatan)
*Pembuat kurikulum personal bagi anak2
*Membuat aturan2 tertulis dlm rumah tangga, perangkat stimulasi tumbuh kembang anak

2
ARRANGER
*Manager aktivitas dalam rumah tangga
*Mengatur pembagian tugas/kerjasama dalam home team

3
CARE TAKER
*Mengupayakan menjaga kesehatan suami dan anak-anak
* Pemenuhan gizi sehat untuk penjagaan kesehatan
* Merawat anggota keluarga jika ada yang sakit
* Memperhatikan, menstimulasi dan dokumentasi tumbuh kembang buah hati

4
COMMUNICATOR
*Menjadi pendongeng bagi anak2 (memperbanyak telling story time)
*Menjadi teman belajar yang mengasyikkan bagi anak2
* Mendidik ananda dengan kurikulum yang sesuai dengan visi dan misi keluarga
* Menjadi motivator dan teladan terbaik bagi anak-anak

5
EDUKATOR
6
MOTIVATOR

KARTU NAMA
Sebenarnya masih agak bingung dengan membuat dan menggunakan kartu nama ini nanti. Mengingat saya lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Tetapi setelah iseng-iseng membuat kartu nama sebisanya, dan menuliskan identitas serta kekuatan/unik diri disana, ternyata memunculkan semangat tersendiri. Mencoba meyakinkan diri bahwa menjalani peran utaman di ranah domestic dengan optimal dan bahagia adalah salah satu hal Allah cintai. Bismillah semoga kedepan bisa terkonsep dengan baik… Masih mencoba menyamakan misi dengan suami dalam membuat kartu nama karena akhir-akhir ini intensitas ngobrol dengan suami agak berkurang. Masih adaptasi dengan kehadiran anggota keluarga baru.


LIST FIELDTRIP
Menjadi hal yang menyenangkan ketika menemani ananda belajar langsung pada ahlinya… pada tempat yang harusnya untuk bisa eksplorasi, menambah pengetahuan dan menemukan unik diri ananda. Berikut list tempat yang bisa dijadikan tempat magang/fliedtrip untuk ananda dilokasi atau wilayah kami. Mengamati dan mengoptimalkan kearifan local yang ada di Kota Batu. Meskipun ananda belum saatnya untuk magang, list dan menyiapkan ananda menuju proses magang menjadi penting. Rencana tempat untuk fieldtrip antara lain :
1.       Stasiun Televisi (ATV)
2.       Radio Mitra FM
3.       Sentra pembuatan tempe/tahu
4.       Outbound Adventure (ProOutbound)
5.       Tempat Wisata di kota Batu
6.       Pusdik Arhanud (TNI AD)
7.       Abd Shaleh (TNI AU)
8.       Dinas Pemadam Kebakaran
9.       Klinik/tempat praktek mandiri dokter
10.   Galeri Seni Kota Batu


Solichati, 10 April 2018

#Day52-60
#10April2018
#KotaBatu
#6y9m, 4y3m, 28d
#MenemukanUnikDiriDulu
#MendampingiAnakMenemukanUnikDirinya
#KelasPortofolioAnakbyGPA
#GriyaPortofolioAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta
#PekaAkanUnikAnak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar