Sabtu, 14 April 2018

Day62#GPA1#TEMAN BARU


KENALAN YUK…



Siang kemarin seperti biasanya duo kakak jagoan memilih untuk bermain lego dengan segala perangkatnya di teras rumah. Seperti biasanya pula umi sesekali mengawasi dan mendampingi bermain, meski sesekali harus berbagi perhatian dengan si baby. Alhamdulillah duo kakak memahami bahwa kehadiran dedek bayi mengajak mereka berkompromi tentang porsi perhatian dan kehadiran umi. Di sisi lain umi dan abi akan senantiasa belajar untuk berlaku adil sesuai kebutuhan mereka.

Masih menjadi mainan kesukaan lego mobil, bermain dengan membuat rute jalan dan dilakukan di teras rumah. Mengeksplorasi semua komponen yang ada disekitarnya. Lantai, rumput, batu bahkan debu atau tanah. Heeee belajar untuk bersabar dengan hasil dan konsekuensi yang terjadi setelahnya. Kotor dan bersih-bersih heeee… Hingga menjelang ashar pun ananda masih sangat asyik bermain. Umi pun menawarkan pilihan tentang sholat ashar, kakak Raihan memilih untuk sholat dirumah. Beberapa saat kemudian datanglah dua anak tetangga yang usianya hampir sama dengan kakak Raihan menghampiri ananda. Nampaknya dua anak tetangga ini sudah terbiasa bermain dan bersosialisasi dengan siapapun, atau lebih tepatnya terbiasa bermain diluar rumah tanpa pengawasan sehingga Nampak karakter pemberani memulai bersosialisasi. Berbeda dengan perilaku yang Nampak pada duo kakak sholeh. Untuk beberapa menit kurang lebih 15 menit, duo kakak sholeh tampak diam dan menundukkan kepala, ketika dua anak tetangga itu tiba2 masuk dan memainkan mainan mereka, tanpa ijin. Mungkin mereka mau melarang, tapi takut.

Kakak Raihan : Seperti biasanya agak lama beradaptasi dengan teman baru, lebih memilih cara sibuk sendiri dengan mainannya sehingga org lain semakin tertarik untuk mendekatinya, sehingga orang lain yg mengajaknya bicara terlebih dulu. Kakak Ihan mulai nyaman berbagi mainan dan saling tukar mainan setelah kakak zaidan memulai terlebih dahulu. Meski demikian selama bermain bersama pun kakak Ihan lebih nyaman dengan gayanya yang mempengaruhi orang untuk mengikuti caranya bermain. Dengan sedikit komunikasi dengan orang yang baru dikenalnya. (Deliberatif,significance,command).

Kakak Zaidan :Dalam Beberapa menit kakak Zaidan mulai bisa beradaptasi dan meminjamkan mainan, dengan mengulas senyum dan mengambilkan mainan yang lain dari dalam rumah. Berani memulai pembicaraan dan bergurau meski belum saling mengenal, terlihat sangat nyaman dialog dan meminjamkan mainan, tampak lebih senang melayani dan menyenangkan orang lain serta menghindari konflik. (adaptability,belief,harmony,communicator,includer,relator)

Di akhir sesi bermain, waktu menjelang senja, mainan diakhiri. Bersama2 membereskan mainan. Kakak ihan mulai dominan untuk mengatur dan mengajak orang untuk bekerja. Sedangkan kakak Zaidan masih dominan rasa enggan untuk berberes tapi lebih suka mengajak ngobrol teman. Heee mereka unik dengan segala potensi yang dititipkan…


Solichati, 14 April 2018

#Day62
#14April2018
#KotaBatu
#Raihan(6y9m),Zaidan(4y3m),Haikal( 31d)
#MendampingiAnakMenemukanUnikDirinya
#KelasPortofolioAnakbyGPA
#GriyaPortofolioAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta
#PekaAkanUnikAnak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar