Rabu, 28 Maret 2018

Day45#GPA1#AYAT KAUNIYAH


ALLAH MAHA PENCIPTA

Siang kemarin, setelah duo kakak pulang sekolah, kami bertiga menyempatkan diri untuk duduk santai dan berbincang-bincang di teras rumah. Kesempatan yang mulai jarang kami lakukan sejak kelahiran adek Haikal. Lebih tepatnya karena masih adaptasi dengan kehadiran anggota keluarga brau dan masih banyak tamu serta acara dirumah. Alhamdulillah duo kakak bisa mengerti dan menerima dengan lapang hati. Meski sesekali sempat rewel, umi meyakini itu sebagai bentuk protes karena kangen berdekat-dekat dengan umi.

Memahami Ayat Kauniyah à Eksplorasi Alam
Maka siang hari ini pun menjadi momen seru bagi kami bertiga untuk bediskusi dan eksplorasi alam sekitar. Lebih tepatnya dialog keimanan tentang penciptaan alam semesta. Sembari menggendong dek Haikal, kami bertiga diskusi tentang benda-benda di alam yang diciptakan Allah, tentunya benda alam terdekat yang bisa dilihat dengan mata. Kakak Ihan dan kakak Zaidan pun mulai menyebutkan satu per satu benda alam yang dilihatnya. Langit, awan, matahari, angin, debu,pohon, rumput, burung dan masih banyak lagi. Kemudian umi pun bertanya tentang manfaat masing2 benda tersebut. Kakak ihan pun mampu menjelaskan manfaat benda alam tersebut diciptakan. Disinilah umi menekankan tentang sifat Asmaul Husna… Allah Maha Pencipta. Bahwa apapun dan sekecil apapun yang diciptakan Allah pasti ada manfaatnya. Meski hanya berlangsung sebentar, ananda tampak senang dengan kebersamaan dan ngobrol tentang alam semesta ini.

Menjadi Perwakilan Allah
Lain halnya dengan adek Haikal. Dialog keimanan dengan adek Haikal yang kini sudah berusia 15 hari lebih pada kesigapan umi memenuhi setiap hajat adek Haikal. Menangis menjadi cara utama dia berkomunikasi. Maka umipun harus segera merespon jika Haikal menangis dan membutuhkan bantuan. Menjadi perwakilan keberadaan Allah bagi adek Haikal untuk saat menjadi hal yang utama, sehingga ananda menaras aman, nyaman dan tenang. Memperdengarkan kalimat thoyyibah di telinga adek, membiasakan memperdengarkan doa sehari-hari terutama untuk aktivitas yg sering dilakukan adek. Doa akan memulai tidur, bangun tidur, mau minum ASI dan hamdalah stelahnya menjadi kebiasaan rutin yang harus sering di stimulasi.    

Solichati, 27 Maret 2018


#Day45
#27Maret2018
#KotaBatu
#6,9y, 4y3m, 14d
#PortofolioKeimanan
#KelasPortofolioAnakbyGPA
#GriyaPortofolioAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta




Tidak ada komentar:

Posting Komentar