MENCIPTAKAN RUANG BERKARYA SESUAI KEKUATAN
DIRI
Setelah menggali kekuatan dan
mengidentifikasi kekuatan diri baik dari sisi 7 Bakat dominan diri dan 6 peran
dominan, maka saatnya sekarang merancang ruang untuk berkarya sesuai dengan
kekuatan yang ada. Mencoba keluar dari zona nyaman, mengoptimalkan potensi diri
yang ada untuk kebermanfaatan diri, keluarga dan lingkungan sekitar.
NO
|
7 BAKAT
DOMINAN
|
RUANG
BERKARYA
|
1
|
ACHIEVER
|
Memperbanyak aktivitas di rumah sebagai
amanah utama : manager dan pendidik dalam rumah tangga
|
2
|
BELIEF
|
*Sebagai istri dan Ibu yang focus memberikan
pelayanan dalam keluarga sesuai dengan pembagian tugas yang ada
*Berkecimpung dengan LSM kesehatan dan social
di Kota Batu
|
3
|
COMMUNICATION
|
*Menginisiasi couple time, family time
*Menjadi teman dongeng bagi anak2
*memberi ruang untuk berbagi informasi dan
edukasi di komunitas yang ada di sekitar rumah
|
4
|
DELIBERATIVE
|
*Memberi ruang untuk memilih sekolah atau
lembaga pendidikan bagi anak2 yang sesuai visi misi keluarga
*Mengelola keuangan dalam rumah tangga atau
organisasi yang diikuti
|
5
|
DISIPLINE
|
*Memberi ruang untuk menata waktu bagi
aktivitas diri, aktivitas anak2
*memberikan ruang untuk mengatur waktu
aktivitas keluarga
*Mengupayakan disiplin dan komitmen dengan
target yang sudah dibuat, aturan organisasi dll
|
6
|
EMPHATY
|
*Memberikan ruang pada diri untuk lebih
banyak mendengar dan merasakan kondisi anggota keluarga (suami dan anak)
*Memberikan ruang untuk mendengarkan
permasalahan orang lain dan memberikan solusinya
|
7
|
RELATOR
|
*Mejalin hubungan baik dengan suami dan
anak2
*Memberikan kesempatan pada diri untuk
menjalin pertemanan dengan orang lain
*Menjaga persahabatan
|
NO
|
6 PERAN
DOMINAN
|
RUANG
BERKARYA
|
1
|
ADMINISTRATOR
|
*Manager kuangan rumah tangga (pencatatan)
*Pembuat kurikulum personal bagi anak2
*Membuat aturan2 tertulis dlm rumah tangga,
perangkat stimulasi tumbuh kembang anak
*Akan mencoba untuk menjadi sekertaris
dalam suatu proyek atau organisasi
*Membuat bahan presentasi yang menarik
untuk kegiatan edukasi pada komunitas
|
2
|
ARRANGER
|
*Manager aktivitas dalam rumah tangga
*Mengatur pembagian tugas/kerjasama dalam
home team
*Menjadi ketua panitia dalam suatu event
atau organisasi
|
3
|
CARE TAKER
|
*Memberikan pelayanan kesehatan pada warga
sekitar rumah
*Berkecimpung di LSM kesehatan dan social (baksos
dll)
|
4
|
COMMUNICATOR
|
*Mengambil peran menjadi MC, moderator
*Menjadi pendongeng bagi anak2 (memperbanyak
telling story time)
*Menjadi teman belajar yang mengasyikkan
bagi anak2
*Memberikan penyuluhan (parenting,
kesehatan) di berbagai komunitas (yang selama ini sudah jalan : di PKK,
walimurid, pengajian ibu2)
|
5
|
EDUKATOR
|
|
6
|
MOTIVATOR
|
FOKUS PADA
KEKUATAN DAN SIASATI KETERBATASAN.
Menemukan diri tidak hanya menemukan kekuatan
atau kelebihan diri tetapi juga menemukan keterbatasan diri untuk disiasati.
Karena sesungguhnya Allah menciptakan makhluk jauh dari kesempurnaan, melainkan
selalu memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan selalu berdampingan dan
beriringan.
Fokus pada kekuatan diri berarti memberikan
banyak ruang untuk belajar dan berlatih sesuai dengan potensi diri yang ada. Semoga
tabel diatas tentang ruang berkarya bisa menjadi sarana untuk belajar dan
berlatih menajamkan kekuatan diri.
Mensiasati keterbatasan dengan mencari cara
lain, bersinergi dengan orang lain atau menggunakan alat bantu untuk
menyelesaikan tantangan yang ada.
Setidaknya untuk beberapa waktu kedepan yang
masih menjadi PR adalah menggali kekuatan diri dari pasangan dan anak2 sehingga
bisa bersinergi menjalankan home team yang ada sesuai visi misi keluarga.
Dengan ijin Allah dan berharap akan bimbingan
dari Allah semoga keberadaan diri dengan segala kekuatan dan kelemahan yang
Allah titipkan menjadi jalan untuk memperbaiki diri. Mensyukuri potensi yang
Allah titipkan dengan memberikan kebermanfaatan pada diri, keluarga dan sesama.
Solichati, 25Maret2018
#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriDua
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar