Minggu, 25 Maret 2018

Day42#FITRAH KEIMANAN


MENYEMAI FITRAH KEIMANAN

Berbicara dan berdiskusi tentang keimanan bukanlah sesuatu hal yang mudah… Karena sejatinya membangkitkan keimanan ini sangat berat terlebih keimanan ini akan selalu berhubungan dengan hal-hal ghoib dan terkadang di luar jangkauan akal manusia. Dan hal ini pun sudah ditunjukkan oleh Allah dalam banyak kisah para Nabi, perjuangan Rasulullah menyebarkan risalah Islam dan kisah yang lainnya…

Sebagaimana tertuang dalam QS Al A’raf ayat 172, Setiap anak terlahir dalam keadaan telah terinstal potensi fitrah keimanan, karena setiap kita pernah bersaksi bahwa Allah sebagai Rabb (kholiqon, roziqon, malikan). Tidak ada anak yang tidak cinta Tuhan dan kebenaran kecuali disimpangkan dan dikubur oleh pendidikan yang salah dan gegabah.
Fitrah keimanan ini meliputi : Fitrah beragama, Fitrah bertuhan, Fitrah kesucian, Fitrah malu dan harga diri, Fitrah moral dan spiritual, Fitrah berakhlaq dsb.

Golden Age fitrah keimanan pada usia 0-7 tahun. Karena pada usia ini anak berada pada masa dimana imajinasi dan abstraksi berada pada puncaknya, alam bawah sadar masih terbuka lebar, sehingga imaji-imaji tentang Allah, tentang Rasulullah, tentang kebajikan, tentang ciptaannya akan mudah dibangkitkan pada usia ini. Sehingga menciptakan atmosfer kebaikan, kecintaan, keridhoaan dirumah sebaiknya lebih diutamakan untuk mencintai agamanya, tuhannya daripada mempelajari agamanya atau pembebanan ibadah dan syariat yang lainnya.

Mengacu pada framework FBE, kami berusaha untuk mengoptimalkan membangkitkan fitrah keimanan kepada ketiga putra kami yang masih berada pada periode Golden Age untuk fitrah ini.
M.Raihan Azmi (6y9m), M. Zaidan Fahmi (4y3m) dan M. Haikal Rosyad (13d) dengan penekanan pada pengenalan Rabb dan menguatkan kecintaan pada Tuhannya melalui berbagai aktivitas. Karena keimanan ini harus ditanamkan dimanapun dan kapanpun.
Ragam Aktivitas untuk membangkutkan fitrah keimanan :
1.       Sering memperdengarkan kalimat2 thoyyibah
2.       Mengajak anak untuk melihat alam dan memperbanyak interaksi dengan makhluk ciptaan Allah. 
3.       Pengenalan tentang Allah/Tuhan melalui Asmaul Husna
4.       Memberikan contoh dan mengajak anak tanpa memaksa saat orangtua beribadah
5.       Membacakan buku dan kisah tentang kebesaran Allah SWT, kisah para Nabi, perjuangan Rasulullah SAW, dan kisah-kisah teladan/kebaikan lainnya. 
6.       Memperdengarkan bacaan kitabullah, membacakan artinya, kisah di dalamnya, dsb. 
7.       Orangtua dan orang sekitar anak memberi teladan bagaimana beribadah dengan penuh gairah, berakhlaq mulia, dsb. 

#KeluargaCintaManfaat
#25Maret2018
#KotaBatu
#6y9m – 4y3m – 13d
#KelasPortofolioAnakbyGPA
#GriyaPortofolioAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta
#PekaAkanUnikAnak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar