Jumat, 28 Juli 2017

Day9#NOMINAL UANG



MENGENAL NOMINAL UANG

Hari ini sepulang sekolah kakak merajuk ijin ingin membali mainan. Padahal mainan drumah sudah banyak, entah mainan apalagi yang diinginkan. “Boleh ya mii, beli 1 saja, yang harganya murah. 2.000 saja”. Setelah ditimbang2 okelah boleh hanya beli 1 mainan saja ya nak. Saya pun ambilkan uang kertas dua ribuan. Diamati seksama, ada angka 2 batinnya. Kakak berangkat dengan happy, dan mengingat pesan umi beli mainan hanya 1 dan segera pulang stelah membeli mainan. Beberapa waktu terakhir kakak lebih tertarik membeli mainan yang murah2, kemudian diutak atik, di temple dg mainan lainnya hingga berubah fungsi menjadi mainan yang baru. Selain itu pembelajaran yang lain adalah sudah lebih berani keluar rumah sendiri dengan tujuan yang jelas, mampu mengutarakan keinginan (latihan sosialisasi).

Setelah membeli mainan, Alhamdulillah ananda menepati janji untuk langsung pulang. Sesampai dirumah umi menanyakan tentang harga mainan.
U : dapat berapa mainan nak?
R : 1 mi
U : harganya berapa?
R : dua ribu mik, kan tadi aku dikasih uang 2 ribu.
U : Uangnya pas gak ada kembalian ya?
R : Ada. Sudah kumasukkan di kantong tabungan.
U : lho kalo harganya 2 ribu harusnya tidak ada kembaliannya nak. Berapa kembaliannya?
R : (Mikir dia). Dua mik uang koin.
U : Ooo  uang koin lima ratusan yaaa? Berarti kembaliannya seribu nak, harga mainan seribu itu artinya. Karena uang 2rb sama dengan 4 koin 5ratusan.
R : matanya menerawang jauh… ooo githu ya mik. Iya berarti harganya seribu. Tadi koinnya ada angka 5 nya.
U : Heee anak sholeh belajar terus yaaa…
R : sambil mengurai senyum lalu mengutak atik mainan.

Si kakak akan tetap istimewa dengan segala keunikannya. Semoga Allah senantiasa membersamaimu nak. Tetaplah bermimpi menjadi yang terbaik. Hari ini tak jadi soal dia paham tentang penjumlahan atau pengurangan uang. Banyak hal dari tumbuh kembangnya yang bisa diapresiasi dari momen singkat untuk membeli mainan. Kemampuan bahasa dalam mengutarakan keinginan, keberanian, mengenal angka, meski belum sepenuhnya paham tentang uang. Masih inngat beberapa waktu lalu ketika sepulang beli mainan, heboh dan menangis karena uangnya kenapa bertambah lebih banyak dari uang yang dikasih uminya. Gak taunya uang kembaliannya koin seratus rupiah. Heeee

Solichati#28Juli2017

#Day9
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunSayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar