Minggu, 23 Juli 2017

Day4#MENIKMATI MATEMATIKA DI AHAD



MENIKMATI MATEMATIKA DI AHAD

Hari yang wooow dan melelahkan…tapi kayaknya tidak bagi anak2. Dari jam 7 pagi kita prepare mengisi aktivitas seharian, Non Stop, Baru mengeluh capek setelah sholat isya’ yaaaa jam 7 malam. Anggap  saja hari ini memang sangat menyenangkan, bertemu banyak teman dan saudara, mengikuti cooking class bersama temen2, halal bi halal dan masih banyak lagi… Tentunya tak lupa, tiap momen foto, tiap momen kami jadikan lebih bermakna. Menikmati meski harus berjalan jauh ke tempat cooking class, naik angkot, berjalan lagi dan berjalan lagi. Tapi senengnya banyak banget.

Mengikuti cooking class hari ini menjadi target bagi umi, ananda bisa bersosialisasi dengan baik dg teman2nya, bisa mengikuti aktivitas sesuai arahan, mau mencoba dan menemukan sensasi menyenangkan saat mulai asyik belajar membuat es sirup dan agar2. Memotong agar2 berbentuk persegi panjang, persegi atau apalah bentuknya. Belajar tentang konsep besar dan kecil, kehat-hatian saat mengendalikan pisau yang ada di tangan. Saat melenturkan tangan menuang air dan sirup, mengaduk dengan memutar-mutar, belajar meuangkan air ke dalam gelas, membagi sama rata isi minuman ke dalam gelas. Seneng katanya dan mau belajar lagi di Sanggar Qur’an.
#Geometri #jumlah banyak-sedikit #membagi sama rata

Saat perjalanan pulang dari sanggar Qur’an yang mungkin melelahkan, kita coba rubah menjadi tantangan dengan menemukan matematika disekeliling kita. Jalan naik turun, melewati jalan yang sempit,bertemu dengan traktor, slender dkk seperangkat alat untuk menghaluskan jalan. Ini adalah momen wooow bagi mereka saat bisa mendekat, menyentuh alat transportasi berat yang selalu membuat mata mereka berbinar saat melihatnya di manapun. Bertemu dengan komunitas sepeda balap yang membuat mata anak2 tidak berkedip, mengjitung jumlahnya “Waaaa banyak ya mik sampai gak bisa dihitung” katanya. Saat melewati tempat asing, makam, kakak yang selalu menanyakan “baca doa apa mik?” maka tiap saat kita berusaha berdzikir menyebut nama Allah. Bermain Bersama Alam memang akan banyak menumbuhkan fitrah anak2. Daaan seruuu tentunya bereksplorasi bersama alam.
#Geometri #banyak-sedikit #ukuran

Berpindah lagi ke aktivitas berikutnya, kali ini hanya dengan kakak, karena adek sudah kelelahan. Reuni bersama orang tua dan murid kelas kakak waktu masih TK A. heeee kumpul2 aja sih. Kakak tampak bosan karena modalitas kinestetiknya tidak teroptimalisasi dengan baik. Berkali-kali menanyakan gak ada mainan yang seru kah? Karena dia tidak bisa bereksplorasi dengan apapun yang ada disekelilingnya. Akhirnya yang membuat dia woooow dan berbinar-binar adalah… bermain ke masjid di sekitar lokasi acara. “Mik kita sholatnya dimana? Ke masjid yuk” katanya. Masyaallah semoga hati ananda akan selalu terpaut dengan masjid hingga dewasa kelak, ketika tak ada yang seru disekitarnya kecuali masjid yang membuatnya berbinar. Berkeliling masjid sesaat setelah sholat. Belajar membaca saat mencari tempat wudhu dan toilet, sholat sendiri 4 rokaat dengan semangat, membandingkan ukuran ruang tempat sholat laki2 dan wanita. Katanya lebih luas tempat sholat laki2. Berkeliling di sekitar halaman masjid, mengamati aliran air sungai yang lambat dan cepat, membandingkan sisi sungai yang dalam dan dangkal, berimajinasi memancing ikan, sampai yang paling seru, menemukan ukuran lingkaran raksasa katanya di bedug. Woooow maka tidak ada yang sia2 atas semua yang Allah ciptakan, maka taka da yang sia2 pula saat menghabiskan waktu seharian dengan mengambil hikmah di tiap aktivitas untuk semakin mendekatkan diri pada Allah, mengagungkan penciptaan Allah di sekitar kita.
#Besar-Kecil #Luas-sempit #Dalam-dangkal #Geometri
#Fitrah Keimanan #Fitrah Belajar dan Nalar #Fitrah individu dan social #Fitrah Estetika dan Bahasa #Fitrah Bakat dan kepemimpinan #Fitrah seksualitas #Fitrah Jasmani

Solichati#23Juli2017

#Day4
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunSayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs


Tidak ada komentar:

Posting Komentar