MENIKMATI
MATEMATIKA DI AHAD
Hari yang wooow dan melelahkan…tapi kayaknya
tidak bagi anak2. Dari jam 7 pagi kita prepare mengisi aktivitas seharian, Non
Stop, Baru mengeluh capek setelah sholat isya’ yaaaa jam 7 malam. Anggap saja hari ini memang sangat menyenangkan,
bertemu banyak teman dan saudara, mengikuti cooking class bersama temen2, halal
bi halal dan masih banyak lagi… Tentunya tak lupa, tiap momen foto, tiap momen
kami jadikan lebih bermakna. Menikmati meski harus berjalan jauh ke tempat
cooking class, naik angkot, berjalan lagi dan berjalan lagi. Tapi senengnya
banyak banget.
Mengikuti cooking class hari ini menjadi
target bagi umi, ananda bisa bersosialisasi dengan baik dg teman2nya, bisa
mengikuti aktivitas sesuai arahan, mau mencoba dan menemukan sensasi
menyenangkan saat mulai asyik belajar membuat es sirup dan agar2. Memotong
agar2 berbentuk persegi panjang, persegi atau apalah bentuknya. Belajar tentang
konsep besar dan kecil, kehat-hatian saat mengendalikan pisau yang ada di
tangan. Saat melenturkan tangan menuang air dan sirup, mengaduk dengan
memutar-mutar, belajar meuangkan air ke dalam gelas, membagi sama rata isi
minuman ke dalam gelas. Seneng katanya dan mau belajar lagi di Sanggar Qur’an.
#Geometri
#jumlah banyak-sedikit #membagi sama rata
Saat perjalanan pulang dari sanggar Qur’an
yang mungkin melelahkan, kita coba rubah menjadi tantangan dengan menemukan
matematika disekeliling kita. Jalan naik turun, melewati jalan yang
sempit,bertemu dengan traktor, slender dkk seperangkat alat untuk menghaluskan
jalan. Ini adalah momen wooow bagi mereka saat bisa mendekat, menyentuh alat
transportasi berat yang selalu membuat mata mereka berbinar saat melihatnya di
manapun. Bertemu dengan komunitas sepeda balap yang membuat mata anak2 tidak
berkedip, mengjitung jumlahnya “Waaaa banyak ya mik sampai gak bisa
dihitung” katanya. Saat melewati tempat asing, makam, kakak yang selalu
menanyakan “baca doa apa mik?” maka tiap saat kita berusaha berdzikir
menyebut nama Allah. Bermain Bersama Alam memang akan banyak menumbuhkan fitrah
anak2. Daaan seruuu tentunya bereksplorasi bersama alam.
#Geometri
#banyak-sedikit #ukuran
Berpindah lagi ke aktivitas berikutnya, kali
ini hanya dengan kakak, karena adek sudah kelelahan. Reuni bersama orang tua
dan murid kelas kakak waktu masih TK A. heeee kumpul2 aja sih. Kakak tampak
bosan karena modalitas kinestetiknya tidak teroptimalisasi dengan baik. Berkali-kali
menanyakan gak ada mainan yang seru kah? Karena dia tidak bisa bereksplorasi
dengan apapun yang ada disekelilingnya. Akhirnya yang membuat dia woooow dan
berbinar-binar adalah… bermain ke masjid di sekitar lokasi acara. “Mik
kita sholatnya dimana? Ke masjid yuk” katanya. Masyaallah semoga hati
ananda akan selalu terpaut dengan masjid hingga dewasa kelak, ketika tak ada
yang seru disekitarnya kecuali masjid yang membuatnya berbinar. Berkeliling masjid
sesaat setelah sholat. Belajar membaca saat mencari tempat wudhu dan toilet,
sholat sendiri 4 rokaat dengan semangat, membandingkan ukuran ruang tempat
sholat laki2 dan wanita. Katanya lebih luas tempat sholat laki2. Berkeliling di
sekitar halaman masjid, mengamati aliran air sungai yang lambat dan cepat, membandingkan
sisi sungai yang dalam dan dangkal, berimajinasi memancing ikan, sampai yang
paling seru, menemukan ukuran lingkaran raksasa katanya di bedug. Woooow maka
tidak ada yang sia2 atas semua yang Allah ciptakan, maka taka da yang sia2 pula
saat menghabiskan waktu seharian dengan mengambil hikmah di tiap aktivitas
untuk semakin mendekatkan diri pada Allah, mengagungkan penciptaan Allah di
sekitar kita.
#Besar-Kecil
#Luas-sempit #Dalam-dangkal #Geometri
#Fitrah
Keimanan #Fitrah Belajar dan Nalar #Fitrah individu dan social #Fitrah Estetika
dan Bahasa #Fitrah Bakat dan kepemimpinan #Fitrah seksualitas #Fitrah Jasmani
Solichati#23Juli2017
#Day4
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunSayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
Tidak ada komentar:
Posting Komentar