Senin, 24 Juli 2017

Day5#KOTAK GEOMETRI AJAIB



KOTAK GEOMETRI AJAIB

Alhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk senantiasa belajar dan belajar… Hari ini kami bertiga sibuk banget berkreasi bikin kotak geometri ajaib. Aapaaa ituuu?? Berbekal kardus bekas yang disulap jadi kotak ajaib dan gunting2 kertas origami aneka bentuk membuat kami bertiga banyak menghabiskan waktu belajar dan bermain drumah… Pagi menjelang sekolah, siang sepulang sekolah dan malam hari menjadi waktu optimal belajar kami bersama. Membuat anak cinta berlogika dengan matematika, umi yang berusaha menstimulasi anak belajar dengan menyenangkan, tak perlu jauh2 dan menghabiskan banyak uang. Cukup bisa dilakukan dirumah, menyulap aneka barang bekas yang ada menjadi media belajar dan bermain. Serru banget pastinya. Hmmm gak sedikit juga sih ada yang bilang, ribet banget mau mainan ajah, kurang kerjaan banget, padahal bisa saja beli kan. Heeee klo kurang kerjaan enggak juga kayaknya, malah banyak banget pekerjaan yang harus diselesaikan, tapi ada hal yang penting saat membersamai anak-anak. Stimulasi tumbuh kembang, melatih konsentrasi, kesabaran, keuletan, mengasah motoric halus dan masih banyak lagi. Tentunya belajar duduk sejenak untuk menyimak dan tekun bagi anak dengan modalitas kinestetik ini menjadi catatan yang luar biasa…

Kakak yang lagi asyik bermain dengan penggaris, menghubungkan antar titik hingga membentuk pola atau bentuk geometri. Segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran. Adek yang masih sibuk berbinar dengan warna2 kertas. Hingga kami bertiga sama2 menggunting pola yang sudah terbentuk. Hmmmm apapun jadinya… hasil guntingan yang tak lagi lurus, bentuk yang tak lagi sempurna. Haaah belajar menurunkan standart kesempurnaan ketika berkutat dengan anak2. Yup tentunya agak mereka belajar dengan proses bukan instan yang sekali coba langsung jadi bagus. Adek yang berkali2 memberitahu umi garisnya miring, umi kertasnya sobek. Yaaah gak papa ayo dicoba lagi yaaa… ikuti garisnya saat menggunting nak. Masih ingat betul saya 2,5 tahun yang lalu saat kakak belajar menggunting atau menggambar, selalu sangat histeris jika hasil tidak sesuai dengan yang seharusnya atau tidak sempurna. Nangis…marah2…bahkan sampai tidak mau pegang gunting lagi karena takut salah. Hmmm banyak2 istighfar saya saat itu karena begitu banyak fase tumbuh kembang yang terlewati dengan tidak seharusnya… Saatnya berbenah saat membersamai duo jagoan.

Sesi belajar dan bermain malam hari juga tak kalah seru lho. Memasukkan bentuk kedalam kotak ajaib sesuai dengan petunjuk, bermain2 tebak2an dengan mengambil 1 bentuk dari dalam kotak, dengan mata tertutup menebak bentuk. Setelahnya kami bersama2 mencari barang-barang disekitar kita yang sesuai dengan bentuk geometri yang sudah kita ambil dari dalam kotak. Sampai sesi akhir kita sama2 menghitung jumlah geometri yang berhasil kami tebak dengan benar. Wooow mata anak2 berbinar terang, senyum lebar, seruu katanya. Gak mau berhenti sampai isi kotak habis. Yeeey pembelajaran yang menyenangkan… Untuk sesi selanjutnya menjadi PR umi dan kakak untuk membuat label barang2 yang ada drumah untuk menstimulasi kakak belajar membaca dan mengenal symbol huruf.


Solichati#24Juli2017


#Day5
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunSayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar