Kamis, 20 Juli 2017

Day1#MELOMPAT-MENGATUR JARAK



MELOMPAT – MENGATUR JARAK

Membuat hal yang rumit menjadi sederhana, ibarat selesaikan sebuah masalah dengan trik yang pas dan hati puas. Belajar matematika tak sekedar tentang angka yang harus dihafal tapi lebih penting pada permainan logika. Ya permainan. Terkadang kita sering menganggap masalah sepele menjadi sangat besar karena dibesar-besarkan, atau sebaliknya masalah yang besar menjadi disepelekan karena dianggap tak penting. Belajar matematika…belajar untuk menempatkan masalah pada tempatnya dengan logika perhitungan kita seberapa besar dan penting sebuah masalah menuntut perhatian kita. Heeee… lama2 bingung sendiri saya dengan tulisan ini.
Masih ingat saya ketika jaman sekolah SD-SMA dulu, kalau mendengar atau melihat jadwal matematika yang terlintas dalam pikiran saya adalah kertas buram atau daur ulang atau reuse atau kertas untuk corat coret gak boleh ketinggalan. Ibaratnya ini adalah kertas sakti yang memandu jalan pikiran saya untuk menyelesaikan masalah. Bicara angka saya lebih suka riil terlihat dan rasional daripada sekedar membayangkan. Dan mungkin saja hal ini juga terjadi pada anak2 saya atau anak2 yang lainnya. Sederhana saja hari ini kami belajar ulang tentang kalimat produktif yang bisa dijadikan sebagai media pembelajaran matematika. Perkara meminta tolong atau memerintahkan anak untuk mundur saat menonton televisi, kadang geregetan ya sudah dikasih tau berkali kali, tetap saja si kecil lebih suka mendekat ke layar televisi. Hmmm akhirnya muncullah ide dari kami berdua… Yuk anak2 atur jarak kita saat nonton televise ya… 4 langkah mundur dari televise (menjauh red), hap-hap-hap-hap, 1,2,3,4. Wooow seketika anak2 ceria melompat dan mengikuti saran kami orangtua. Anjuran ini menjadi semacam permainan melompat untuk ambil jarak. Bukan lagi sebagai perintah yang membuat mereka jengah karena merasa disuruh-suruh atau merugikan mereka karena berjauhan dengan televise. Alhamdulillah dalam sekejap belajar melompat sambil hitung lompatan kali ini menjadi pelajaran yang diingat. Semacam ada prosedur menonton TV… hitung jarak…lompat2…hap-hap-hap-hap 1,2,3,4…duduk di ubin ke5 dari televise.
Sederhana bukan? Belajar berhitung dan bermanfaat untuk kegiatan seharai-hari yang lain. Untuk saat ini masalah teratasi. Semoga bisa berlanjut ya menerapkan prosedur atur jarak saat menonton TV.

Solichati#20Juli2017

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunSayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar