BELAJAR MENCINTAI DAN MERAWAT TANAMAN
Kalau disuruh milih, merawat tanaman atau
merawat binatang??? Tentu dengan tegas tanpa mikir saya akan teriak tanaman!!!
Heee maklum dengan kesibukan yang seabreg abreg merawat tanaman lebih
menyenangkan. Refresh tersendiri tuh lihat warna hijau yang segar2. Lain lagi
klo merawat binatang…hmmm kalo bagi saya sih tambah stress, urus makan dan
kotorannya. So belum untuk saat ini, kalaupun terpaksa mau memelihara binatang
pilihannya hanya 1 “IKAN” (heeee). Sebaliknya jika ditanyakan pada anak2 tentu
naluri lelakinya akan cenderung untuk memilih binatang. Heeee jujur saja
padahal anak2 ini kayaknya mupeng banget memelihara binatang, tapi belum kami
ijinkan karena etika merawat binatang masih butuh pembelajaran ekstra keras.
Berkali-kali kami membelikan Ikan dan ayam heee selalu berakhir dengan nyawa
melayang karena si hewan “diucel-ucel” sampai gagal napas kaleee (hahahaha).
Alhasil kami pilih memberbanyak tanaman saja drumah untuk melajar merawat
tanaman.
Tanaman adalah salah satu makhluk ciptaan
Allah yang sering kami diskusikan bersama anak, melalui pengenalan berbagai
jenis sayur dan buah2an. Seperti halnya pagi ini stelah beberapa hari tidak
hujan, maka kegiatan menyiram tanaman menjadi pilihan pembelajaran yang menyenangkan.
Tak perlu menawari ketika umi pamit mau menyiram tanaman spontan anak2 bilang
“ikuuuut!!!” Yeeey yuks bersenang2.
Sebenarnya tidak banyak spot yang akan kami
siram, hanya sepetak rumput di teras depan rumah dan bunga pucuk merah
disamping rumah. Beberapa pot pucuk merah juga kami pindahkan agar mendapatkan
sinar matahari.
Setiap anak itu unik dengan segala potensi
yang dia miliki. Demikian pula dalam cara belajarnya. Untuk mengoptimalkan
proses pembelajaran pun setidaknya harus menyesuaikan dengan gaya belajar
ananda. Bagaimana tidak jika kita memaksakan proses belajar yang tidak sesuai
dengan gaya belajarnya, yang ada anak akan merasa terpaksa, bosan atau bahkan
tidak mau terlibat pembelajaran. Heeee ini juga yang harus saya siapkan selama
menemani ananda belajar merawat tanaman.
Raihan : dengan modalitas dominan visual kinestetik
membuat ananda menajdi tipikal anak yang tekun saat mengerjakan proyek atau
kegiatan. Tidak mudah terganggu dengan kebisingan. Saat kegiatan menyiram
tanaman kakak Ihan lebih semangat saat diminta memindahkan tanaman, berjalan
kesana kemari menyiram tanaman. Meski terkadang agak risih dengan kondisi basah
dan becek.
Zaidan : saat berkegiatan sangat menikmati
berkotor2 dengan air, menyiram bunga dengan sensasi cipratan airnya, dan
tentunya kebiasaan banyak bertanya tentang apa yang dilihatnya, banyak
berbicara bahkan juga menyanyi saat berkegiatan.
Alhamdulillah kegiatan menyiram tanaman
menjadi kegiatan yang disenangi anak2 sebagai bentuk kecintaan pada ciptaan
Allah. Disinilah kami selalu belajar untuk membangkitkan fitrah keimanan bahwa
semua kegiatan dan aktivitas dilakukan karena Allah, mencari ridho dan kasih
sayang Allah.
Solichati#26April2017
#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP
FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Raihan
Azmi 5y10m)
Tanggal
|
Aktivitas
|
Visual
|
Auditori
|
Kinestetik
|
Kesimpulan
|
21/4/2017
|
Telling Story dan praktek Adab2
Makan
|
Tatapan mata dan kehadiran yang
bercerita selalu dibutuhkan kakak
Meminta membuka buku tentang
adab2 makan Rosul (seri Amazzing)
|
Mendengarkan meski sesekali
lebih fokus melihat gerak gerik saat umi cerita
|
Mengamati gerak gerik
Mempraktekkan tentang adab2
makan sambil menghafalkan hadis
|
Visual
Kinestetik
|
22/4/2017
|
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
|
Menatap video dan mencermati sesi demi sesi cerita
Mata tidak pernah beralih meski disekitarnya ada
kegaduhan (suara umi dan adek)
|
Tidak menghiraukan kegaduhan disekitarnya
Merespon lama jika diajak umi berbicara (focus
nonton euy)
|
ananda duduk tenang menyimak
|
Visual
|
23/4/2017
|
Murojaah Alqur’an
|
Membawa Alqur’an
Meminta diberikan tanda pada ayat yang dibaca
|
Mendengarkan ayat2 yang dibaca
Sambung ayat, melatih konsentrasi untuk mendengarkan
dengan benar
Mendengarkan cerita atau arti dari ayat yang dihafalkan
|
Menhafal sambil bermain
Menghafal sambil lompat2 saat gilirannya melanjutkan
ayat
Sambung ayat : perpindahan dari ayat ke ayat secara
bergantian sbg bentuk perpindahan meski fisik tetap ditempat. Heee semacam
lompat2 ayat tapi tetap urut yaaaa yang dibaca
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
25/4/2017
|
Kreasi “Tape Resist Painting”
|
Pengenalan macam2 warna
Pencampuran aneka warna
Pengenalan pola huruf A dan IHAN (namanya sendiri)
|
Selama berkegiatan ananda tidak banyak bersuara atau
menunggu perintah sesuai prosedur
|
Mudah bosan duduk lama2 dengan satu kegiatan
Lari kesana kemari, akhirnya diberikan job untuk
cuci alat, siapkan pewarna, jemur karya (heee semangat bgt klo dilibatkan
bergerak pindah tempat)
|
Visual
Kinestetik
|
26/4/2017
|
Menyiram tanaman
|
Melihat warna2 tanaman
Membedakan jenis dan bentuk tanaman
Mengenal basah dan kering, layu dan segar
|
Mendengarkan diskusi seputar tanaman dan alasan
mengapa merawat tanaman
Menjalankan instruksi dari uminya meski terkadang
harus dibantu dengan rangsangan visual
|
Memindahkan tanaman dari satu tempat ke tempat yang
lain
Menyiram tanaman dengan berpindah tempat
Menggerakkan dan memainkan selang air
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Zaidan
Fahmi 3y4m)
Tanggal
|
Aktivitas
|
Visual
|
Auditori
|
Kinestetik
|
Kesimpulan
|
||
21/4/2017
|
Telling Story dan praktek Adab2
Makan
|
Sesekali mengamati lawan bicara
|
Mengemukakan ide dengan verbal
Mengingatkan kakak dengan
verbal
Banyak berbicara dan ikut
menyambung cerita
|
-
|
Auditori
|
||
22/4/2017
|
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
|
Melihat video (tidak focus)
Mudah terganggu dengan lingkungan sekitar
|
Mencari2 sumber suara yang menyenangkan (lagu dari
film yang ditonton)
Lebih tertarik dengan cerita langsung dari umi
menjelaskan isi video nya
Antusias saat diajak bercerita tentang isi cerita
|
Duduk tenang menyimak (meski sesekali bergerak2
tanda bosan saat aktivitas hanya dominan melihat)
|
Auditori
|
||
23/4/2017
|
Murojaah Alqur’an
|
____________
|
Mendengarkan ayat2 yang dibaca
Sambung ayat, melatih konsentrasi untuk mendengarkan
dengan benar
Mendengarkan cerita atau arti dari ayat yang
dihafalkan
|
Menhafal sambil bermain
Menghafal sambil lompat2 saat gilirannya melanjutkan
ayat
Sambung ayat : perpindahan dari ayat ke ayat secara
bergantian sbg bentuk perpindahan meski fisik tetap ditempat. Heee semacam
lompat2 ayat tapi tetap urut yaaaa yang dibaca
|
Auditori
Kinestetik
|
||
25/4/2017
|
Kreasi “Tape Resist Painting”
|
Pengenalan macam2 warna
Pencampuran aneka warna
Pengenalan pola huruf A dan IHAN (nama kakak)
|
Ananda Zaidan lebih banyak bicara saat bekerja,
menyebutkan warna, urutan kegiatan, bahkan bernyanyi pelangi2 dan mengaji
(heeee)
|
Sesekali tampak bosan dan ingin berpindah ke
kegiatan lain. Tapi dia tipikal anak yang procedural. Akhirnya kembali
melanjutkan selesaikan prakarya.
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
||
26/4/2017
|
Menyiram tanaman
|
Mengenal aneka warna tanaman
Membedakan jenis dan bentuk tanaman
Mengenal basah dan kering, layu dan segar
|
Banyak bertanya tentang tanaman, kanapa harus
menyiram dll
Sering berbicara sendiri dan menyanyi saat menyiram
tanaman
|
Menyiram tanaman dengan sering berpindah tempat
Menggerakkan selang air terkadang juga membuat hujan
buatan (^_^)
Mencabut rumput
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar