Jumat, 28 April 2017

MENYIRAM TANAMAN#Day5



BELAJAR MENCINTAI DAN MERAWAT TANAMAN

Kalau disuruh milih, merawat tanaman atau merawat binatang??? Tentu dengan tegas tanpa mikir saya akan teriak tanaman!!! Heee maklum dengan kesibukan yang seabreg abreg merawat tanaman lebih menyenangkan. Refresh tersendiri tuh lihat warna hijau yang segar2. Lain lagi klo merawat binatang…hmmm kalo bagi saya sih tambah stress, urus makan dan kotorannya. So belum untuk saat ini, kalaupun terpaksa mau memelihara binatang pilihannya hanya 1 “IKAN” (heeee). Sebaliknya jika ditanyakan pada anak2 tentu naluri lelakinya akan cenderung untuk memilih binatang. Heeee jujur saja padahal anak2 ini kayaknya mupeng banget memelihara binatang, tapi belum kami ijinkan karena etika merawat binatang masih butuh pembelajaran ekstra keras. Berkali-kali kami membelikan Ikan dan ayam heee selalu berakhir dengan nyawa melayang karena si hewan “diucel-ucel” sampai gagal napas kaleee (hahahaha). Alhasil kami pilih memberbanyak tanaman saja drumah untuk melajar merawat tanaman.

Tanaman adalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang sering kami diskusikan bersama anak, melalui pengenalan berbagai jenis sayur dan buah2an. Seperti halnya pagi ini stelah beberapa hari tidak hujan, maka kegiatan menyiram tanaman menjadi pilihan pembelajaran yang menyenangkan. Tak perlu menawari ketika umi pamit mau menyiram tanaman spontan anak2 bilang “ikuuuut!!!” Yeeey yuks bersenang2.
Sebenarnya tidak banyak spot yang akan kami siram, hanya sepetak rumput di teras depan rumah dan bunga pucuk merah disamping rumah. Beberapa pot pucuk merah juga kami pindahkan agar mendapatkan sinar matahari.

Setiap anak itu unik dengan segala potensi yang dia miliki. Demikian pula dalam cara belajarnya. Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran pun setidaknya harus menyesuaikan dengan gaya belajar ananda. Bagaimana tidak jika kita memaksakan proses belajar yang tidak sesuai dengan gaya belajarnya, yang ada anak akan merasa terpaksa, bosan atau bahkan tidak mau terlibat pembelajaran. Heeee ini juga yang harus saya siapkan selama menemani ananda belajar merawat tanaman.
Raihan : dengan modalitas dominan visual kinestetik membuat ananda menajdi tipikal anak yang tekun saat mengerjakan proyek atau kegiatan. Tidak mudah terganggu dengan kebisingan. Saat kegiatan menyiram tanaman kakak Ihan lebih semangat saat diminta memindahkan tanaman, berjalan kesana kemari menyiram tanaman. Meski terkadang agak risih dengan kondisi basah dan becek.

Zaidan : saat berkegiatan sangat menikmati berkotor2 dengan air, menyiram bunga dengan sensasi cipratan airnya, dan tentunya kebiasaan banyak bertanya tentang apa yang dilihatnya, banyak berbicara bahkan juga menyanyi saat berkegiatan.

Alhamdulillah kegiatan menyiram tanaman menjadi kegiatan yang disenangi anak2 sebagai bentuk kecintaan pada ciptaan Allah. Disinilah kami selalu belajar untuk membangkitkan fitrah keimanan bahwa semua kegiatan dan aktivitas dilakukan karena Allah, mencari ridho dan kasih sayang Allah.

Solichati#26April2017

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP


FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Raihan Azmi 5y10m)
Tanggal
Aktivitas
Visual
Auditori
Kinestetik
Kesimpulan
21/4/2017
Telling Story dan praktek Adab2 Makan
Tatapan mata dan kehadiran yang bercerita selalu dibutuhkan kakak

Meminta membuka buku tentang adab2 makan Rosul (seri Amazzing)

Mendengarkan meski sesekali lebih fokus melihat gerak gerik saat umi cerita
Mengamati gerak gerik

Mempraktekkan tentang adab2 makan sambil menghafalkan hadis
Visual

Kinestetik
22/4/2017
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
Menatap video dan mencermati sesi demi sesi cerita

Mata tidak pernah beralih meski disekitarnya ada kegaduhan (suara umi dan adek)
Tidak menghiraukan kegaduhan disekitarnya

Merespon lama jika diajak umi berbicara (focus nonton euy)
ananda duduk tenang menyimak
Visual
23/4/2017
Murojaah Alqur’an
Membawa Alqur’an

Meminta diberikan tanda pada ayat yang dibaca
Mendengarkan ayat2 yang dibaca

Sambung ayat, melatih konsentrasi untuk mendengarkan dengan benar

Mendengarkan cerita atau arti dari ayat yang dihafalkan
Menhafal sambil bermain

Menghafal sambil lompat2 saat gilirannya melanjutkan ayat

Sambung ayat : perpindahan dari ayat ke ayat secara bergantian sbg bentuk perpindahan meski fisik tetap ditempat. Heee semacam lompat2 ayat tapi tetap urut yaaaa yang dibaca
Visual

Auditori

Kinestetik
25/4/2017
Kreasi “Tape Resist Painting”
Pengenalan macam2 warna

Pencampuran aneka warna

Pengenalan pola huruf A dan IHAN (namanya sendiri)
Selama berkegiatan ananda tidak banyak bersuara atau menunggu perintah sesuai prosedur
Mudah bosan duduk lama2 dengan satu kegiatan

Lari kesana kemari, akhirnya diberikan job untuk cuci alat, siapkan pewarna, jemur karya (heee semangat bgt klo dilibatkan bergerak pindah tempat)
Visual

Kinestetik
26/4/2017
Menyiram tanaman
Melihat warna2 tanaman

Membedakan jenis dan bentuk tanaman

Mengenal basah dan kering, layu dan segar
Mendengarkan diskusi seputar tanaman dan alasan mengapa merawat tanaman

Menjalankan instruksi dari uminya meski terkadang harus dibantu dengan rangsangan visual
Memindahkan tanaman dari satu tempat ke tempat yang lain

Menyiram tanaman dengan berpindah tempat

Menggerakkan dan memainkan selang air
Visual

Auditori

Kinestetik


FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Zaidan Fahmi 3y4m)
Tanggal
Aktivitas
Visual
Auditori
Kinestetik
Kesimpulan
21/4/2017               
Telling Story dan praktek Adab2 Makan
Sesekali mengamati lawan bicara
Mengemukakan ide dengan verbal

Mengingatkan kakak dengan verbal

Banyak berbicara dan ikut menyambung cerita
-
Auditori
22/4/2017
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
Melihat video (tidak focus)

Mudah terganggu dengan lingkungan sekitar
Mencari2 sumber suara yang menyenangkan (lagu dari film yang ditonton)

Lebih tertarik dengan cerita langsung dari umi menjelaskan isi video nya

Antusias saat diajak bercerita tentang isi cerita

Duduk tenang menyimak (meski sesekali bergerak2 tanda bosan saat aktivitas hanya dominan melihat)
Auditori
23/4/2017
Murojaah Alqur’an
____________
Mendengarkan ayat2 yang dibaca

Sambung ayat, melatih konsentrasi untuk mendengarkan dengan benar

Mendengarkan cerita atau arti dari ayat yang dihafalkan
Menhafal sambil bermain

Menghafal sambil lompat2 saat gilirannya melanjutkan ayat

Sambung ayat : perpindahan dari ayat ke ayat secara bergantian sbg bentuk perpindahan meski fisik tetap ditempat. Heee semacam lompat2 ayat tapi tetap urut yaaaa yang dibaca
Auditori

Kinestetik
25/4/2017
Kreasi “Tape Resist Painting”
Pengenalan macam2 warna

Pencampuran aneka warna

Pengenalan pola huruf A dan IHAN (nama kakak)
Ananda Zaidan lebih banyak bicara saat bekerja, menyebutkan warna, urutan kegiatan, bahkan bernyanyi pelangi2 dan mengaji (heeee)
Sesekali tampak bosan dan ingin berpindah ke kegiatan lain. Tapi dia tipikal anak yang procedural. Akhirnya kembali melanjutkan selesaikan prakarya.
Visual

Auditori

Kinestetik
26/4/2017
Menyiram tanaman
Mengenal aneka warna tanaman

Membedakan jenis dan bentuk tanaman

Mengenal basah dan kering, layu dan segar
Banyak bertanya tentang tanaman, kanapa harus menyiram dll

Sering berbicara sendiri dan menyanyi saat menyiram tanaman
Menyiram tanaman dengan sering berpindah tempat

Menggerakkan selang air terkadang juga membuat hujan buatan (^_^)

Mencabut rumput
Visual

Auditori

Kinestetik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar