KREASI TAPE RESIST PAINTING
Setelah berhari2 adek Zaidan membuka kulkas
dan meminta bermain dengan sisa pewarna makanan yang tersimpan di kulkas…
Alhamdulillah baru Hari ini Selasa (25 April 2017) berhasil kami eksekusi.
Heeee karena emaknya ni tidak hobby bikin kue dan cemilan alhasil pewarna
makanan dimanfaatkan untuk stimulasi tumbuh kembang anak dengan membuat karya.
Berbekal ide stelah membaca Buku RUMAH MAIN ANAK akhirnya membuat janjian
dengan anak2 untuk membuat karya “Tape Resist Painting”, melukis
dengan media air pewarna makanan dan selotip untuk memunculkan gambar atau
tulisan yang dikehendaki.
Setelah ketemu waktu luang umi-kakak-adek…
langsung si adek nagih terus janji uminya mau bikin prakiya (prakarya red). Yuks
simak cerita seru dan campur aduknya kegiatan (heee disambi2 finishing cucian
yang sudah menggunung). Alamak emak ni gak focus banget… tapi nengok cucian
sesekali ajah, hmmm duo jagoan ini klo sdh konsentrasi bikin prakarya bisa
menghancurkan rumah dan segala isinya (wkwkwk lebay banget nih emaknya). Heeee
belum dimulai ajah.. tuh pewarna dah tumpah2 dan membekas di lantai rumah…Hmmmm
sabar ya mak (wkwkwk). Sebelum mulai berkegiatan tujuan kegiatan spontan ajah
ya karena memenuhi janji ke si dedek, selain itu melatih motoric halus ananda,
latih kesabaran, sosialisasi dan kerjasama dan masih buanyak lagi deh pokoknya,
yang kepikir bakalan kejadian kalo dah action ma nak kanak nih.
Bahan yang disiapkan : Kertas karton
(lembaran buku gambar), pewarna makanan yang ada saja, sisir, sikat gigi bekas,
air, isolasi kertas, gunting. Stelah alat dan bahan siap… kita sepakati mau
bikin pola huruf A dan nama kakak IHAN… Tahap awal umi yang eksekusi bikin pola
huruf A dan IHAN di atas kertas karton menggunakan Isolasi kertas (agar mudah
dilepas saat warna sudah mengering). Kemudian kami siapkan warna jingga di
mangkuk kecil diberi air sedikit. Langkah selanjutnya mencelupkan sikat pada
air warna dan menggososkkan sikat pada sisir di atas kertas berpola huruf A.
Kali ini giliran adek yang focus menyelesaikan pola huruf A. Tapi tetap saja
kerjasama yak arena ternyata tangan kanan dan kiri belum terkoordinasi dengan
baik ketika tangan kanan pegang sikat dan tangan kiri pegang sisir. Alhamdulillah
saling membantu finishing pola huruf A. Setelah selesai kami menjemurnya. Sembari
menunggu kering, giliran mas Ihan yang finishing pola IHAN dengan warna Hijau,
Kuning, coklat dan biru. Haiii ternyata anak2 sukses mengenal dan membedakan
warna. Yang paling seru karena mas Ihan suka banget mencampur warna jadilah
warna yang “KEREN”
demikian kata mas Ihan. Apasih yang bikin keren ternyata mas IHan suka warna
campurannya seperti warna tentara (heeee ketahuan klo kecenderungannya kakak
lebih pada hal2 yang sifatnya HEROIK). Lain Dengan adek Zaidan yang lebih suka
warna cerah, makanya dia memilih warna jingga sebagai warna polanya. Selama
proses mewarna dengan sisir dan sikat gigi, hasil cipratan warna dari sisir
membuat mata duo jagoan ini berbinar2 (excited banget nih, seruuuu katanya^_^).
Stelah kedua karya mongering, kita lepas perlahan tempelan selotip yang
membentuk pola A dan IHAN tadi… jreng jreng… Woooow bagus ya mik kata anak2,
aku suka. Hmmm apa lancar2 saja proses bikin karya ini??? Lancar dunk dengan
banyak pernak pernik kegiatan diluar scenario, mulai dari melukis di lantai, bosan
menggunakan sisir akhirnya diwarna menggunakan tisu dan adegan2 seru yang
kadang juga bikin geregetan (wkwkwk sabar sabar).
Alhamdulillah menunaikan janji terpenuhi
sekaligus menyenangkan hati ananda, ini merupakan kebahagiaan yang tak
tergantikan dengan yang lain. Bonusnya tentunya tahap tumbuh kembang ananda
terstimulasi dengan membuat karya ini. Sesuai dengan tujuan kegiatan diatas :
latih motoric halus, kesabaran saat berproses (heeee biasalah anak2 gampang
bosen) belum selesai sudah beralih lari2 ke kegiatan yang lain (catatan berarti
kinestetik belum terpenuhin dengan belajar kali ini), pengenalan warna dan
pencampurannya, kerjasama tim optimal termasuk kompak mengacaukan rumah
(hahahaa).
Di akhir sesi sebagai bentuk tanggung jawab
menjaga rumah… bersih2 lantai dengan tisu, beresin lantai kadang juga tambah
kotor karena berebutan (hadeh… gemessss). Wes sabar sajalah… nikmati ada saat
yang tepat untuk beres. Puaskan dulu anak2, termasuk keinginan untuk membantu berbenah.
Next project semoga lebih seru lagi (heeee asal gak bikin tambah stress ajah
dengan rumah yang kayak kapal pecah ^_^).
Solichati#25April2017
#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP
FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Raihan
Azmi 5y10m)
Tanggal
|
Aktivitas
|
Visual
|
Auditori
|
Kinestetik
|
Kesimpulan
|
21/4/2017
|
Telling Story dan praktek Adab2 Makan
|
Tatapan mata dan kehadiran yang bercerita selalu
dibutuhkan kakak
Meminta membuka buku tentang adab2 makan Rosul (seri
Amazzing)
|
Mendengarkan meski sesekali lebih fokus melihat
gerak gerik saat umi cerita
|
Mengamati gerak gerik
Mempraktekkan tentang adab2 makan sambil
menghafalkan hadis
|
Visual
Kinestetik
|
22/4/2017
|
Telling Story
“Kisah Nabi Nuh”
|
Menatap video dan
mencermati sesi demi sesi cerita
Mata tidak pernah
beralih meski disekitarnya ada kegaduhan (suara umi dan adek)
|
Tidak menghiraukan
kegaduhan disekitarnya
Merespon lama jika
diajak umi berbicara (focus nonton euy)
|
ananda duduk tenang
menyimak
|
Visual
|
23/4/2017
|
Murojaah Alqur’an
|
Membawa Alqur’an
Meminta diberikan
tanda pada ayat yang dibaca
|
Mendengarkan ayat2
yang dibaca
Sambung ayat,
melatih konsentrasi untuk mendengarkan dengan benar
Mendengarkan cerita
atau arti dari ayat yang dihafalkan
|
Menhafal sambil
bermain
Menghafal sambil
lompat2 saat gilirannya melanjutkan ayat
Sambung ayat :
perpindahan dari ayat ke ayat secara bergantian sbg bentuk perpindahan meski
fisik tetap ditempat. Heee semacam lompat2 ayat tapi tetap urut yaaaa yang
dibaca
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
25/4/2017
|
Kreasi “Tape
Resist Painting”
|
Pengenalan macam2
warna
Pencampuran aneka
warna
Pengenalan pola
huruf A dan IHAN (namanya sendiri)
|
Selama berkegiatan
ananda tidak banyak bersuara atau menunggu perintah sesuai prosedur
|
Mudah bosan duduk
lama2 dengan satu kegiatan
Lari kesana kemari,
akhirnya diberikan job untuk cuci alat, siapkan pewarna, jemur karya (heee
semangat bgt klo dilibatkan bergerak pindah tempat)
|
Visual
Kinestetik
|
FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Zaidan
Fahmi 3y4m)
Tanggal
|
Aktivitas
|
Visual
|
Auditori
|
Kinestetik
|
Kesimpulan
|
||
21/4/2017
|
Telling Story dan praktek Adab2 Makan
|
Sesekali mengamati lawan bicara
|
Mengemukakan ide dengan verbal
Mengingatkan kakak dengan verbal
Banyak berbicara dan ikut menyambung cerita
|
-
|
Auditori
|
||
22/4/2017
|
Telling Story
“Kisah Nabi Nuh”
|
Melihat video
(tidak focus)
Mudah terganggu
dengan lingkungan sekitar
|
Mencari2 sumber
suara yang menyenangkan (lagu dari film yang ditonton)
Lebih tertarik
dengan cerita langsung dari umi menjelaskan isi video nya
Antusias saat
diajak bercerita tentang isi cerita
|
Duduk tenang
menyimak (meski sesekali bergerak2 tanda bosan saat aktivitas hanya dominan
melihat)
|
Auditori
|
||
23/4/2017
|
Murojaah Alqur’an
|
____________
|
Mendengarkan ayat2
yang dibaca
Sambung ayat,
melatih konsentrasi untuk mendengarkan dengan benar
Mendengarkan cerita
atau arti dari ayat yang dihafalkan
|
Menhafal sambil
bermain
Menghafal sambil
lompat2 saat gilirannya melanjutkan ayat
Sambung ayat :
perpindahan dari ayat ke ayat secara bergantian sbg bentuk perpindahan meski
fisik tetap ditempat. Heee semacam lompat2 ayat tapi tetap urut yaaaa yang
dibaca
|
Auditori
Kinestetik
|
||
25/4/2017
|
Kreasi “Tape
Resist Painting”
|
Pengenalan macam2
warna
Pencampuran aneka
warna
Pengenalan pola
huruf A dan IHAN (nama kakak)
|
Ananda Zaidan lebih
banyak bicara saat bekerja, menyebutkan warna, urutan kegiatan, bahkan
bernyanyi pelangi2 dan mengaji (heeee)
|
Sesekali tampak
bosan dan ingin berpindah ke kegiatan lain. Tapi dia tipikal anak yang
procedural. Akhirnya kembali melanjutkan selesaikan prakarya.
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar