Kamis, 27 April 2017

KREASI TAPE RESIST PAINTING#Day4



KREASI TAPE RESIST PAINTING



Setelah berhari2 adek Zaidan membuka kulkas dan meminta bermain dengan sisa pewarna makanan yang tersimpan di kulkas… Alhamdulillah baru Hari ini Selasa (25 April 2017) berhasil kami eksekusi. Heeee karena emaknya ni tidak hobby bikin kue dan cemilan alhasil pewarna makanan dimanfaatkan untuk stimulasi tumbuh kembang anak dengan membuat karya. Berbekal ide stelah membaca Buku RUMAH MAIN ANAK akhirnya membuat janjian dengan anak2 untuk membuat karya “Tape Resist Painting”, melukis dengan media air pewarna makanan dan selotip untuk memunculkan gambar atau tulisan yang dikehendaki.

Setelah ketemu waktu luang umi-kakak-adek… langsung si adek nagih terus janji uminya mau bikin prakiya (prakarya red). Yuks simak cerita seru dan campur aduknya kegiatan (heee disambi2 finishing cucian yang sudah menggunung). Alamak emak ni gak focus banget… tapi nengok cucian sesekali ajah, hmmm duo jagoan ini klo sdh konsentrasi bikin prakarya bisa menghancurkan rumah dan segala isinya (wkwkwk lebay banget nih emaknya). Heeee belum dimulai ajah.. tuh pewarna dah tumpah2 dan membekas di lantai rumah…Hmmmm sabar ya mak (wkwkwk). Sebelum mulai berkegiatan tujuan kegiatan spontan ajah ya karena memenuhi janji ke si dedek, selain itu melatih motoric halus ananda, latih kesabaran, sosialisasi dan kerjasama dan masih buanyak lagi deh pokoknya, yang kepikir bakalan kejadian kalo dah action ma nak kanak nih.

Bahan yang disiapkan : Kertas karton (lembaran buku gambar), pewarna makanan yang ada saja, sisir, sikat gigi bekas, air, isolasi kertas, gunting. Stelah alat dan bahan siap… kita sepakati mau bikin pola huruf A dan nama kakak IHAN… Tahap awal umi yang eksekusi bikin pola huruf A dan IHAN di atas kertas karton menggunakan Isolasi kertas (agar mudah dilepas saat warna sudah mengering). Kemudian kami siapkan warna jingga di mangkuk kecil diberi air sedikit. Langkah selanjutnya mencelupkan sikat pada air warna dan menggososkkan sikat pada sisir di atas kertas berpola huruf A. Kali ini giliran adek yang focus menyelesaikan pola huruf A. Tapi tetap saja kerjasama yak arena ternyata tangan kanan dan kiri belum terkoordinasi dengan baik ketika tangan kanan pegang sikat dan tangan kiri pegang sisir. Alhamdulillah saling membantu finishing pola huruf A. Setelah selesai kami menjemurnya. Sembari menunggu kering, giliran mas Ihan yang finishing pola IHAN dengan warna Hijau, Kuning, coklat dan biru. Haiii ternyata anak2 sukses mengenal dan membedakan warna. Yang paling seru karena mas Ihan suka banget mencampur warna jadilah warna yang “KEREN” demikian kata mas Ihan. Apasih yang bikin keren ternyata mas IHan suka warna campurannya seperti warna tentara (heeee ketahuan klo kecenderungannya kakak lebih pada hal2 yang sifatnya HEROIK). Lain Dengan adek Zaidan yang lebih suka warna cerah, makanya dia memilih warna jingga sebagai warna polanya. Selama proses mewarna dengan sisir dan sikat gigi, hasil cipratan warna dari sisir membuat mata duo jagoan ini berbinar2 (excited banget nih, seruuuu katanya^_^). Stelah kedua karya mongering, kita lepas perlahan tempelan selotip yang membentuk pola A dan IHAN tadi… jreng jreng… Woooow bagus ya mik kata anak2, aku suka. Hmmm apa lancar2 saja proses bikin karya ini??? Lancar dunk dengan banyak pernak pernik kegiatan diluar scenario, mulai dari melukis di lantai, bosan menggunakan sisir akhirnya diwarna menggunakan tisu dan adegan2 seru yang kadang juga bikin geregetan (wkwkwk sabar sabar).

Alhamdulillah menunaikan janji terpenuhi sekaligus menyenangkan hati ananda, ini merupakan kebahagiaan yang tak tergantikan dengan yang lain. Bonusnya tentunya tahap tumbuh kembang ananda terstimulasi dengan membuat karya ini. Sesuai dengan tujuan kegiatan diatas : latih motoric halus, kesabaran saat berproses (heeee biasalah anak2 gampang bosen) belum selesai sudah beralih lari2 ke kegiatan yang lain (catatan berarti kinestetik belum terpenuhin dengan belajar kali ini), pengenalan warna dan pencampurannya, kerjasama tim optimal termasuk kompak mengacaukan rumah (hahahaa).

Di akhir sesi sebagai bentuk tanggung jawab menjaga rumah… bersih2 lantai dengan tisu, beresin lantai kadang juga tambah kotor karena berebutan (hadeh… gemessss). Wes sabar sajalah… nikmati ada saat yang tepat untuk beres. Puaskan dulu anak2, termasuk keinginan untuk membantu berbenah. Next project semoga lebih seru lagi (heeee asal gak bikin tambah stress ajah dengan rumah yang kayak kapal pecah ^_^).

Solichati#25April2017

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP



FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Raihan Azmi 5y10m)
Tanggal
Aktivitas
Visual
Auditori
Kinestetik
Kesimpulan
21/4/2017
Telling Story dan praktek Adab2 Makan
Tatapan mata dan kehadiran yang bercerita selalu dibutuhkan kakak

Meminta membuka buku tentang adab2 makan Rosul (seri Amazzing)

Mendengarkan meski sesekali lebih fokus melihat gerak gerik saat umi cerita
Mengamati gerak gerik

Mempraktekkan tentang adab2 makan sambil menghafalkan hadis
Visual

Kinestetik
22/4/2017
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
Menatap video dan mencermati sesi demi sesi cerita

Mata tidak pernah beralih meski disekitarnya ada kegaduhan (suara umi dan adek)
Tidak menghiraukan kegaduhan disekitarnya

Merespon lama jika diajak umi berbicara (focus nonton euy)
ananda duduk tenang menyimak
Visual
23/4/2017
Murojaah Alqur’an
Membawa Alqur’an

Meminta diberikan tanda pada ayat yang dibaca
Mendengarkan ayat2 yang dibaca

Sambung ayat, melatih konsentrasi untuk mendengarkan dengan benar

Mendengarkan cerita atau arti dari ayat yang dihafalkan
Menhafal sambil bermain

Menghafal sambil lompat2 saat gilirannya melanjutkan ayat

Sambung ayat : perpindahan dari ayat ke ayat secara bergantian sbg bentuk perpindahan meski fisik tetap ditempat. Heee semacam lompat2 ayat tapi tetap urut yaaaa yang dibaca
Visual

Auditori

Kinestetik
25/4/2017
Kreasi “Tape Resist Painting”
Pengenalan macam2 warna

Pencampuran aneka warna

Pengenalan pola huruf A dan IHAN (namanya sendiri)
Selama berkegiatan ananda tidak banyak bersuara atau menunggu perintah sesuai prosedur
Mudah bosan duduk lama2 dengan satu kegiatan

Lari kesana kemari, akhirnya diberikan job untuk cuci alat, siapkan pewarna, jemur karya (heee semangat bgt klo dilibatkan bergerak pindah tempat)
Visual

Kinestetik


FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Zaidan Fahmi 3y4m)
Tanggal
Aktivitas
Visual
Auditori
Kinestetik
Kesimpulan
21/4/2017               
Telling Story dan praktek Adab2 Makan
Sesekali mengamati lawan bicara
Mengemukakan ide dengan verbal

Mengingatkan kakak dengan verbal

Banyak berbicara dan ikut menyambung cerita
-
Auditori
22/4/2017
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
Melihat video (tidak focus)

Mudah terganggu dengan lingkungan sekitar
Mencari2 sumber suara yang menyenangkan (lagu dari film yang ditonton)

Lebih tertarik dengan cerita langsung dari umi menjelaskan isi video nya

Antusias saat diajak bercerita tentang isi cerita

Duduk tenang menyimak (meski sesekali bergerak2 tanda bosan saat aktivitas hanya dominan melihat)
Auditori
23/4/2017
Murojaah Alqur’an
____________
Mendengarkan ayat2 yang dibaca

Sambung ayat, melatih konsentrasi untuk mendengarkan dengan benar

Mendengarkan cerita atau arti dari ayat yang dihafalkan
Menhafal sambil bermain

Menghafal sambil lompat2 saat gilirannya melanjutkan ayat

Sambung ayat : perpindahan dari ayat ke ayat secara bergantian sbg bentuk perpindahan meski fisik tetap ditempat. Heee semacam lompat2 ayat tapi tetap urut yaaaa yang dibaca
Auditori

Kinestetik
25/4/2017
Kreasi “Tape Resist Painting”
Pengenalan macam2 warna

Pencampuran aneka warna

Pengenalan pola huruf A dan IHAN (nama kakak)
Ananda Zaidan lebih banyak bicara saat bekerja, menyebutkan warna, urutan kegiatan, bahkan bernyanyi pelangi2 dan mengaji (heeee)
Sesekali tampak bosan dan ingin berpindah ke kegiatan lain. Tapi dia tipikal anak yang procedural. Akhirnya kembali melanjutkan selesaikan prakarya.
Visual

Auditori

Kinestetik









Tidak ada komentar:

Posting Komentar