BELAJAR WARNA DAN HURUF HIJAIYAH
Kamis
ceria... seperti itulah keceriaan ananda sejak pagi hingga sore hari. Sejak
pagi dedek Zaidan sudah berkutat dengan El-Hanna Busybag yang sudah beberapa
waktu tersimpan rapi di etalase. Heee kebayang deh kalo lagi mainan busybag
bakalan busy banget sampai rumah ikut busy menampung pernak pernik busybag.
Heee masih menjadi pembiasaan untuk tanggungjawab dan mandiri merapikan mainan.
Pagi hari,
kakak sedang sekolah, seperti biasa si dedek selalu ngikut kemanapun uminya
pergi dan bergerak (heee kayak ekor saja ya) inilah tingkah polah si kecil yang
sejak bangun tidur selalu nyari uminya. Yup kesibukan pagi hari di dapur si
kecil pun ikut sibuk dengan busybagnya. Kali ini bermain “Caterpilar” dengan warna warni manik2nya. Seneng banget nih anak
dengan mainan yang kecil2, motorik halusnya joss banget. Alhamdulillah di usia
menginjak 3 tahun 4 bulan, Zaidan sudah lulus mengenal semua jenis warna pokok
dan turunannya. Kali ini selain sibuk menghafal warna ananda juga lagi belajar
menghitung...sampai hitungan 10 sudah lancar meski kadang masih sering ada
angka yang tertinggal saat menghitung.
Dikesempatan
yang berbeda, siang dan sore hari stelah kakak pulang sekolah dan pulang
mengaji di sore hari, duo jagoan sibuk minta diajari huruf hijaiyah menggunakan
El Hanna busybag. Yang pertama kali pakai dek Zaidan...heeee bukan huruf
hijaiyah yang dibaca tapi lebih fokus menata dan mencocokkan warna dari huruf
hijaiyah. Heee tak apalah, umi yang baca si dedek yang pilih warna huruf
hijaiyahnya. Jadi pembelajaran masih fokus pada warna meski sesekali menirukan
bacaan huruf hijaiyah. Dengan gaya belajarnya yang dominan auditori si dedek
lebih tertarik kalo mendengarkan umi mengaji dengan lantunan nada. Langsung
otomatis ditirukan.
Lain lagi
dengan kakak Ihan yang sudah tak fokus pada pengenalan warna, si kakak lagi
hoby banget belajar mengenal huruf abjad dan hijaiyah. Dengan gaya belajarnya
yang dominan visual kinestetik, kakak lebih terarik jika hurufnya bergerak2
ya... heeee dengan El Hanna huruf yang dipindah2 sesuai harakatnya jadi menarik
baginya dan betah berlama lama belajar hijaiyah. Bahkan terkadang membuat pola
huruf abjad dan hijaiyah menggunakan barang2 yng ada drumah atau gerakan tubuh.
Unik sih sampai kadang uminya gak ngerti huruf apa yang dimaksud kakak. Pernah waktu
bangun pagi menyusun dua guling berjajar dan kakak terlentang di tengah2 guling
“Mik
ini huruf apa?” Aiih gak kepikir saya kalau anak ini ternyata bikin
huruf H (hahaha kreatif yaa..). Maka
kali ini pun kakak belajar membaca huruf Alif smp Dhot dengan 3 macam
harokat. Alhamdulillah lancar dan tidak bosan... sekaligus tebak2 an dia
sendiri yang mencari hurufnya.
Belajar
menyenangkan...Senang Belajar
Solichati#27April2017
#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP
FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Raihan
Azmi 5y10m)
Tanggal
|
Aktivitas
|
Visual
|
Auditori
|
Kinestetik
|
Kesimpulan
|
21/4/2017
|
Telling
Story dan praktek Adab2 Makan
|
Tatapan
mata dan kehadiran yang bercerita selalu dibutuhkan kakak
Meminta
membuka buku tentang adab2 makan Rosul (seri Amazzing)
|
Mendengarkan
meski sesekali lebih fokus melihat gerak gerik saat umi cerita
|
Mengamati
gerak gerik
Mempraktekkan
tentang adab2 makan sambil menghafalkan hadis
|
Visual
Kinestetik
|
22/4/2017
|
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
|
Menatap video dan mencermati sesi demi sesi cerita
Mata tidak pernah beralih meski disekitarnya ada kegaduhan (suara umi
dan adek)
|
Tidak menghiraukan kegaduhan disekitarnya
Merespon lama jika diajak umi berbicara (focus nonton euy)
|
ananda duduk tenang menyimak
|
Visual
|
23/4/2017
|
Murojaah Alqur’an
|
Membawa Alqur’an
Meminta diberikan tanda pada ayat yang dibaca
|
Mendengarkan ayat2 yang dibaca
Sambung ayat, melatih konsentrasi untuk mendengarkan dengan benar
Mendengarkan cerita atau arti dari ayat yang dihafalkan
|
Menhafal sambil bermain
Menghafal sambil lompat2 saat gilirannya melanjutkan ayat
Sambung ayat : perpindahan dari ayat ke ayat secara bergantian sbg
bentuk perpindahan meski fisik tetap ditempat. Heee semacam lompat2 ayat tapi
tetap urut yaaaa yang dibaca
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
25/4/2017
|
Kreasi “Tape Resist Painting”
|
Pengenalan macam2 warna
Pencampuran aneka warna
Pengenalan pola huruf A dan IHAN (namanya sendiri)
|
Selama berkegiatan ananda tidak banyak bersuara atau menunggu perintah
sesuai prosedur
|
Mudah bosan duduk lama2 dengan satu kegiatan
Lari kesana kemari, akhirnya diberikan job untuk cuci alat, siapkan
pewarna, jemur karya (heee semangat bgt klo dilibatkan bergerak pindah
tempat)
|
Visual
Kinestetik
|
26/4/2017
|
Menyiram tanaman
|
Melihat warna2 tanaman
Membedakan jenis dan bentuk tanaman
Mengenal basah dan kering, layu dan segar
|
Mendengarkan diskusi seputar tanaman dan alasan mengapa merawat
tanaman
Menjalankan instruksi dari uminya meski terkadang harus dibantu dengan
rangsangan visual
|
Memindahkan tanaman dari satu tempat ke tempat yang lain
Menyiram tanaman dengan berpindah tempat
Menggerakkan dan memainkan selang air
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
27/4/2017
|
Mengenal
Warna dan huruf Hijaiyah
|
Mengenal
bentuk huruf hijaiyah
Mengenal
harokat (Fathah,Kasroh,Dhoma)
|
Melafalkan
huruf dan bacaannya
(mendengar
dan menirukan)
|
Memindahkan
huruf hijaiyah dar harokat satu ke harokat yg lain
Memilih
huruf hijaiyah
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Zaidan
Fahmi 3y4m)
Tanggal
|
Aktivitas
|
Visual
|
Auditori
|
Kinestetik
|
Kesimpulan
|
||
21/4/2017
|
Telling
Story dan praktek Adab2 Makan
|
Sesekali
mengamati lawan bicara
|
Mengemukakan
ide dengan verbal
Mengingatkan
kakak dengan verbal
Banyak
berbicara dan ikut menyambung cerita
|
-
|
Auditori
|
||
22/4/2017
|
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
|
Melihat video (tidak focus)
Mudah terganggu dengan lingkungan sekitar
|
Mencari2 sumber suara yang menyenangkan (lagu dari film yang ditonton)
Lebih tertarik dengan cerita langsung dari umi menjelaskan isi video
nya
Antusias saat diajak bercerita tentang isi cerita
|
Duduk tenang menyimak (meski sesekali bergerak2 tanda bosan saat
aktivitas hanya dominan melihat)
|
Auditori
|
||
23/4/2017
|
Murojaah Alqur’an
|
____________
|
Mendengarkan ayat2 yang dibaca
Sambung ayat, melatih konsentrasi untuk mendengarkan dengan benar
Mendengarkan cerita atau arti dari ayat yang dihafalkan
|
Menhafal sambil bermain
Menghafal sambil lompat2 saat gilirannya melanjutkan ayat
Sambung ayat : perpindahan dari ayat ke ayat secara bergantian sbg
bentuk perpindahan meski fisik tetap ditempat. Heee semacam lompat2 ayat tapi
tetap urut yaaaa yang dibaca
|
Auditori
Kinestetik
|
||
25/4/2017
|
Kreasi “Tape Resist Painting”
|
Pengenalan macam2 warna
Pencampuran aneka warna
Pengenalan pola huruf A dan IHAN (nama kakak)
|
Ananda Zaidan lebih banyak bicara saat bekerja, menyebutkan warna,
urutan kegiatan, bahkan bernyanyi pelangi2 dan mengaji (heeee)
|
Sesekali tampak bosan dan ingin berpindah ke kegiatan lain. Tapi dia
tipikal anak yang procedural. Akhirnya kembali melanjutkan selesaikan
prakarya.
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
||
26/4/2017
|
Menyiram tanaman
|
Mengenal aneka warna tanaman
Membedakan jenis dan bentuk tanaman
Mengenal basah dan kering, layu dan segar
|
Banyak bertanya tentang tanaman, kanapa harus menyiram dll
Sering berbicara sendiri dan menyanyi saat menyiram tanaman
|
Menyiram tanaman dengan sering berpindah tempat
Menggerakkan selang air terkadang juga membuat hujan buatan (^_^)
Mencabut rumput
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
||
27/4/2017
|
Mengenal
warna dan huruf hijaiyah
|
Mengenal
warna manik2 caterpilar
Mengenal
warna huruf hijaiyah
|
Melafalkan
warna
Menghitung
dengan keras
Mendengar
dan menirukan bacaan huruf hijaiyah
Lebih suka
jika umi membacanya dengan lantunan lagu
|
Menghitung
manik2 caterpilar
Memindahkan
huruf hijaiyah sesuai harakat
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar