Sabtu, 29 April 2017

BELAJAR WARNA & HURUF HIJAIYAH#Day6

BELAJAR WARNA DAN HURUF HIJAIYAH

Kamis ceria... seperti itulah keceriaan ananda sejak pagi hingga sore hari. Sejak pagi dedek Zaidan sudah berkutat dengan El-Hanna Busybag yang sudah beberapa waktu tersimpan rapi di etalase. Heee kebayang deh kalo lagi mainan busybag bakalan busy banget sampai rumah ikut busy menampung pernak pernik busybag. Heee masih menjadi pembiasaan untuk tanggungjawab dan mandiri merapikan mainan.
Pagi hari, kakak sedang sekolah, seperti biasa si dedek selalu ngikut kemanapun uminya pergi dan bergerak (heee kayak ekor saja ya) inilah tingkah polah si kecil yang sejak bangun tidur selalu nyari uminya. Yup kesibukan pagi hari di dapur si kecil pun ikut sibuk dengan busybagnya. Kali ini bermain “Caterpilar” dengan warna warni manik2nya. Seneng banget nih anak dengan mainan yang kecil2, motorik halusnya joss banget. Alhamdulillah di usia menginjak 3 tahun 4 bulan, Zaidan sudah lulus mengenal semua jenis warna pokok dan turunannya. Kali ini selain sibuk menghafal warna ananda juga lagi belajar menghitung...sampai hitungan 10 sudah lancar meski kadang masih sering ada angka yang tertinggal saat menghitung.

Dikesempatan yang berbeda, siang dan sore hari stelah kakak pulang sekolah dan pulang mengaji di sore hari, duo jagoan sibuk minta diajari huruf hijaiyah menggunakan El Hanna busybag. Yang pertama kali pakai dek Zaidan...heeee bukan huruf hijaiyah yang dibaca tapi lebih fokus menata dan mencocokkan warna dari huruf hijaiyah. Heee tak apalah, umi yang baca si dedek yang pilih warna huruf hijaiyahnya. Jadi pembelajaran masih fokus pada warna meski sesekali menirukan bacaan huruf hijaiyah. Dengan gaya belajarnya yang dominan auditori si dedek lebih tertarik kalo mendengarkan umi mengaji dengan lantunan nada. Langsung otomatis ditirukan.
Lain lagi dengan kakak Ihan yang sudah tak fokus pada pengenalan warna, si kakak lagi hoby banget belajar mengenal huruf abjad dan hijaiyah. Dengan gaya belajarnya yang dominan visual kinestetik, kakak lebih terarik jika hurufnya bergerak2 ya... heeee dengan El Hanna huruf yang dipindah2 sesuai harakatnya jadi menarik baginya dan betah berlama lama belajar hijaiyah. Bahkan terkadang membuat pola huruf abjad dan hijaiyah menggunakan barang2 yng ada drumah atau gerakan tubuh. Unik sih sampai kadang uminya gak ngerti huruf apa yang dimaksud kakak. Pernah waktu bangun pagi menyusun dua guling berjajar dan kakak terlentang di tengah2 guling “Mik ini huruf apa?” Aiih gak kepikir saya kalau anak ini ternyata bikin huruf H (hahaha kreatif yaa..).  Maka kali ini pun kakak belajar membaca huruf Alif smp Dhot dengan 3 macam harokat. Alhamdulillah lancar dan tidak bosan... sekaligus tebak2 an dia sendiri yang mencari hurufnya.
Belajar menyenangkan...Senang Belajar

Solichati#27April2017

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP





FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Raihan Azmi 5y10m)
Tanggal
Aktivitas
Visual
Auditori
Kinestetik
Kesimpulan
21/4/2017
Telling Story dan praktek Adab2 Makan
Tatapan mata dan kehadiran yang bercerita selalu dibutuhkan kakak

Meminta membuka buku tentang adab2 makan Rosul (seri Amazzing)

Mendengarkan meski sesekali lebih fokus melihat gerak gerik saat umi cerita
Mengamati gerak gerik

Mempraktekkan tentang adab2 makan sambil menghafalkan hadis
Visual

Kinestetik
22/4/2017
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
Menatap video dan mencermati sesi demi sesi cerita

Mata tidak pernah beralih meski disekitarnya ada kegaduhan (suara umi dan adek)
Tidak menghiraukan kegaduhan disekitarnya

Merespon lama jika diajak umi berbicara (focus nonton euy)
ananda duduk tenang menyimak
Visual
23/4/2017
Murojaah Alqur’an
Membawa Alqur’an

Meminta diberikan tanda pada ayat yang dibaca
Mendengarkan ayat2 yang dibaca

Sambung ayat, melatih konsentrasi untuk mendengarkan dengan benar

Mendengarkan cerita atau arti dari ayat yang dihafalkan
Menhafal sambil bermain

Menghafal sambil lompat2 saat gilirannya melanjutkan ayat

Sambung ayat : perpindahan dari ayat ke ayat secara bergantian sbg bentuk perpindahan meski fisik tetap ditempat. Heee semacam lompat2 ayat tapi tetap urut yaaaa yang dibaca
Visual

Auditori

Kinestetik
25/4/2017
Kreasi “Tape Resist Painting”
Pengenalan macam2 warna

Pencampuran aneka warna

Pengenalan pola huruf A dan IHAN (namanya sendiri)
Selama berkegiatan ananda tidak banyak bersuara atau menunggu perintah sesuai prosedur
Mudah bosan duduk lama2 dengan satu kegiatan

Lari kesana kemari, akhirnya diberikan job untuk cuci alat, siapkan pewarna, jemur karya (heee semangat bgt klo dilibatkan bergerak pindah tempat)
Visual

Kinestetik
26/4/2017
Menyiram tanaman
Melihat warna2 tanaman

Membedakan jenis dan bentuk tanaman

Mengenal basah dan kering, layu dan segar
Mendengarkan diskusi seputar tanaman dan alasan mengapa merawat tanaman

Menjalankan instruksi dari uminya meski terkadang harus dibantu dengan rangsangan visual
Memindahkan tanaman dari satu tempat ke tempat yang lain

Menyiram tanaman dengan berpindah tempat

Menggerakkan dan memainkan selang air
Visual

Auditori

Kinestetik
27/4/2017
Mengenal Warna dan huruf Hijaiyah
Mengenal bentuk huruf hijaiyah

Mengenal harokat (Fathah,Kasroh,Dhoma)
Melafalkan huruf dan bacaannya
(mendengar dan menirukan)
Memindahkan huruf hijaiyah dar harokat satu ke harokat yg lain

Memilih huruf hijaiyah
Visual

Auditori

Kinestetik


FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Zaidan Fahmi 3y4m)
Tanggal
Aktivitas
Visual
Auditori
Kinestetik
Kesimpulan
21/4/2017               
Telling Story dan praktek Adab2 Makan
Sesekali mengamati lawan bicara
Mengemukakan ide dengan verbal

Mengingatkan kakak dengan verbal

Banyak berbicara dan ikut menyambung cerita
-
Auditori
22/4/2017
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
Melihat video (tidak focus)

Mudah terganggu dengan lingkungan sekitar
Mencari2 sumber suara yang menyenangkan (lagu dari film yang ditonton)

Lebih tertarik dengan cerita langsung dari umi menjelaskan isi video nya

Antusias saat diajak bercerita tentang isi cerita

Duduk tenang menyimak (meski sesekali bergerak2 tanda bosan saat aktivitas hanya dominan melihat)
Auditori
23/4/2017
Murojaah Alqur’an
____________
Mendengarkan ayat2 yang dibaca

Sambung ayat, melatih konsentrasi untuk mendengarkan dengan benar

Mendengarkan cerita atau arti dari ayat yang dihafalkan
Menhafal sambil bermain

Menghafal sambil lompat2 saat gilirannya melanjutkan ayat

Sambung ayat : perpindahan dari ayat ke ayat secara bergantian sbg bentuk perpindahan meski fisik tetap ditempat. Heee semacam lompat2 ayat tapi tetap urut yaaaa yang dibaca
Auditori

Kinestetik
25/4/2017
Kreasi “Tape Resist Painting”
Pengenalan macam2 warna

Pencampuran aneka warna

Pengenalan pola huruf A dan IHAN (nama kakak)
Ananda Zaidan lebih banyak bicara saat bekerja, menyebutkan warna, urutan kegiatan, bahkan bernyanyi pelangi2 dan mengaji (heeee)
Sesekali tampak bosan dan ingin berpindah ke kegiatan lain. Tapi dia tipikal anak yang procedural. Akhirnya kembali melanjutkan selesaikan prakarya.
Visual

Auditori

Kinestetik
26/4/2017
Menyiram tanaman
Mengenal aneka warna tanaman

Membedakan jenis dan bentuk tanaman

Mengenal basah dan kering, layu dan segar
Banyak bertanya tentang tanaman, kanapa harus menyiram dll

Sering berbicara sendiri dan menyanyi saat menyiram tanaman
Menyiram tanaman dengan sering berpindah tempat

Menggerakkan selang air terkadang juga membuat hujan buatan (^_^)

Mencabut rumput
Visual

Auditori

Kinestetik
27/4/2017
Mengenal warna dan huruf hijaiyah
Mengenal warna manik2 caterpilar

Mengenal warna huruf hijaiyah
Melafalkan warna

Menghitung dengan keras

Mendengar dan menirukan bacaan huruf hijaiyah

Lebih suka jika umi membacanya dengan lantunan lagu
Menghitung manik2 caterpilar

Memindahkan huruf hijaiyah sesuai harakat
Visual

Auditori

Kinestetik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar