BELAJAR BERSAMA HUJAN
Menjelang siang suasana langit
sedikit berubah nih dan masih sesuai kesepakatan rencana di awal. Sampai jam 2
tepat langsung ajah air dari langit turun bresssss.... WOOOW... seketika
berubah pikiran untuk mengajak anak2. Hmmm dirayu2 tetap saja duo jagoan ngeyel
mau ikut uminya... “Hujan le deras lagi anak2 drumah sama emak ya (nenek red).”
“Ikut saja mik kan sudah janji mau ngajak anak2 kalau hujan kan bisa pake
mantel. Aiihhhh.... nih anak cerdas banget. Okelah tapi berangkatnya gak perlu ijin kerumah nenek ya...alamat gak
boleh heee.
Siap2 dan cuss berangkat setelah
sholat ashar. Hmmm momen yang ditunggu anak2. Main hujan (heee) seneng banget
nih... Ritual doa keluar rumah dan naik kendaraan otomatis dilafalkan. Eiitt
kita kan mau jalan sayang bukan naik kendaraan, doa kita ganti doa ketika hujan
turun ya. Maka selama perjalanan pun kami belajar bersama alam. Berdoa...sesekali
bersenandung... bercerita tentang hujan dan barokahnya. Dan anak2 seneng tiada
terkira sampai dilokasi tempat umi mengaji. Alhamdulillah... “Enak ya mik,
hujan2”. Padahal dulu kakak paling antipati dengan yang namanya hujan dan
becek2... sekarang hmmm gak bisa dilarang. Dan tentunya si dedek Zaidan lah
motivatornya (heeee... duo jagoan nih grow up together). Gak kerasa bahwa
banyak sekali tahap tumbuh kembang kakak yang terlewat saat ditinggal umi
bekerja saat ini dikejar bersama saat umi membersamai dek Zaidan. Ya Rabb
jadikan duo jagoan sholeh ini saling melengkapi dan menguatkan dlm kebaikan dan
kebenaran. Aamiin.
“Tik tik tik
bunyi hujan diatas genting airnya turun tiada terkira...”
Solichati#28April2017
#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP
FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Raihan
Azmi 5y10m)
Tanggal
|
Aktivitas
|
Visual
|
Auditori
|
Kinestetik
|
Kesimpulan
|
21/4/2017
|
Telling
Story dan praktek Adab2 Makan
|
Tatapan
mata dan kehadiran yang bercerita selalu dibutuhkan kakak
Meminta
membuka buku tentang adab2 makan Rosul (seri Amazzing)
|
Mendengarkan
meski sesekali lebih fokus melihat gerak gerik saat umi cerita
|
Mengamati
gerak gerik
Mempraktekkan
tentang adab2 makan sambil menghafalkan hadis
|
Visual
Kinestetik
|
22/4/2017
|
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
|
Menatap video dan mencermati sesi demi sesi cerita
Mata tidak pernah beralih meski disekitarnya ada kegaduhan (suara umi
dan adek)
|
Tidak menghiraukan kegaduhan disekitarnya
Merespon lama jika diajak umi berbicara (focus nonton euy)
|
ananda duduk tenang menyimak
|
Visual
|
23/4/2017
|
Murojaah Alqur’an
|
Membawa Alqur’an
Meminta diberikan tanda pada ayat yang dibaca
|
Mendengarkan ayat2 yang dibaca
Sambung ayat, melatih konsentrasi untuk mendengarkan dengan benar
Mendengarkan cerita atau arti dari ayat yang dihafalkan
|
Menhafal sambil bermain
Menghafal sambil lompat2 saat gilirannya melanjutkan ayat
Sambung ayat : perpindahan dari ayat ke ayat secara bergantian sbg
bentuk perpindahan meski fisik tetap ditempat. Heee semacam lompat2 ayat tapi
tetap urut yaaaa yang dibaca
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
25/4/2017
|
Kreasi “Tape Resist Painting”
|
Pengenalan macam2 warna
Pencampuran aneka warna
Pengenalan pola huruf A dan IHAN (namanya sendiri)
|
Selama berkegiatan ananda tidak banyak bersuara atau menunggu perintah
sesuai prosedur
|
Mudah bosan duduk lama2 dengan satu kegiatan
Lari kesana kemari, akhirnya diberikan job untuk cuci alat, siapkan
pewarna, jemur karya (heee semangat bgt klo dilibatkan bergerak pindah
tempat)
|
Visual
Kinestetik
|
26/4/2017
|
Menyiram tanaman
|
Melihat warna2 tanaman
Membedakan jenis dan bentuk tanaman
Mengenal basah dan kering, layu dan segar
|
Mendengarkan diskusi seputar tanaman dan alasan mengapa merawat
tanaman
Menjalankan instruksi dari uminya meski terkadang harus dibantu dengan
rangsangan visual
|
Memindahkan tanaman dari satu tempat ke tempat yang lain
Menyiram tanaman dengan berpindah tempat
Menggerakkan dan memainkan selang air
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
27/4/2017
|
Mengenal
Warna dan huruf Hijaiyah
|
Mengenal
bentuk huruf hijaiyah
Mengenal
harokat (Fathah,Kasroh,Dhoma)
|
Melafalkan
huruf dan bacaannya
(mendengar
dan menirukan)
|
Memindahkan
huruf hijaiyah dar harokat satu ke harokat yg lain
Memilih
huruf hijaiyah
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
28/4/2017
|
Belajar
Bersama Hujan
|
Melihat
bentuk air hujan
Seksama mengamati
jalanan sekitar saat hujan, tanah yang becek
|
Mendengarkan
gemericik air hujan
Lebih
banyak diam dan mengamati bahkan sesekali saat dipanggil umi juga tidak
menghiraukan
|
Menyentuh
air hujan
Membuat
cipratan air hujan dengan hentakan kaki
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Zaidan
Fahmi 3y4m)
Tanggal
|
Aktivitas
|
Visual
|
Auditori
|
Kinestetik
|
Kesimpulan
|
||
21/4/2017
|
Telling
Story dan praktek Adab2 Makan
|
Sesekali
mengamati lawan bicara
|
Mengemukakan
ide dengan verbal
Mengingatkan
kakak dengan verbal
Banyak
berbicara dan ikut menyambung cerita
|
-
|
Auditori
|
||
22/4/2017
|
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
|
Melihat video (tidak focus)
Mudah terganggu dengan lingkungan sekitar
|
Mencari2 sumber suara yang menyenangkan (lagu dari film yang ditonton)
Lebih tertarik dengan cerita langsung dari umi menjelaskan isi video
nya
Antusias saat diajak bercerita tentang isi cerita
|
Duduk tenang menyimak (meski sesekali bergerak2 tanda bosan saat
aktivitas hanya dominan melihat)
|
Auditori
|
||
23/4/2017
|
Murojaah Alqur’an
|
____________
|
Mendengarkan ayat2 yang dibaca
Sambung ayat, melatih konsentrasi untuk mendengarkan dengan benar
Mendengarkan cerita atau arti dari ayat yang dihafalkan
|
Menhafal sambil bermain
Menghafal sambil lompat2 saat gilirannya melanjutkan ayat
Sambung ayat : perpindahan dari ayat ke ayat secara bergantian sbg
bentuk perpindahan meski fisik tetap ditempat. Heee semacam lompat2 ayat tapi
tetap urut yaaaa yang dibaca
|
Auditori
Kinestetik
|
||
25/4/2017
|
Kreasi “Tape Resist Painting”
|
Pengenalan macam2 warna
Pencampuran aneka warna
Pengenalan pola huruf A dan IHAN (nama kakak)
|
Ananda Zaidan lebih banyak bicara saat bekerja, menyebutkan warna,
urutan kegiatan, bahkan bernyanyi pelangi2 dan mengaji (heeee)
|
Sesekali tampak bosan dan ingin berpindah ke kegiatan lain. Tapi dia
tipikal anak yang procedural. Akhirnya kembali melanjutkan selesaikan
prakarya.
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
||
26/4/2017
|
Menyiram tanaman
|
Mengenal aneka warna tanaman
Membedakan jenis dan bentuk tanaman
Mengenal basah dan kering, layu dan segar
|
Banyak bertanya tentang tanaman, kanapa harus menyiram dll
Sering berbicara sendiri dan menyanyi saat menyiram tanaman
|
Menyiram tanaman dengan sering berpindah tempat
Menggerakkan selang air terkadang juga membuat hujan buatan (^_^)
Mencabut rumput
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
||
27/4/2017
|
Mengenal
warna dan huruf hijaiyah
|
Mengenal
warna manik2 caterpilar
Mengenal
warna huruf hijaiyah
|
Melafalkan
warna
Menghitung
dengan keras
Mendengar
dan menirukan bacaan huruf hijaiyah
Lebih suka
jika umi membacanya dengan lantunan lagu
|
Menghitung
manik2 caterpilar
Memindahkan
huruf hijaiyah sesuai harakat
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
||
28/4/2017
|
Belajar
Bersama Hujan
|
Melihat
bentuk air hujan
Seksama
mengamati jalanan sekitar saat hujan, tanah yang becek
|
Banyak
berbicara dan bertanya tentang hujan, tanah yang basah daun yng basah suara
geledek dll
|
Menyentuh
air hujan
Membuat
cipratan air hujan dengan hentakan kaki
|
Visual
Auditori
Kinestetik
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar