DONGENG SEBELUM TIDUR
“KISAH NABI NUH”
Hari ini mungkin lebih tepatnya malam ini
(Sabtu,22 April 2017) seperti biasanya kegiatan rutin kami menjelang tidur
malam…bercerita. Kali ini selepas umi mengerjakan beberapa tugas, Alhamdulillah
ketemu waktu yang pas untuk bercerita. Memanfaatkan waktu kurleb 60 menit jatah
anak2 boleh pinjam tab abiya (jatah hari ini heeee) kami gunakan untuk belajar
tentang kisah Nabi dengan media Video Kisah Nabi Nuh. Kenapa kami pilih Nabi
Nuh…Yup ini adalah kisah diantara sekian kisah para Nabi yang paling digemari
anak2 karena bahteranya alias kapal
besar yang berhasil dirakit oleh Nabi Nuh dan para pengikutnya. Alat Transportasi
tetap menjadi topic dengan rating teratas dalam permainan dan pembelajaran duo
jagoan saya.
Spontanitas pembelajaran kami mulai dengan
basmalah… belajar dengan latar tempat tidur sebenarnya membuat mata ini terbawa
suasana untuk terpejam (hihihi). Heeee nahan dulu, kesempatan emas bisa
menemani ananda setelah rangkaian kesibukan yang tidak ada habisnya. Mengapa
kamar tidur menjadi pilihan, heee karena lagi banyak sanak saudara yang sedang
istirahat malam. Jadi diskusi seru malam ini kami habiskan di kamar sajalah piker
saya, dan anak2 sepakat.
Ssstttttt…. Setelah cari2 video yang pas
akhirnya kami bertiga melotot melihat Video kisah Nabi Nuh… Hmmmm saatnya
beraksi mendokumentasikan gaya belajar ananda. 15 menit pertama, duo jagoan
lagi khusyuk menyimak, terutama si kakak ya, kedua bola matanya tak bergeser
sedikitpun dari layar video. Menikmati cerita tanpa suara gaduh dan gerakan
fisik (posisi wuenak nih kayaknya ^_^). Tapi lain lagi ceritanya nih sama si
Dek Zaidan, hmmm badannya gerak2 melulu, wajah gak sumringah banget gak seperti
biasanya. Hmmm ada apakah gerangan?? Hahaha karena videonya no music (jeng jeng
jeng…). Heeee daripada mengganggu si kakak yang lagi konsentrasi tingkat dewa
akhirnya saya berimprovisasi khusus untuk dek Zaidan. Saya dendangkan lagu
khusus tentang cerita Nabi Nuh “Nabi Nuh Nabi Allah…Ratusan tahun usianya…Berdakwah
tak kenal lelah walau sedikit pengikutnya….dst heee meski umi kesulitan
terus ngingetin lirik lagunya, heeee ekspresi Zaidan mulai berubah “Ceria”
dengan mata tengok umi dan video bergantian. Selama menonton Zaidan lebih antusias
jika disertai dengan cerita langsung dari uminya. Meski sebenarnya dari video
pun sudah ada, hmmm mungkin suara uminya lebih merdu kali yaaaa (hahaha). Eit
selama nonton masih ada yang tidak berkedip dan bergerser matanya dari video,
meski umi dan adek bercerita sendiri dengan suara yang agak keras, tetap saja
mata kakak tidak bergeming menatap sesi demi sesi cerita (observer ulung).
Setidaknya sesuai kesepakatan sampai batas
waktu 60 menit kita mengguankan HP abi, kita akhiri juga nonton nya. Dengan
berat hati anak2 berpisah dengan HP (heee) karena sesuai janji akhirnya merekapun
merelakan. Di akhir sesi kita diskusi sebentar seputar hikmah KIsah Nabi Nuh.
Yang tertangkap oleh anak2 saya gali dalam waktu singkat. Heeee poinnya biar
tak hanya sekedar nonton tapi harus sharing ilmu. Si dedek yang duluan nyeletuk…
“Kita gak boleh
nyembah patung kayak orang2 tadi, kapal nabi Nuh bagus ya mik besar bisa
melawan banjir. Aku mau kapal besar” ^_^. Si kakak manggut2 lihat
adeknya cerita. Hmmm jangan ditanya soal menyusun kalimat saat dialog, Zaidan
jago banget mengungkapkan secara verbal dengan susunan S-P-O-K (heeee). Lain
lagi dengan si kakak… apa yang tertangkap olehnya?? Dia nambahin cerita adek “Aku mau jadi sholeh
biar dikasih kekuatan sama Allah, klo gak sholeh dihukum (Aiiihhhh), kayak tadi
ada yang kena banjir. Tapi lagi suka truk mi… besok aku mau gambar truk saja
ya, gak gambar kapal nabi Nuh. Boleh?” begitulah gaya kakak Ihan
menyampaikan sesuatu, tidak sebaik adeknya dalam mengungkapkan secara verbal,
dia lebih hoby menuangkan idenya dalambentuk gambar ya…
Alhamdulillah…terimakasih anak2 sholeh sdh
sabar untuk belajar mala mini. Bubuk dulu yuk, besok kita lanjutkan
beraktivitas lagi. Kertas kosong buat kakak umi siapkan besok yaaa…
Solichati#22April2017
#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP
FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Raihan
Azmi 5y10m)
Tanggal
|
Aktivitas
|
Visual
|
Auditori
|
Kinestetik
|
Kesimpulan
|
21/4/2017
|
Telling Story dan praktek Adab2 Makan
|
Tatapan mata dan kehadiran yang bercerita selalu
dibutuhkan kakak
Meminta membuka buku tentang adab2 makan Rosul (seri
Amazzing)
|
Mendengarkan meski sesekali lebih fokus melihat
gerak gerik saat umi cerita
|
Mengamati gerak gerik
Mempraktekkan tentang adab2 makan sambil
menghafalkan hadis
|
Visual
Kinestetik
|
22/4/2017
|
Telling Story “Kisah
Nabi Nuh”
|
Menatap video dan
mencermati sesi demi sesi cerita
Mata tidak pernah
beralih meski disekitarnya ada kegaduhan (suara umi dan adek)
|
Tidak menghiraukan
kegaduhan disekitarnya
Merespon lama jika
diajak umi berbicara (focus nonton euy)
|
ananda duduk tenang
menyimak
|
Visual
|
FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Zaidan
Fahmi 3y4m)
Tanggal
|
Aktivitas
|
Visual
|
Auditori
|
Kinestetik
|
Kesimpulan
|
21/4/2017
|
Telling Story dan praktek Adab2 Makan
|
Sesekali mengamati lawan bicara
|
Mengemukakan ide dengan verbal
Mengingatkan kakak dengan verbal
Banyak berbicara dan ikut menyambung cerita
|
-
|
Auditori
|
22/4/2017
|
Telling Story “Kisah
Nabi Nuh”
|
Melihat video
(tidak focus)
Mudah terganggu
dengan lingkungan sekitar
|
Mencari2 sumber
suara yang menyenangkan (lagu dari film yang ditonton)
Lebih tertarik
dengan cerita langsung dari umi menjelaskan isi video nya
Antusias saat
diajak bercerita tentang isi cerita
|
Duduk tenang
menyimak (meski sesekali bergerak2 tanda bosan saat aktivitas hanya dominan
melihat)
|
Auditori
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar