Minggu, 23 April 2017

GAYA BELAJAR ANAK#Day2



DONGENG SEBELUM TIDUR
“KISAH NABI NUH”

Hari ini mungkin lebih tepatnya malam ini (Sabtu,22 April 2017) seperti biasanya kegiatan rutin kami menjelang tidur malam…bercerita. Kali ini selepas umi mengerjakan beberapa tugas, Alhamdulillah ketemu waktu yang pas untuk bercerita. Memanfaatkan waktu kurleb 60 menit jatah anak2 boleh pinjam tab abiya (jatah hari ini heeee) kami gunakan untuk belajar tentang kisah Nabi dengan media Video Kisah Nabi Nuh. Kenapa kami pilih Nabi Nuh…Yup ini adalah kisah diantara sekian kisah para Nabi yang paling digemari anak2 karena bahteranya alias kapal besar yang berhasil dirakit oleh Nabi Nuh dan para pengikutnya. Alat Transportasi tetap menjadi topic dengan rating teratas dalam permainan dan pembelajaran duo jagoan saya.

Spontanitas pembelajaran kami mulai dengan basmalah… belajar dengan latar tempat tidur sebenarnya membuat mata ini terbawa suasana untuk terpejam (hihihi). Heeee nahan dulu, kesempatan emas bisa menemani ananda setelah rangkaian kesibukan yang tidak ada habisnya. Mengapa kamar tidur menjadi pilihan, heee karena lagi banyak sanak saudara yang sedang istirahat malam. Jadi diskusi seru malam ini kami habiskan di kamar sajalah piker saya, dan anak2 sepakat.
Ssstttttt…. Setelah cari2 video yang pas akhirnya kami bertiga melotot melihat Video kisah Nabi Nuh… Hmmmm saatnya beraksi mendokumentasikan gaya belajar ananda. 15 menit pertama, duo jagoan lagi khusyuk menyimak, terutama si kakak ya, kedua bola matanya tak bergeser sedikitpun dari layar video. Menikmati cerita tanpa suara gaduh dan gerakan fisik (posisi wuenak nih kayaknya ^_^). Tapi lain lagi ceritanya nih sama si Dek Zaidan, hmmm badannya gerak2 melulu, wajah gak sumringah banget gak seperti biasanya. Hmmm ada apakah gerangan?? Hahaha karena videonya no music (jeng jeng jeng…). Heeee daripada mengganggu si kakak yang lagi konsentrasi tingkat dewa akhirnya saya berimprovisasi khusus untuk dek Zaidan. Saya dendangkan lagu khusus tentang cerita Nabi Nuh “Nabi Nuh Nabi Allah…Ratusan tahun usianya…Berdakwah tak kenal lelah walau sedikit pengikutnya….dst heee meski umi kesulitan terus ngingetin lirik lagunya, heeee ekspresi Zaidan mulai berubah “Ceria” dengan mata tengok umi dan video bergantian. Selama menonton Zaidan lebih antusias jika disertai dengan cerita langsung dari uminya. Meski sebenarnya dari video pun sudah ada, hmmm mungkin suara uminya lebih merdu kali yaaaa (hahaha). Eit selama nonton masih ada yang tidak berkedip dan bergerser matanya dari video, meski umi dan adek bercerita sendiri dengan suara yang agak keras, tetap saja mata kakak tidak bergeming menatap sesi demi sesi cerita (observer ulung).

Setidaknya sesuai kesepakatan sampai batas waktu 60 menit kita mengguankan HP abi, kita akhiri juga nonton nya. Dengan berat hati anak2 berpisah dengan HP (heee) karena sesuai janji akhirnya merekapun merelakan. Di akhir sesi kita diskusi sebentar seputar hikmah KIsah Nabi Nuh. Yang tertangkap oleh anak2 saya gali dalam waktu singkat. Heeee poinnya biar tak hanya sekedar nonton tapi harus sharing ilmu. Si dedek yang duluan nyeletuk… “Kita gak boleh nyembah patung kayak orang2 tadi, kapal nabi Nuh bagus ya mik besar bisa melawan banjir. Aku mau kapal besar” ^_^. Si kakak manggut2 lihat adeknya cerita. Hmmm jangan ditanya soal menyusun kalimat saat dialog, Zaidan jago banget mengungkapkan secara verbal dengan susunan S-P-O-K (heeee). Lain lagi dengan si kakak… apa yang tertangkap olehnya?? Dia nambahin cerita adek “Aku mau jadi sholeh biar dikasih kekuatan sama Allah, klo gak sholeh dihukum (Aiiihhhh), kayak tadi ada yang kena banjir. Tapi lagi suka truk mi… besok aku mau gambar truk saja ya, gak gambar kapal nabi Nuh. Boleh?” begitulah gaya kakak Ihan menyampaikan sesuatu, tidak sebaik adeknya dalam mengungkapkan secara verbal, dia lebih hoby menuangkan idenya dalambentuk gambar ya…
Alhamdulillah…terimakasih anak2 sholeh sdh sabar untuk belajar mala mini. Bubuk dulu yuk, besok kita lanjutkan beraktivitas lagi. Kertas kosong buat kakak umi siapkan besok yaaa…

Solichati#22April2017

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP

FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Raihan Azmi 5y10m)
Tanggal
Aktivitas
Visual
Auditori
Kinestetik
Kesimpulan
21/4/2017
Telling Story dan praktek Adab2 Makan
Tatapan mata dan kehadiran yang bercerita selalu dibutuhkan kakak

Meminta membuka buku tentang adab2 makan Rosul (seri Amazzing)

Mendengarkan meski sesekali lebih fokus melihat gerak gerik saat umi cerita
Mengamati gerak gerik

Mempraktekkan tentang adab2 makan sambil menghafalkan hadis
Visual

Kinestetik
22/4/2017
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
Menatap video dan mencermati sesi demi sesi cerita

Mata tidak pernah beralih meski disekitarnya ada kegaduhan (suara umi dan adek)
Tidak menghiraukan kegaduhan disekitarnya

Merespon lama jika diajak umi berbicara (focus nonton euy)
ananda duduk tenang menyimak
Visual

FORM PENGAMATAN GAYA BELAJAR ANAK (M. Zaidan Fahmi 3y4m)
Tanggal
Aktivitas
Visual
Auditori
Kinestetik
Kesimpulan
21/4/2017               
Telling Story dan praktek Adab2 Makan
Sesekali mengamati lawan bicara
Mengemukakan ide dengan verbal

Mengingatkan kakak dengan verbal

Banyak berbicara dan ikut menyambung cerita
-
Auditori
22/4/2017
Telling Story “Kisah Nabi Nuh”
Melihat video (tidak focus)

Mudah terganggu dengan lingkungan sekitar
Mencari2 sumber suara yang menyenangkan (lagu dari film yang ditonton)

Lebih tertarik dengan cerita langsung dari umi menjelaskan isi video nya

Antusias saat diajak bercerita tentang isi cerita

Duduk tenang menyimak (meski sesekali bergerak2 tanda bosan saat aktivitas hanya dominan melihat)
Auditori


Tidak ada komentar:

Posting Komentar