Selasa, 09 Januari 2018

Day3#Level11#AKU LAKI2

AKU LAKI-LAKI

Memiliki duo jagoan diusia yang tidak berbeda jauh setidaknya memiliki fase yang sama untuk beberapa tahap tumbuh kembang, meski tak boleh selalu disamakan karena masing2 anak itu unik, terkadang kebutuhan belajar dan stimulasi tumbuh kembangnya pun berbeda. Kakak Ihan diusia 6,5 tahun dan kakak Zaidan di usia 4 tahun.
Mengikuti pula diskusi kelompok 2 yang seru dengan berbagai permasalahan dan tantangan yang ada saat ini. Lagi2 belajar tentang fitrah seksualitas yang harus ditumbuhkan dengan baik agar anak2 tumbuh dengan baik sesuai dengan fitrah yang sudah dititipkan Allah pada diri mereka masing2.

Memiliki duo jagoan diusia ini memang harus lebih banyak dekat dengan kedua orang tua. Sesekali kakak Ihan protes jika waktu sholat tiba mengapa adek tidak ikut sholat di mushola. Bukannya adek juga laki2. Untuk saat umik hanya bisa menyampaikan jika adek Zaidan belum siap mengikuti cara sholat dengan baik di mushola, jadi untuk sementara waktu Zaidan selalu sholat dirumah dengan umik. Maka kami pun akan berbagi peran, abi selalu berusaha mencotohkan sholat awal waktu di mushola bersama kakak Ihan dan umik sholat dirumah bersama kakak Zaidan. Kami mengupayakan adzan menjelang waktu sholat menjadi hal yang membuat kami bahagia menyambutnya sehingga ananda tidak merasa bahwa sholat adalah beban yang berat.

Ananda juga sering menanyakan mengapa laki-laki sholat di mushola sedangkan perempuan (umik) dirumah… hmmm penjelasan yang kadang tidak mudah bagi kami. Menjelaskan dengan hadis pun kadang masih membuat ananda bertanya2 mengapa dan mengapa??... Bahkan sesekali ananda membuat keputusan sendiri antara mau sholat di mushola dengan pahala yang banyak atau mau sholat di rumah dengan pahala 1. Okelah untuk saat ini kami hanya ingin membangun imaji positif tentang ibadah tanpa harus membeni ananda. Alhamdulillahs ejauh ini ananda sangat menikmati kegiatan sholat dengan cara yang ia pahami. Semoga Allah menjadikan anak dan keturunan ini menjadi ahli sholat… Aamiin

Masyaallah betapa tidak mudah mendidik anak2 ini, semoga Allah menguatkan langkah untuk senantiasa memantaskan diri. Aamiin

Solichati,7/1/2018

#Day3
#Tantangan10Hari
#Level11
#KuliahBunsayIIP
#MembangkitkanFitrahSeksualitasAnak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar