Selasa, 07 Januari 2020

Jurnal 3 Buncek #ILMU & CARA BELAJAR


ILMU ADALAH MENU, PILIH SESUAI KEBUTUHAN

Setelah pekan lalu mencoba menggali keterampilan apa saja yang saya butuhkan untuk mengisi tangki bahagia di ranah suka dan bisa. Saatnya pekan ini mencoba menggali ilmu-ilmu apa saja yang saya butuhkan untuk mengasah atau melejitkan keterampilan yang sudah ditentukan di pekan sebelumnya. Banyak sekali ilmu berhamburan di sekililing, bahkan menggoda diri untuk mencoba semuanya, mencicipi semuanya, dan ternyata semua ilmu itu sambal lalu saja. Tidak ada yang kita praktekkan dengan bahagia, atau bahkan membuat kita bahagia setelah mempraktekkannya. Bukankah prioritas kita belajar itu adalah bahagia atau bahagia banget ya. Oke saatnya pilah-pilah lagi bahwa tidak semua ilmu harus dikuasai dalam satu waktu. Maka penting banget membuat prioritas ilmu yang akan kita pelajari, target waktu, sumber ilmu dan bagaimana cara belajar kita agar ilmu terserap dengan optimal. Ibarat Ulat maka ia akan mencari makanan dengan menu yang terbaik.

Sejatinya Pendidikan itu membuat diri kita MERDEKA. Merdeka dalam arti kata Independence (tidak tergantung), bukan freedom (kebebasan). Kita berhak merdeka memilih ilmu yang membuat diri kita tumbuh dan berkembang sesuai diri kita dan kita bias membuat perubahan dari sisi yang sesuai dengan kita. Maka ilmu yang ada kita jadikan sebagai referensi dan menerapkannya sesuai kebutuhan yang cocok dengan diri dan keluarga kita. Maka tak perlu membandingkan pilihan ilmu dan capaian kita dengan orang lain. Keberhasilan Merdeka dalam belajar itu bias dipengaruhi oleh :
1.       Komitmen pada tujuan
2.       Mandiri pada cara belajar yang tepat
3.       Melakukan refleksi diri. Adakah perubahan pada diri kita setelah menerima ilmu. Apa yang harus kita praktekkan agar ada perubahan pada diri kita.

Melihat kembali telur-telur merah dengan ketrampilan yang sudah saya tentukan, mencoba untuk menyusun ilmu yang akan saya pelajari :

KETERAMPILAN
TUJUAN (STRONG WHY?)
ILMU YANG DIPERLUKAN
  • 1.       Membaca dan Paham buku dengan cepat
  • 2.       Manajemen waktu dan emosi
  • 3.       Komunikasi produktif + Publik
  • 4.       Mendidik Anak
  • 5.       Teknik Beberes/Merapikan efektif efisien

Membaca buku dengan cepat dan paham akan memudahkan saya untuk memenuhi referensi belajar saya dari buku yang saya butuhkan.

Dengan manajemen waktu dan emosi yang baik, saya bias menunaikan peran menjadi perempuan, istri dan ibu yang bahagia

Komunikasi produktif sangat saya butuhkan untuk menunaikan amanah dengan bahagia, baik ketika berinteraksi dengan suami, anak-anak, maupun orang lain

Keterampilan komunikasi public saya butuhkan untuk optimal ketika menjalankan peran kemasyarakatan saat berinteraksi dengan orang lain, transfer ilmu pada orang lain dan sebagainya.

Ilmu seputar mendidik anak adalah tanggung jawab utama saya sebagai ibu, maka memperdalam ilmu terkait akan sangat membantu menunaikan amanah dengan optimal





Sumber kebahagiaan saya salah satunya adalah ketika rumah rapi dan bersih, maka mendalami ilmu untuk mengisi tangka kebahagiaan harus saya lakukan

-Teknik baca buku cepat
-teknik merangkum buku dengan efektif efisien
-cara membuat review buku


-manajemen waktu
-menata emosi
-positiv thinking
-menjadi ibu bahagia
-menjadi istri bahagia

-teknik komunikasi produktif
-komunikasi produktif pada pasangan
-komunikasi produktif pada anak
-komunikasi produktif pada orang lain








-Pendidikan anak dalam Islam
-Mendidik anak laki-laki
-Mendidik anak perempuan
-merawat fitrah anak laki—laki
-merawat fitrah anak perempuan
-mengenali minat dan bakat anak

-teknik beberes dan rapi
-Konmari
-Gemar Rapi
SUMBER ILMU
CARA BELAJAR
-buku sesuai dengan keilmuan di atas
-seminar parenting (FBE, Pandu 45, Tallent Mapping)
-Praktek di lapangan sesuai dengan keilmuan di atas.

-Membaca buku teks/referensi
-Mengikuti workshop terkait
-Mengikuti Kuliah Online
-Mengikuti seminar terkait
-Mempratekkan ilmu yang di dapat untuk menambah jam terbang

Maka 5 keilmuan prioritas (TELUR ORANYE) yang saya ambil antara lain :
1.       Manajemen Waktu dan Emosi
2.       Komunikasi Produktif
3.       Pendidikan Anak dalam Islam
4.       Bahagia membaca dan Menulis Buku
5.       Metode Beberes dan Rapi (Gemar Rapi)

*****************
Solichati, 7 Januari 2020

#janganlupabahagia
#Jurnalmingguke3
#materi3
#kelastelurtelur
#bundacekatan1
#institutibuprofesional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar