Senin, 20 Januari 2020

Jurnal 1 Kelas Ulat-Ulat #MENU MAKANKU


INI MAKANANKU

Alhamdulillah aku telah menetas dari telur-telurku, memasuki fase ulat-ulat. Menjadi ulat dengan tantangan bertahan hidup dengan memilih makanan sesuai kebutuhan. Memasuki hutan ilmu pengetahuan, tentu menjadi tantangan tersendiri ketika harus mengambil makanan secukupnya. Makan ketika lapar dan berhenti sebelum kekenyangan. Mudah gak sih?? Hahaha ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Bagaimana bisa? Ya setelah melihat banyak sekali potluck yang dibagikan oleh teman-teman belajar membuat diri semakin lapar dan seolah ingin mencicipi dan mengunyah semuanya. Eh kok ini bagus juga, eh yang ini juga, tuh kan semua ilmu yang disuguhkan tampak bagus dan penting. Oke kembali lagi ke peta belajar yang sudah dibuat agar belajar tetap bias diarahkan sesuai peta belajar.

Welcome to the jungle of knowledge. Godaan besar hutan ilmu pengetahuan ini mungkin bisa membuat tersesat. Kembali ke peta belajar adalah sebuah keharusan. Tapi harus diyakini bahwa tersesat belajar di hutan ilmu pengetahuan adalah rahmat Allah agar kita tidak terkungkung pada label ranah bisa dan suka yang sudah kita tentukan. Membuka semua kemungkinan untuk mencicipi ilmu dan aktivitas sebagai salah satu cara mengkonfirmasi kekuatan diri. Dari sini saya juga belajar untuk menentukan prioritas, mana ilmu yang harus saya pelajari dulu dan mana yang harus dipelajari di waktu lain.

Masih dalam upaya mengenali diri dan potensi diri, pekan pertama ini saya sedang menggali aktivitas suka dan bisa yang paling membuat saya Bahagia menjalaninya. Kali ini prioritas yang saya ambil adalah belajar tentang adab sebelum menuntut ilmu dan Teknik beberes dan merapikan rumah.


INI MAKANANKU
(Panduan 2)

Namaku                  : Solichati
NIM                           : 3119331355
Topik Belajarku : Adab Menuntut Ilmu

Minggu ini aku mendapatkan sumber ilmu : (judul dan sumber)

Ta’alimul Muta’allim (Pentingnya Adab Sebelum Ilmu)
Karya Imam Az-Zarnuji. Cetakan ke IV Juli 2019. Penerbit Aqwam.

Setelah aku belajar ada satu hal menarik yang aku dapatkan yaitu :

Buku ini mengupas banyak hal yang menjadi adab dalam menuntut ilmu. Hal yang pertama adalah tentang bab meluruskan niat agar belajar ini tidak menjadi sia-sia. Adab dalam menuntut ilmu adalah jalan meraih keberkahan, maka menjadi sebuah keharusan agar ilmu yang dipelajari memberi manfaat dan keberkahan dengan menunaikan adab-adab nya :
1.       Meluruskan niat saat belajar
2.       Memilih ilmu, guru dan sabar dalam belajar
3.    Menghormati ilmu dan ahli ilmu
4.       Giat, rajin dan semangat
5.       Memulai belajar, menentukan ukuran dan urutan (prioritas)
6.       Bertawakkal
Dan masih banyak yang laiinya

Aku memutuskan untuk belajar dari sumber ilmu ini karena :

Menu ini yang saya lahap pertama kali, karena sebagai pengingat bagi saya tentang pentingnya adab sebelum ilmu untuk meraih keberkahan dari ilmu yang saya pelajari.

Rekomendasiku untuk teman-teman tentang sumber ilmu ini :

Buku ini layak dibaca oleh para penuntut ilmu, sebagai pegangan agar menunaikan adab saat menuntut ilmu. Dan tidak tergoda oleh ilmu yang bertebaran di era digital dengan bebas, kita bisa akses dengan mudah sehingga terkadang kita melupakan adab untuk meraih keberkahannya.


INI MAKANANKU
(Panduan 2)

Namaku                  : Solichati
NIM                           : 3119331355
Topik Belajarku : Rumah Rapi dan Bersih

Minggu ini aku mendapatkan sumber ilmu : (judul dan sumber)

The Life-Changing Magic of Tidying Up
Penulis : Marie Kondo

Konmari Mengubah Hidupku
Penulis : Khoirun Nikmah

Setelah aku belajar ada satu hal menarik yang aku dapatkan yaitu :

Seni Beres-Beres dan Metode Merapikan ala Jepang mungkin mendengarnya saja sudah tampak berpikir tentang kesulitan menerapkannya. Tapi setelah membacanya memberikan semangat pada saya bahwa dengan menerapkan beres dan rapi mampu mengubah hidup kita. Masih penasaran juga sih sebenarnya seperti apa KEAJAIBAN BERBENAH yang akan didapatkan setelah membaca buku ini, karena saya belum selesai membaca dengan tuntas.

Dalam buku yang ditulis Khoirun Nikmah pun demikian hanya lebih ditekankan pada mengadopsi metode dengan kebiasaan yang sesuai dan pengalaman yang beliau alami setelah menerapkan metode ini.

Semakin penasaran kan? Ayo kita coba untuk mencicipi dan melahap menu sehat ini…

Aku memutuskan untuk belajar dari sumber ilmu ini karena :

Mengapa menu sehat ini yang saya pilih terlebih dahulu, karena saya merasa energi saya selalu bertambah dan tidak pernah habis ketika saya melakukan aktivitas berbenah dan merapikan rumah. Saya berharap dengan melahap ini terlebih dahulu, energi yang ada akan membantu saya untuk semangat melahap menu yang lainnya.

Mengapa saya memilih sumber ini? Memang banyak sumber yang lainnya. Saya ingin mencoba mencicipi ini setelah melihat testimoni dari banyak orang tentang manfaat metode ini. Dan membaca dari sumber utama saya rasa lebih pas agar tidak penuh dengan pernak Pernik yang lainnya hingga melupakan makanan pokoknya. Ada buku antologi tentang metode ini juga, tetapi saya tidak memilihnya karena masih lebih utama belajar dari ilmu pokoknya sebelum ilmu-ilmu cabang yang merupakan pengalaman individu yang tentunya akan berbeda dengan saya.

Rekomendasiku untuk teman-teman tentang sumber ilmu ini :

Buku ini sangat bagus ya, karena menjelaskan dengan sistematis dan aplikatif untuk diterapkan dalam kehidupan. Dengan Bahasa yang mudah dipahami dan contoh pengalaman langsung dari penulis membuat buku ini bukan sekedar teori.




INI MAKANANKU
(Panduan 1)

Namaku                  : Solichati
NIM                           : 3119331355
Topik Belajarku : Rumah Rapi dan Bersih

AKU TAHU TENTANG :
AKU INGIN TAHU TENTANG :
AKU BELAJAR TENTANG :
Adab sebelum menuntut ilmu

Metode Pendidikan Anak

Dasar manajemen waktu, emosi, dan komunikasi produktif

Dasar Pandu 45 (Tallent Mapping)

Sekilas tentang Teknik beberes dan berbenah metode Konmari
Manajemen Waktu, Emosi dan Komunikasi Produktif lebih detail

Fitrah Based Education (merawat Fitrah Anak Laki-Laki dan Perempuan)

Mendidik Anak Sesuai yang Dicontohkan Nabi dalam Islam

10 Muwashofat

Tallent mapping dan Pandu 45 lebih detail

Montessori

Teknik Belajar dan Baca dengan Cepat

Seni Beres-Beres dan Merapikan metode Konmari

Komunikasi Produktif dan publik

Adab Sebelum Menuntut Ilmu

Sekilas tentang Metode Konmari

Manajemen Waktu (hasil mencicipi dari potluck teman-teman)

Sumber-sumber terkait sebagai bahan belajar tentang manajemen emosi.


Akhirnya sampai diperjalanan pekan pertama kelas ulat-ulat harus pegang peta dengan kuat agar tidak kebanyakan makan menu yang belum tentu kita butuhkan. Jangan terjebak dengan badai informasi yang seolah tampak baik semuanya. Kamu menarik tapi aku tidak tertarik, harus diterapkan juga sepertinya. Semoga Allah menunjukkan jalan yang lurus dalam menuntut ilmu. Aamiin

Solichati, 21 januari 2020

#janganlupabahagia
#jurnalminggu1
#materi1
#kelasulatulat
#bundacekatan
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar