BONGKAR ISI
KERANJANGMU
Berkelana di hutan ilmu pengetahuan selama
kurang lebih 7 minggu, sejujurnya saya merasa belum optimal mengunyah makanan
dan cemilan yang tersedia. Bukan karena tidak suka, tetapi lebih pada banyak
pilihan menu makan dan camilan lezat yang menggoda mata untuk melahapnya.
Sesekali muncul rasa khawatir bagaimana jika saya tidak kebagian kalau menu tidak
saya ambil sekarang, atau justru kekhawatiran yang lain yaitu kegemukan karena
makan berlebih… Beberapa ilmu yang sudah dimasukkan ke dalam keranjang belajar,
kita bongkar yuk… sambil selonjoran di tepi danau. Hehehe…
Itu
adalah sedikit makanan utama yang sudah ambil di hutan ilmu pengetahuan. Karena
memang menu utama saya terkait Pendidikan anak, maka topik yang saya ambil
terbanyak adalah amunisi seputar Pendidikan anak. Adapun cemilan sampingan yang
saya dapatkan saat menyimak Go Live atau lebih saya dapatkan sebagai hadiah
bagi saya.
Cemilan yang bisa dinikmati
tanpa mengganggu makanan utama antara lain :
1.
Komunikasi
produktif
2.
Manajemen
Emosi
3.
Tulis
menulis (melihat Go Live dan Mengikuti komunitas menulis)
REFLEKSI BELAJAR
1.
Apakah
makanan yang saya ambil sesuai dengan menu utama pada mindmapping? Ya. Mengingat menu utama sangat banyak maka
saya prioritas menghabiskan banyak waktu belajar dan mengisi banyak ilmu tentang
Tallent Mapping. Selain itu ilmu tentang kerumahtanggan dan manajemen juga saya
ikuti meskipun belum optimal.
2.
Mana
yang lebih banyak kudapatkann selama berkelana di hutan ilmu pengetahuan?
Makanan
pokok mengingat banyak makanan pokok yang harus saya dapatkan sumber nya. Kedepan
untuk waktu belajar dan menghabiskan di atur kemudian.
3.
Apa
yang membuatmu Bahagia belajar di hutan ilmu pengetahuan ?
Banyak
hal yang membuat saya Bahagia mengikuti proses belajar ini. Diantaranya bentuk
penyajian menu makanan dengan cara Go Live, kejutan setiap pekan baik dengan
cara belajar atau bentuk jurnal yang harus dikumpulkan. Dan yang tidak kalah
menariknya adalah bertemu dengan banyak teman saat camping serta hadiah yang
bertebaran. Sejauh ini hadiah yang saya terima sesuai dengan tema belajar saya
di mindmapping.
4.
Apa
strategi belajar yang kurasa berhasil selama belajar di hutan ilmu pengetahuan?
Membaca
buku dan membaca materi sesuai tema, merangkum hasil belajar dalam bentuk
tulisan, menyimpan link menu makanan utama untuk bisa saya buka sewaktu-waktu
sesuai kebutuhan. Dan yang paling penting adalah memaksa diri untuk menolak
makanan yang tidak sesuai peta. Saya katakana bahwa Kamu Menarik tapi Saya
Tidak Tertarik
5.
Apa
yang harus kutingkatkan lagi?
Membaca
dengan cepat semua materi yang sudah saya kumpulkan, manajemen waktu agar semua
target materi mampu dikunyah dengan optimal.
Terimakasih
untuk semua teman yang telah berbagi ilmu ^_^
Solichati, 3 Maret
2020
#janganlupabahagia
#jurnalminggu7
#materi7
#kelasulatulat
#bundacekatan
#bundacekatan
#buncekIIP
#institutibuprofesional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar