Selasa, 03 Maret 2020

Jurnal 7 #KERANJANG ILMU


BONGKAR ISI KERANJANGMU

Berkelana di hutan ilmu pengetahuan selama kurang lebih 7 minggu, sejujurnya saya merasa belum optimal mengunyah makanan dan cemilan yang tersedia. Bukan karena tidak suka, tetapi lebih pada banyak pilihan menu makan dan camilan lezat yang menggoda mata untuk melahapnya. Sesekali muncul rasa khawatir bagaimana jika saya tidak kebagian kalau menu tidak saya ambil sekarang, atau justru kekhawatiran yang lain yaitu kegemukan karena makan berlebih… Beberapa ilmu yang sudah dimasukkan ke dalam keranjang belajar, kita bongkar yuk… sambil selonjoran di tepi danau. Hehehe…











Itu adalah sedikit makanan utama yang sudah ambil di hutan ilmu pengetahuan. Karena memang menu utama saya terkait Pendidikan anak, maka topik yang saya ambil terbanyak adalah amunisi seputar Pendidikan anak. Adapun cemilan sampingan yang saya dapatkan saat menyimak Go Live atau lebih saya dapatkan sebagai hadiah bagi saya.
Cemilan yang bisa dinikmati tanpa mengganggu makanan utama antara lain :
1.       Komunikasi produktif
2.       Manajemen Emosi
3.       Tulis menulis (melihat Go Live dan Mengikuti komunitas menulis)

REFLEKSI BELAJAR
1.      Apakah makanan yang saya ambil sesuai dengan menu utama pada mindmapping? Ya. Mengingat menu utama sangat banyak maka saya prioritas menghabiskan banyak waktu belajar dan mengisi banyak ilmu tentang Tallent Mapping. Selain itu ilmu tentang kerumahtanggan dan manajemen juga saya ikuti meskipun belum optimal.

2.      Mana yang lebih banyak kudapatkann selama berkelana di hutan ilmu pengetahuan?
Makanan pokok mengingat banyak makanan pokok yang harus saya dapatkan sumber nya. Kedepan untuk waktu belajar dan menghabiskan di atur kemudian.

3.      Apa yang membuatmu Bahagia belajar di hutan ilmu pengetahuan ?
Banyak hal yang membuat saya Bahagia mengikuti proses belajar ini. Diantaranya bentuk penyajian menu makanan dengan cara Go Live, kejutan setiap pekan baik dengan cara belajar atau bentuk jurnal yang harus dikumpulkan. Dan yang tidak kalah menariknya adalah bertemu dengan banyak teman saat camping serta hadiah yang bertebaran. Sejauh ini hadiah yang saya terima sesuai dengan tema belajar saya di mindmapping.

4.      Apa strategi belajar yang kurasa berhasil selama belajar di hutan ilmu pengetahuan?
Membaca buku dan membaca materi sesuai tema, merangkum hasil belajar dalam bentuk tulisan, menyimpan link menu makanan utama untuk bisa saya buka sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Dan yang paling penting adalah memaksa diri untuk menolak makanan yang tidak sesuai peta. Saya katakana bahwa Kamu Menarik tapi Saya Tidak Tertarik

5.      Apa yang harus kutingkatkan lagi?
Membaca dengan cepat semua materi yang sudah saya kumpulkan, manajemen waktu agar semua target materi mampu dikunyah dengan optimal.

Terimakasih untuk semua teman yang telah berbagi ilmu ^_^


Solichati, 3 Maret 2020
#janganlupabahagia
#jurnalminggu7
#materi7
#kelasulatulat
#bundacekatan
#buncekIIP
#institutibuprofesional



Tidak ada komentar:

Posting Komentar