Selasa, 17 Maret 2020

ALIRAN RASA KELAS ULAT

ALIRAN RASA

Alhamdulillah terasa banget perjuangan menuntaskan kelas ulat-ulat yang banyak kejutan, ilmu dan teman baru. Jadi kalau ada yang pernah bilang, "Tidak terasa ya sudah dipenghujung kelas ulat",mungkin sebuah ungkapan yang menunjukkan kelegaan saja sudah mampu melampauinya. Bukan sebuah usaha tanpa perjuangan. Luar biasa begitu yang saya rasakan.

Bagaimana tidak? Ketika di kelas telur-telur diminta untuk fokus mengetahui mana menu belajar yang membuat saya suka dan bahagia, membuat peta belajar agar tidak tersesat mencari menu ilmu di hutan ilmu pengetahuan, menyiapkan potluck dan yang lainnya. Ketika di kelas ulat-ulat ini saya sempat sedikit terdistraksi saat tugas yang ada justru diminta untuk tidak peduli terhadap diri sendiri. Tetapi justru mengasah jiwa sosial saya untuk peduli pada teman belajar. Gampang-gampang susah ya, tetap harus memenuhi menu sendiri tetapi juga harus menyiapkan menu belajar teman yang lain. 

Masih tetap dengan rasa syukur tak terhingga. Banyak menu bergizi bertebaran dan teman baik di sekitar. Alhamdulillah semua menu yang saya tulis di mindmapping sudah tersedia di hutan ilmu pengetahuan dan hadiah dari teman belajar. Menu sudah saya ambil, camilan juga sudah diincip. Agak kekenyangan sih, karena semua ilmu yang saya butuhkan sudah saya incip. Belum mengunyah dengan perlahan dan menerapkan dengan optimal. Setelah mengincip dan sesuai saya masukkan ke dalam keranjang bekal. Semoga di kelas kepompong saya bisa menikmati bekal dengan tuntas dan bahagia. Terlebih bisa menerapkan dengan Bahagia. 

Boleh dibilang saya bahagia dengan cara belajar seperti ini… meskipun masih belum sepenuhnya bahagia. Masih ada satu lubang yang belum terpenuhi. Bismillah akan dicari dan dipenuhi. Beginilah poin rasa bahagia saya selama belajar hingga kelas Ulat-ulat berakhir :
  1. Peta belajar yang sangat membantu memilih ragam menu bergizi di hutan ilmu pengetahuan. Meskipun tidak jarang godaan untuk memakan menu diluar kebutuhan menggoda iman dan kesungguhan belajar. Heeee
  2. Kejutan-kejutan yang diberikan saat pembelajaran dan tugas jurnal, membuat belajar jadi lebih seru dan bervariasi. Termasuk penggunaan aplikasi dan menu Go Live yang beda dengan cara belajar selama ini
  3. Bertebaran ragam ilmu yang berkualitas, sumber terpercaya. Membuat bekal mindmap terpenuhi sesuai harapan
  4. Teman baru, ini juga metode belajar yang sangat menyenangkan. Menambah teman belajar di dunia maya, saling berbagi ilmu dan hadiah. Bahkan teman ini berasal dari kota-kota yang tidak terpikirkan sebelumnya. Mencoba belajar out of the box. 
  5. MERDEKA BELAJAR. ini yang paling saya suka dan membuat bahagia. Merdeka mencari ilmu, merdeka memilih menu Sesuai kebutuhan, merdeka memutuskan mana menu Prioritas meskipun hanya ambil 1 topik saja. Merdeka dalam format pengumpulan jurnal dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Alhamdulillah semoga perjalanan yang telah dilalui memberikan keberkahan pada ilmu yang ditekuni, dan siap menghadapi tantangan belajar di kelas kepompong. Semangat belajar. Merdeka Belajar.

Solichati, 17/3/2020

#BundaCekatan
#KelasUlat
#InstitutIbuProfesional
#AliranRasaTahapUlat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar