Selasa, 25 Februari 2020

Jurnal 6 # BAWA MAKANAN KESUKAANNYA



HADIAH DAN SALING MENYAYANGI

Tahaddu Tahabbu - Salinglah Memberi Hadiah maka kamu akan saling menyayangi… kejutan di pekan ke 6 kelas ulat-ulat adalah kita diminta memberikan hadiah terbaik sesuai dengan menu kesukaan teman yang sudah kita kenal di Camping ground pekan lalu. Bawa makanan kesukaannya!! Kejutan lagi dan bikin deg degan lagi. Bagaimana tidak? Menu makanan sendiri saja belum tuntas dikunyah, sudah diberi tantangan untuk menghidangkan makanan kesukaan teman.

Muncul banyak pikiran dan rasa,. Bagaimana mau memberikan ilmu ketika teman tersebut ternyata sudah lebih banyak tau tentang ilmu yang jadi makanan kesukaannya. Hiks sedikit minder tentunya, kekhawatiran jika suguhan ini biasa saja atau bahkan tertolak. Ahh sejenak diminta untuk melupakan bentuk fisik suguhan, karena sesungguhnya hadiah atau suguhan ini tidak berhenti hanya pada bentuk fisiknya tetapi lebih pada urusan hati. Bagaimana kita bisa menyajikan dan memberikan dengan sentuhan hati. Berikan hadiah secara personal. Memilih minimal 3 orang dari sekian banyak teman yang sudah dikenal di camping ground. Mau lebih juga boleh.

Menu kesukaan teman boleh dibuat dan diolah sendiri atau beli jadi dan diberikan sentuhan personal agar terkesan special. Jujur saja saya sangat sedih di jurnal kali ini karena merasa belum optimal memberikan sajian menu kesukaan teman. Karena keterbatasan media yang saya miliki dan menggunakan IT adalah ranah yang saya suka tetapi tidak bisa. Akhirnya saya memutuskan focus pada 1 jenis menu yang sama untuk 4 orang teman yang sudah saya pilih. Yaitu menu tentang manajemen waktu. Dengan persepsi bahwa teman tersebut sudah lebih banyak tau ilmu tentang manajemen waktu, maka saya memutuskan menu paling sederhana yang saya sajikan adalah memberikan beberapa flyer atau kata motivasi tentang manajemen waktu yang saya ambil dari google. Sangat sederhana bahkan mungkin sangat tidak berarti.

Akhirnya saya memberanikan diri untuk memberikan kata motivasi tersebut kepada 4 orang teman sebagai berikut :
  1. Uswatun Chasanah (IP kediri). Menu utama bund Uswatun Chasanah adalah manajemen waktu. Saya yakin beliau sudah sangat banyak ilmu tentang ini. Ketika saya kirim flyer saya dan ucapan terimakasih atas pertemanan di Camping Ground, ada rasa khawatir apakah akan berbalas. Alhamdulillah bund Uswah sangat senang dan menerima dengan senang hati. Bahkan keesokan harinya beliau memberikan hadiah pula tentang materi PDF tafsir waktu dan Demi Masa karya Yusuf Qardawi. MasyaAllah.
  2. Hellen (IP Kalimantan Selatan). Menu serupa tentang kata motivasi manajemen waktu saya kirimkan pula kepada bund Hellen melalui person telegram. Keesokan harinya berbalas dengan sangat Bahagia. Karena kata motivasi yang saya kirimkan mengingatkan beliau pada salah satu putranya yang bekerja di luar pulau. Lantas beliau berbagi hadiah menu zerowaste berupa link google drive. Alhamdulillah menu sehat yang akan saya kunyah perlahan. MasyaAllah.
  3. Titik Nurhidayah (IP Karawang). Masih tetap dengan menu flyer motivasi manajemen waktu. Kali ini saya berikan pada bund titik melalui pesan telegram juga. Beliau sangat senang karena kata motivasi ini bisa saling mengingatkan untuk memanfaatkan waktu dengan baik. Tidak lama kemudian berbalas dengan gift yang diberikan pada saya file PDF tentang cara membaca Assesment Tallent Mapping. Ya Allah rezeki menu utama makanan saya.
  4. Yulia Isnardti (IP Payakumbuh – LK). Menu atau gift yang saya kirim pada bund Yulia melalui pesan telegram belum berbalas hingga malam ini. Mungkin karena telegram sedang tidak diaktifkan. Semoga ketika membukanya, beliau sangat senang.

Selain memberikan menu kesukaan teman di atas, alhamdulillah Allah kirimkan rezeki pada saya melalui teman di Camping Ground yang sama, yang sebelumnya tidak saya pilih untuk saya berikan hadiah menu kesukaan. Dua menu hadiah untuk saya adalah :
1.       File PDF cara membaca ST30 yang diberikan oleh bund Rina Suhartini dari IP Banyumas Raya. Dan saya tidak membalas hadiah ini dengan apapun.
2.        File google drive tentang Pedoman Gizi Seimbang yang diberikan oleh bund Mella dari IP Tangerang Kota. Bahkan bund Mella pun juga tidak saya berikan hadiah balasan.

Dari jurnal pekan ini saya belajar tentang pentingnya memberikan hadiah terbaik, dari hati. Bukan hanya sekedar rupa fisik. Menjalin persaudaraan itu harus dengan cara dan adab yang baik. Terimakasih untuk semua bunda yang sudah bersedia berteman dan berbagi hadiah menu kesukaan di Camping Ground. Saya sangat berharap persaudaraan ini tidak hanya sebatas di dunia maya dan hanya dalam rangka pemenuhan tugas. Semoga Allah memberikan kesempatan untuk berjumpa fisik dalam keadaan terbaik. Terimakasih atas persaudaraan dan hadiah terbaiknya.

Solichati, 25 Februari 2020
#janganlupabahagia
#jurnalminggu6
#materi6
#kelasulatulat
#bundacekatan
#buncekIIP
#institutibuprofesional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar