Kamis, 22 Juni 2017

Day7#JAZIRAH ARAB&UNTA



JAZIRAH ARAB DAN UNTA

Rabu malam, layaknya selasa malam kemarin, sebelum tidur duo jagoan meminta dibacakan cerita. Masih berkutat dengan buku yang sama. Muhammad Teladanku buku 1. Hmmm masih terikat dengan kebiasaan baca umi yang selalu sesuai urutan, tidak bisa asal baca halaman yang disukai. Entah mengapa selalu merasa ada yang kurang jika membaca tidak urut. Heee maka mala mini pun melanjutkan cerita tentang Jazirah Arab dan Binatang tunggangan yang paling disenangi Rasulullah, Unta.
Yang membuat berbeda malam ini adalah suasana tempat membaca, Kamar Baru bagi duo jagoan… Yeeey ini yang bikin anak2 senang. Membaca buku kesenangan di kamar kesayangan. Maka suasana membaca pun jadi lebih menyenangkan.

Membenarkan imajinasi kami kemarin malam tentang Mekkah. Gurun pasirnya dengan suhu yang panas, saat membaca kali ini kami diajak untuk berimajinasi tentang satu bagian daerah yang subur dengan kuda tuganggan yang termasyhur. Gandum yang berlimpah dan buah2 di daerah yang lain yatitu Thaif.
Yang membuat anak2 lebih menikmati cerita kali ini ketika umi membacakan cerita tentang UNTA. Unta adalah karunia Allah untuk penduduk di Gurun Pasir, yang tidak dianugerahkan untuk penduduk daerah lain. Bercerita tentang kekuatan unta berjalan jauh, kekuatan minum dalam jumlah yang sangat banyak, makanan unta. Hingga manfaat yang bisa didapatkan dari seekor unta. Susu yang berkualitas, kulit,kotoran, danging, air seni dan semua yang ada pada unta menjadi sebuah kebermanfaatan. Yaaaa memang benar yaaaa… unta adalah karunia yang berlimpah untuk penduduk gurun pasir. Maha Besar Allah dengan ciptaanNya.

Serta tak lupa saat bercerita umi sesekali mengenalkan tantang ragam huruf yang dibaca. Baru memprioritaskan pada pengenalan huruf Vokal A-I-O-U-E setiap kali ada kata yang mudah dipahami untuk memilah dan mengenal huruf. Pengenalan huruf dengan mengulang ucap atau bunyi huruf dan cara mengucapkannya, belum pada tahap mengenal bentuk huruf. Kalau tidak salah sih, memantapkan untuk menggunakan metode Vonic dalam menstimulasi anak bisa membaca. Tapi dengan tidak terburu… masih tahap awal untuk banyak mendengarkan dan mengenalkan kosakata.
Sesi bercerita kali ini kami tutup dengan doa tentang meminta ilmu dan pemahaman, berlanjut ke doa pengantar tidur. Alhamdulillah…

Solichati #14Juni2017

#Day7
#GameLevel5
#Tantangan10hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar