Sabtu, 06 Mei 2017

ADAB DI KAMAR MANDI#Day11



ADAB DI KAMAR MANDI

Sudah menjadi kebiasaan bagi saya lebih senang menghabiskan jatah 20.000 kata yang harus dikeluarkan lewat lisan dengan bercerita. Maka setiap aktivitas yang kami lakukan biasanya saya selalu menyelipkan cerita dan tidak jarang pula dengan bersenandung. Heeee dan terkadang anak2 jadi ketagihan... terutama si dedek selalu tanya gmn lagunya mandi... gmn lagunya ganti baju dll (wkwkwk profesi baru jd pencipta lagu sekaligus penyanyi nya...).
Hari ini pun demikian... setiap kali ke kamar mandi spontan si kecil selalu Tanya kaki apa dulu? Heee mulailah pembelajaran kita bersama dengan kakak tentang adab2 masuk kamar mandi. Saya menyampaikan beberapa adab kamar mandi dari poster yang sudah saya tempel di pintu kamar mandi sebelumnya. Meskipun sudah lama tertempel, anak2 tetap suka jika saya mengingatkan dan bercerita tentang adab2 ke KM. Kurang lebih bginilah adab yang kami biasakan : MUlai dari membaca doa sebelum masuk kamar mandi – masuk menggunakan kaki kiri – tidak banyak berbicara atau menyanyi di KM – Harus hemat air – Tidak boleh membaca Alqur’an di KM (mengaji) – Membersihkan aurat dengan tangan kiri – menutup pintu kamar mandi agar tidak terlihat aurat – jika sudah selesai keluar kamar mandi mendahulukan kaki kanan – berdoa saat keluar KM.

Anak2 lebih suka jika pembelajaran tentang adab2 ini dengan melihat gambar poster yang saya tempel, umi menceritakan dengan urutannya dan maksud gambar dari poster, sekaligus memparktekkan saat itu juga. Lengkap modalitas pembelajaran Visual – Auditori – Kinestetik. Kakak lebih dominan Visual – Kinestetik (tidak terlalu memperhatikan saat umi bercerita), lain halnya dengan adek yang dominan Auditori – Kinestetik – Visual. Sangat suka jika umi bercerita atau mengingatkan dengan senandung atau dilagukan. Inilah keunikan gaya belajar masing2 dari kedua jagoan.

Solichati#3Mei2017

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar