Jumat, 05 Mei 2017

TADABUR ALAM KE COBAN TALUN#Day10

TADABUR ALAM KE COBAN TALUN
Senin...Libur lagi (Horeeee...) saatnya spending time with my family. Alhamdulillah hari libur ini abi libur kerja... heeee biasanya klo liburan malah full job. Alhamdulillah satu nikmat dari sekian banyak nikmat yang dianugerahkan oleh Allah.
Liburan ini mau belajar apa? Banyak? Yup outing lagi outing lagi (hahahaha dolan wae ini ceritanya). Sudah kami diskusikan bersama sebelumnya, hari senin ini umi ada kegiatan rihlah bersama teman2 di LSM. Kali ini umi meminta kesediaan abi untuk menjadi fasilitator anak2 outing. Sekalian saja pikir saya...emak dan anggota keluarga rihlah bareng meski nanti umi akan full time dengan kegiatan LSM dan abi bersama anak2 akan tadabur alam di space yang berbeda. Tadabur alam kali ini bakalan seru kayaknya ya... heeee jujur ini sebenernya uminya juga pengen ikut aktivitas anak2 tapi apa daya fisik tak mungkin dibelah (hahaha). Ikhlaskan anak2 bersama abinya belajar bersama, jarang2 ada momen abi bisa full time bersama anak2. Heee biarkan para lelaki dolan sesuai selera lelaki (wkwkwk).
Hmmmm beneran mupeng...
Setidaknya inilah hasil curhatan abi saat membersamai anak2. Seperti sebelumnya modalitas belajar kakak lebih dominan visual kinestetik. Maka perjalanan jauh menuju coban talun (air terjun red) menjadi perjalanan yg menyenangkan bagi kakak, tak bisa bicara lebih banyak mengamati sekekliling dan olah fisik tak kenal lelah. Si dedek dg modalitas auditori kinestetiknya...lebih dominan auditori kata abi dia lebih sering ngajak ngobrol, tanya ini itu, dan mudah lelah (heeee).
Testimoni langsung dari anak2... “Seneng mik...!!!”, jalan disungai, perjalanan jauh naik turun, sampai tujuan akhir ke air terjun tinggi, singgah di perkemahan (Apache Camp) menjadi perjalanan menarik bagi mereka kali ini. Berbasah2 dengan segala kekotoran bermain bersama alam. Woooow seruuu kayaknya. Rasanya tak cukup tulisan ini menggambarkan betapa mereka sangat senang dengan petualangan kali ini.
Hikmah yang sangat saya rasakan saat membersamai tumbuh kembang anak, Bermain Bersama Alam bisa menjadi salah satu terapi menuntaskan perkembangan emosi sekaligus stimuasi tumbuh kembang dari sisi perkembangan yang lain.
Solichati#1Mei2017
#Tantangan10Hari
#Level4

#GayaBelajarAnak

#KuliahBunSayIIP






Tidak ada komentar:

Posting Komentar