Sabtu, 08 Juni 2019

KEHENDAK ALLAH BERLAKU ATAS SEMUANYA

Masihkah kita meragukan jika Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini? Atau pernah kah kita menyangsikan bahwa sekecil apapun kejadian yang ada di sekitar kita semua berjalan atas kehendak Nya. Entah itu kejadian buruk ataupun baik. Bukankah setiap kejadian buruk yang terjadi tanpa kita inginkan adalah ujian untuk menguji kesabaran kita? Bukankan setiap kejadian baik yang sangat kita harapkan adalah ujian untuk menguji rasa syukur kita?

Kejadian pagi tadi di hari ke 6 Ramadan membuat saya tersadar dengan nyata bahwa semua terjadi atas kehendak Allah. Dalam urusan sekecil apapun. Selama ini mungkin saya sering lalai, hanya meyakini kehendak Allah atas peristiwa yang besar. Bahkan setiap gerak mimik wajah yang kita dapati pada raut muka seseorang pun terjadi atas kehendak Allah. Apa yang akan kita lakukan saat Allah membuat wajah orang di depan kita tampak sinis atau bahkan mengabaikan kita ? Seketika yang muncul adalah sikap manusiawi kita, kecewa. Lantas berprasangka yang tidak seharusnya. Lebih lanjut kita mencari pembenaran atas sikap kita. Lebih jauh kita memasuki ranah yang bahkan dilarang yaitu mencari-cari kesalahan orang lain yang sudah bersikap tidak baik pada kita.

Maka saat itu kita terlupa bahwa dunia ini hanyalah panggung sandiwara. Kita hanya sebatas pemeran atas skenario yang disutradarai oleh Allah. Termasuk orang-orang di sekitar kita. Semua bermain peran atas perintah dan kehendak Allah. Inilah pengingat bagi saya bahwa yang Allah kehendaki dari kita adalah bagaimana sikap dan perilaku terbaik kita. Bahwa kita tidak akan dihisab atas perlakuan orang lain terhadap kita. Tetapi kita akan dihisab atas perlakuan kita pada orang lain. Maka cukup bermohon kepada Allah agar dibimbing menjadi manusia terbaik dalam menjalankan peran. Cukup balas keburukan orang lain dengan kebaikan yang sanggup kita upayakan.

Nyatanya kejadian ini adalah cara Allah mengingatkan diri untuk berbenah Menjadi lebih baik.


Solichati, 11 Mei 2019 (6 Ramadan 1440 H)


#30HariMemetikHikmah
#TantanganMenulisIPMalang
#RumbelMenulisIPMalang
#IbuProfesionalMalang
#HariKe-6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar